Assalamu’alaikum Anak-anakku
Semoga kita bahagia dan sehat selalu.
Sebelum
memulai pembelajaran pagi ini Bu Guru kirimkan Kisi-kisi Ujian Sekolah Tahun
2020 2021. Silakan dipelajari dan dicermati. Materi mana yang sekiranya belum
dipahami bisa ditanyakan.
Selain
kisi-kisi juga ada pemetaan materi. Keduanya sangat bermanfaat untuk
mempersiapkan Ujian Sekolah yang menurut rencana akan dlaksankan tanggal 19
April 2021. Jika igin focus mempersiapan ujian sekolah maka kisi.kisi dan
pemetaan materilah panduan atau pedomannya.
Sebagai
contoh, kisi no 1: menentukan makna kata/kalimat pada teks, maka contoh soal
berikut bis akita jadikan acuan.
Bacalah teks berikut!
Pandemi
covid-19 tengah menghantui seluruh negeri
bahkan dunia. Bahaya terbesar dari virus ini adalah penyebarannya yang
sangat cepat dan berlipat ganda. Selain bahaya kesehatan tampaknya terdapat
bahaya lain yang tersemat di dalamnya. Pandemi ini mengoyak-ngoyak persatuan
bangsa. (serupa.id)
Makna
kata bercetak tebal (pandemi)
pada paragraf di atas adalah ….
A. sesuatu
yang menghantui banyak orang
B. berjangkit
terus dalam waktu yang lama
C. wabah
yang berjangkit serempak di mana-mana *
D. penyakit
menular yang berjangkit secara cepat
Untuk menentukan makna kata yang paling tepat kita
harus melihatkonteks (hubungan kata dalam kalimat). Selain itu, dasar yang
paling kuat untuk menentukan makna kata adalah KBBI (Kamus Besar Bahasa
Indonesia). Rajin-rajin membaca juga merupakan upaya untuk meningkatkan
pemahaman terhadap makna kata. Silakan dibuka KBBI dan temukan makan kata
pandemi.
Poin kedua
dari kisi-kisi adalah menentukan informasi yang terdapat dalam teks
tanggapan. Ini artinya aka nada teks sebagai ilustrasi berupa teks tanggapan.
Berikut ini sebagai contoh.
Bacalah paragraf berikut!
(1) Menimbang
permasalahan tersebut, rasanya sudah menjadi kewajiban kita sebagai pelaku
perusak alam lewat sampah untuk terus berusaha menanganinya. (2) Kurangi
penggunaan plastik, buang sampah pada tempatnya, daur ulang sampah yang dapat
dimanfaatkan kembali seperti plastik dan kaleng bekas. (3) Kita tidak dapat
membiarkan hal ini merusak generasi penerus bangsa.
Informasi yang terdapat dalam teks
tanggapan di atas adalah ....
A.
kritik
B.
pujian
C.
saran *
D.
sanggahan
Kaliamt saran bisa kita temukan pada kalimat kedua.
Poin ketiga
dari kisi-kisi adalah Simpulan isi teks. Jika kompetensi yang diharapkan
adalah menyimpulkan isi teks, tentu ilustrasi berupa teks. Untuk dapat
menyimpulkan teks dengan tepat Langkah pertama adalah membaca secara cermat
teks yang ada. Berikutnya kita ambil poin penting dari teks tersebut. Soal
berikut ini sebagai contoh[U1] .
Bacalah paragraf berikut!
Perkembangbiakan keong mas sebagai hama
cukup cepat, tetapi jangan khawatir,
keong mas sebenarnya dapat juga memberi manfaat yang positif. Selain
itu, keong mas juga dapat menjadi komoditas yang menjanjikan
untuk menambah penghasilan. Manfaat
positif dari keong emas, antara lain dapat dijadikan sebagai pakan ternak,
ikan, udang, dan sumber makanan berprotein tinggi bagi masyarakat. Keong mas
juga berfungsi untuk obat-obatan dan pengontrol inang perantara parasit tremoda
yang menyebabkan gatal-gatal.
Simpulan isi teks tersebut adalah …
A. Selain
menjadi hama, ternyata keong mas juga memberi manfaat. *
B. Ada
banyak manfaat yang diperoleh dari pengembangbiakan keong mas.
C. Keong
mas berfungsi sebagai komoditas dan obat-obatan.
D. Masyarakat
harus mengembangbiakkan keong mas.
Makna kata pandemi adalah masalah,informasi yang ada teks adlah saran,simpulan dari teks keong emas adalah berfungsi sebagai komoditas dan obat-obatan
BalasHapusSekian dan maaf kalau krng sesuai
BalasHapusAnak usia di bawah umur mengendarai kendaraan bermotor hingga menimbulkan kecelakaan lalu-lintas tidak hanya terjadi di Jakarta, tetapi juga terjadi di beberapa daerah. Di beberapa daerah, anak SMP sudah diizinkan orang tuanya mengendarai sepeda motor ke sekolah. Padahal, dari sisi usia mereka belum berhak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).
BalasHapusKutipan teks tersebut merupakan teks tanggapan berupa ...
a. Kritikan
b. Pujian
c. Sanggahan
d. Saran
Nama : Saad Prasetyo
No. Absen : 027
Kelas : 9 E
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusKenapa Gejala Virus Corona Banyak dan Sulit Dideteksi?
BalasHapusNama: fadhli Adi Darmawan
No : 13
Kls : 9E
Film ini sangat memotivasi para pelajar terutama pelanjar SMA,kisah yang mengharukan tetapi menyenangkan ketika dilihat, sekaligus bercerita mengenai persahabatan dan rasa setia kawan yang bagus,dan juga menyadarkan pentingnya yang dijelaskan begitu dalam.
BalasHapusKutipan teks tersebut merupakan teks tanggapan berupa....
A.Kritikan
b.Pujian
C.Sanggahan
D.Saran
Nama :Nabila Putri Permata Sari
Kelas:9D
Absen:17
Gejala apa saja yang ditimbulkan oleh penyakit covid-19??
BalasHapusNama: Julio Jovan Permana
No: 17
Kelas: 9E
Sebenarnya saya sebagai penanggap setuju dengan pernyataan bahwa rokok sangat berbahaya bagi tubuh. Bukan hanya rokoknya saja, tetapi asapnya juga berbahaya karena di dalam rokok terdapat bahan yang sangat berbahaya yang mengakibatkan penyakit dan membuat ketagihan. Selain itu, juga menyebabkan kita hidup boros.
BalasHapusTopik yang dibahas kutipan teks tanggapan tersebut adalah....
A.Bahaya rokok
B.Manfaat rokok
C.Produksi rokok
D.Kebijakan mengenai rokok
Nama :Nabila Putri Budiyatna
No :16
Kelas:9D
Dari mana virus corona berasal?
BalasHapusNama:ajay fiskal gumilang
No:01
Kls:9e
China jon
Hapus