Jumat, 02 April 2021

MATERI PEMBELAJARAN 3 APRIL 2021


 

Assalamu’alaikum Anak-anakku

            Semoga kita bahagia dan sehat selalu.

 

Sebelum memulai pembelajaran pagi ini Bu Guru kirimkan Kisi-kisi Ujian Sekolah Tahun 2020 2021. Silakan dipelajari dan dicermati. Materi mana yang sekiranya belum dipahami bisa ditanyakan.

 

Selain kisi-kisi juga ada pemetaan materi. Keduanya sangat bermanfaat untuk mempersiapkan Ujian Sekolah yang menurut rencana akan dlaksankan tanggal 19 April 2021. Jika igin focus mempersiapan ujian sekolah maka kisi.kisi dan pemetaan materilah panduan atau pedomannya.

Sebagai contoh, kisi no 1: menentukan makna kata/kalimat pada teks, maka contoh soal berikut bis akita jadikan acuan.

 

Bacalah teks berikut!

Pandemi covid-19 tengah menghantui seluruh negeri  bahkan dunia. Bahaya terbesar dari virus ini adalah penyebarannya yang sangat cepat dan berlipat ganda. Selain bahaya kesehatan tampaknya terdapat bahaya lain yang tersemat di dalamnya. Pandemi ini mengoyak-ngoyak persatuan bangsa. (serupa.id)

Makna kata bercetak tebal (pandemi) pada paragraf di atas adalah ….

 

A.    sesuatu yang menghantui banyak orang

B.    berjangkit terus dalam waktu yang lama

C.    wabah yang berjangkit serempak di mana-mana   *

D.    penyakit menular yang berjangkit secara cepat

 

Untuk menentukan makna kata yang paling tepat kita harus melihatkonteks (hubungan kata dalam kalimat). Selain itu, dasar yang paling kuat untuk menentukan makna kata adalah KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Rajin-rajin membaca juga merupakan upaya untuk meningkatkan pemahaman terhadap makna kata. Silakan dibuka KBBI dan temukan makan kata pandemi.

 

      Poin kedua dari kisi-kisi adalah menentukan informasi yang terdapat dalam teks tanggapan. Ini artinya aka nada teks sebagai ilustrasi berupa teks tanggapan. Berikut ini sebagai contoh.

 

Bacalah paragraf  berikut!

      (1)       Menimbang permasalahan tersebut, rasanya sudah menjadi kewajiban kita sebagai pelaku perusak alam lewat sampah untuk terus berusaha menanganinya. (2) Kurangi penggunaan plastik, buang sampah pada tempatnya, daur ulang sampah yang dapat dimanfaatkan kembali seperti plastik dan kaleng bekas. (3) Kita tidak dapat membiarkan hal ini merusak generasi penerus bangsa.

Informasi yang terdapat dalam teks tanggapan di atas adalah ....

A.        kritik                                                                 

B.        pujian                                                               

C.        saran    *

D.        sanggahan

Kaliamt saran bisa kita temukan pada kalimat kedua.

 

      Poin ketiga dari kisi-kisi adalah Simpulan isi teks. Jika kompetensi yang diharapkan adalah menyimpulkan isi teks, tentu ilustrasi berupa teks. Untuk dapat menyimpulkan teks dengan tepat Langkah pertama adalah membaca secara cermat teks yang ada. Berikutnya kita ambil poin penting dari teks tersebut. Soal berikut ini sebagai contoh[U1] .

 

Bacalah paragraf berikut!

        Perkembangbiakan keong mas sebagai hama cukup cepat, tetapi jangan khawatir,  keong mas sebenarnya dapat juga memberi manfaat yang positif. Selain itu, keong mas juga dapat menjadi komoditas yang menjanjikan untuk menambah  penghasilan. Manfaat positif dari keong emas, antara lain dapat dijadikan sebagai pakan ternak, ikan, udang, dan sumber makanan berprotein tinggi bagi masyarakat. Keong mas juga berfungsi untuk obat-obatan dan pengontrol inang perantara parasit tremoda yang menyebabkan gatal-gatal.

 

        Simpulan isi teks tersebut adalah

A. Selain menjadi hama, ternyata keong mas juga memberi manfaat.  *

B.  Ada banyak manfaat yang diperoleh dari pengembangbiakan keong mas.

C.  Keong mas berfungsi sebagai komoditas dan obat-obatan.

D. Masyarakat harus mengembangbiakkan keong mas.

 

 

 


 [U1]

10 komentar:

  1. Makna kata pandemi adalah masalah,informasi yang ada teks adlah saran,simpulan dari teks keong emas adalah berfungsi sebagai komoditas dan obat-obatan

    BalasHapus
  2. Sekian dan maaf kalau krng sesuai

    BalasHapus
  3. Anak usia di bawah umur mengendarai kendaraan bermotor hingga menimbulkan kecelakaan lalu-lintas tidak hanya terjadi di Jakarta, tetapi juga terjadi di beberapa daerah. Di beberapa daerah, anak SMP sudah diizinkan orang tuanya mengendarai sepeda motor ke sekolah. Padahal, dari sisi usia mereka belum berhak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

    Kutipan teks tersebut merupakan teks tanggapan berupa ...
    a. Kritikan
    b. Pujian
    c. Sanggahan
    d. Saran

    Nama : Saad Prasetyo
    No. Absen : 027
    Kelas : 9 E

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  4. Kenapa Gejala Virus Corona Banyak dan Sulit Dideteksi?

    Nama: fadhli Adi Darmawan
    No : 13
    Kls : 9E

    BalasHapus
  5. Film ini sangat memotivasi para pelajar terutama pelanjar SMA,kisah yang mengharukan tetapi menyenangkan ketika dilihat, sekaligus bercerita mengenai persahabatan dan rasa setia kawan yang bagus,dan juga menyadarkan pentingnya yang dijelaskan begitu dalam.
    Kutipan teks tersebut merupakan teks tanggapan berupa....
    A.Kritikan
    b.Pujian
    C.Sanggahan
    D.Saran

    Nama :Nabila Putri Permata Sari
    Kelas:9D
    Absen:17

    BalasHapus
  6. Gejala apa saja yang ditimbulkan oleh penyakit covid-19??


    Nama: Julio Jovan Permana
    No: 17
    Kelas: 9E

    BalasHapus
  7. Sebenarnya saya sebagai penanggap setuju dengan pernyataan bahwa rokok sangat berbahaya bagi tubuh. Bukan hanya rokoknya saja, tetapi asapnya juga berbahaya karena di dalam rokok terdapat bahan yang sangat berbahaya yang mengakibatkan penyakit dan membuat ketagihan. Selain itu, juga menyebabkan kita hidup boros.
    Topik yang dibahas kutipan teks tanggapan tersebut adalah....
    A.Bahaya rokok
    B.Manfaat rokok
    C.Produksi rokok
    D.Kebijakan mengenai rokok


    Nama :Nabila Putri Budiyatna
    No :16
    Kelas:9D

    BalasHapus
  8. Dari mana virus corona berasal?

    Nama:ajay fiskal gumilang
    No:01
    Kls:9e

    BalasHapus