Selasa, 30 Maret 2021

Kuis Kompetensi Teknis RPP, Silabus


It's time to kuis 🥳🥳[U1] 

Selamat siang semuanya, kuis hari ini adalah kompetensi teknis RPP dan Silabus.

1.Kuis dapat diakses pada hari Senin Pkl 14.00 wib s.d hari Rabu Pkl 14.00 wib.

2.Pastikan jaringan stabil agar dapat mengerjakan soal dengan lancar.

3.Kuis hanya dapat dikerjakan satu kali oleh setiap peserta.

Berikut link soal kuis kompetensi teknis RPP dan Silabus 👇👇

https://forms.gle/YdSxr64Ry4R8Z2jEA

 

Selamat mengerjakan 🙏

Salam sukses semua 🙏

Meskipun poin ketiga disebutkan “Kuis hanya dapat dikerjakan satu kali oleh setiap peserta” kita punya strategi untuk dapat mengerjakan berlang-ulang. Isikan dengan idents yang berbeda agar dapat mengerjakan ulang jika ada kesalahan. Apakah penulis mengerjakan satu kali langsung benar semua? Wowww, tidaaakkk. Kerjakan semampu kita. Jika betul maksimal hasilnya, kerjakan ulang dengan identitas berbeda. Hasilnya? Jangan pernah berhenti jika belum mendapat hasil maksima. Oke? Selamat mencoba.

 

Kuis Kompetensi Teknis RPP, Silabus

Poin total75/75

 

Nama : *

Mina

Asal Sekolah : *

SMP Gatak

Asal Provinsi : *

Jateng

1. Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari….

5/5

A. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi

B. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi

C. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi

D. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran

2. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam:

5/5

A. Silabus

B. RPP

C. Silabus dan RPP

D. SKL

3. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut:

5/5

A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar

B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan

C. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru

D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan.

4. Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah

5/5

A. Materi atau bahan ajar berbasis kompetensi

B. Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik

C. RPP bersumber dari silabus

D. Alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan pendidikan

5. Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai berikut ……1) Kompetensi dasar :Mengenal kegiatan bermusyawarah2) Indikator : menyebutkan dua ciri kegiatan bermusyawarah3) Tujuan Pembelajaran : setelah pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa dapat menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah dengan benarBerdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut prinsip digunakan adalah….

5/5

A. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut

B. Mendorong partisipasi aktif peserta didik

C. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik

D. Keterkaitan dan keterpaduan

6. Karakteristik silabus pada implementasi penyempurnaan kurikulum 2013 adalah...

5/5

a. Berisi aspek yang lengkap sehingga mempermudah pendidik dalam menyusun Rencana Pembelajaran

b. Hanya menyajikan 3 aspek yakni kompetensi dasar, materi pokok dan kegiatan pembelajaran

c. Fleksibel sehingga dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi pembelajaran

d. Disajikan sederhana sehingga mudah

e. Kurang detail sehingga kurang memberikan peluang kreativitas guru

7. Dalam menentukan jumlah alokasi waktu pada Kompentensi dasar Bu Dina selalu memperhatikan aspek aspek dibawah ini kecuali....

5/5

a. Jumlah minggu efektif

b. Jumlah dan keluasan KD

c. Kedalaman dan tingkat kesulitan KD

d. Tingkat kepentingan KD

e. Jangka waktu penggunaan media.

8. Penentuan alokasi waktu pada silabus berdasarkan...

5/5

a. Program tahunan

b. Program semester

c. Analisis minggu efektif

d. Kedalaman materi

e. SKL dan Standar Isi

9. Perilaku yang dapat diukur untuk menujukan ketercapain kompetensi dasartertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran adalah..

5/5

a. Kompetensi Inti

b. Standar kompetensi lulusan

c. Indikator

d. Standar Isi

e. Standar Proses

10. Deskripsi tetang ranah sikap, pengetahuan, keterampilan yang harus dipelajari untuk dikuasai peserta didik pada suatu tingkat atau jenjang sekolah, kelas, mata pelajaran tertentu terdapat pada komponen silabus..

5/5

A. KD

B. Kl

C. penilaian

D. Pembelajaran

E. Materi

11. Renacana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Dijabarkan dari....

5/5

Silabus untuk pembuatan indicator dan tujuan pembelajaran dalam upaya mencapai KD

Silabus untuk pembuatan tujuan pembelajaran dan materi dalam upaya mencapai KD

Silabus untuk pembuatan ndikator dan penilaian dalam upaya mencapai KD

Silabus untuk mengarahkan ke­giatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD

12. Disediakan Kompetensi Dasar (KD) sebagai berikut: "Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan, serta aplikasinya untuk menjelaskan penglihatan manusia, proses pembentukan bayangan pada mata serangga, dan prinsip kerja alat optik". Salah satu indikator soal yang paling tepat untuk mengevaluasi hasil belajar peserta didik pada KD tersebut adalah...

5/5

a. disajikan gambar mata manusia, peserta didik dapat menyebutkan bagianbagian mata beserta fungsinya

b. menggambarkan pembentukan bayangan pada retina mata manusia dengan menerapkan penjalaran sinar-sinar istimewa pada lensa cembung

c. menyebutkan sifat-sifat bayangan yang dibentuk oleh lensa cembung jika benda diletakkan di luar titik focus

d. menyebutkan persamaan dan perbedaan struktur mata manusia dan mata serangga

13. Salah satu prinsip penyusunan RPP adalah proses pembelajaran mempertimbangkan lingkungan sekitardijadikan sebagai sumber ajar. Hal ini merupakan prinsip penyusunan instrumen

5/5

Berbasis konteks

Berbasis konsep

Berbasisi kekinian

Berbasisi lingkungan

Berbasis media

14. RPP kependekan dari….

5/5

Rancangan pelaksanaan pembelajaran

Revisi pelaksanaan pembalajaran

Revolosi pendidikan Pancasila

Rencana pelaksanaan pembelajaran

Rencara para pendidik

15. RPP yang kita buat berfungsi untuk….

5/5

Melaksanakan pembelajaran

Administrasi pembelajaran

Menyampaikan materi ajar

Menyiapkan peserta didik

Menilain peserta didik

Konten ini tidak dibuat atau didukung oleh Google. - Persyaratan Layanan - Kebijakan 

 

Sumber: https://forms.gle/YdSxr64Ry4R8Z2jEA

 


 [U1]


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar