Latihan tahap 4 ini mencakupi materi berikut.
makna kata |
makna tersurat cerpen |
penyebab konflik |
Perbedaan penggunaan bahasa |
Perbedaan sudut pandang |
Kalau pada kisi-kisi mencakupi hal-hal berikut.
Peserta
didik dapat
-
menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel
-
menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/fabel
- menyimpulkan sebab/akibat konflik
Peserta didik
dapat
- membandingkan
pola pengembangan cerpen dan fabel
- membandingkan
penggunaan bahasa cerpen/fabel
1. Bacalah kutipan cerita berikut!
Tiap
kali Larasati diminta menyanyikan macapat, entah itu Dandanggula, Kinanti, atau
Maskumambang, hatinya selalu resah. Hal ini karena ia menolak dorongan Romo
yang ingin menjadikannya seorang dalang.
Mestinya
Mbak Citra atau Mas Samba yang meneruskan Dinasti Sastrowijaya menjadi dalang.
Akan tetapi, karena pengkhianatan mereka berdua, Larasati yang jadi korban.
Padahal, Larasati seorang perempuan.
Makna
kata korban pada kutipan tersebut adalah ….
A. seseorang yang dipersembahkan
B. seseorang yang mendapatkan musibah
C. seseorang yang diberi tanggung jawab
D. seseorang yang harus menanggung pekerjaan *
Pembahasan:
Bukti pendukung: paragraph pertama, Romo menginginkan
anaknya menjadi dalang. Paragra kedua menyatakan bahwa Mbak Citra atau Mas Samba tidak mau. Akhirnya, Larasati yang harus menanggung
pekerjaan tersebut.
2. Bacalah kutipan
berikut!
Parjimin adalah tukang batu, tetangga
Kurdi. Lumayan bagi mereka, mendapat proyek baru. Rupanya, proyek rumah gedong
itulah yang selalu diperbincangkan Kurdi di setiap kesempatan. Di tempat
perhelatan nikah, supitan, di tempat kerja bakti, sarasehan kampung, sampai
ronda malam. Dia senantiasa tidak lupa menceritakan rencananya membangun rumah
gedongnya itu.
Makna tersurat cerpen tersebut adalah ….
A. Parjimin dan Kurdi tidak bertetangga.
B. Kurdi memiliki rumah gedong yang diperbincangkan.
C. Parjimin dan Kurdi mendapat proyek rumah gedong. *
D. Kurdi tidak suka mendapat mendapat proyek.
Jawaban A tak ada buki pendukung. Jawaban B Kurdi
tidak memiliki rumah gedong. Dia mendapat proyek rumah gedong. Jawaban D taka
da bukti pendukung. Jika suatu hal selalu diperbincangkanm tentu bukanlah
sesuatu yang tidak disuka.
3. Cermati
teks berikut!
Pedagang yang merasa marah, kemudian membawa keledainya
tersebut kembali ke pasar. Keledai tersebut dimuati dengan keranjang-keranjang
yang sangat besar dan dimuati spons. Ketika mereka kembali tiba di tengah
sungai, keledai kembali dengan sengaja menjatuhkan diri. Namun, saat pedagang tersebut
membawanya ke pinggir sungai, keledai menjadi sangat tidak nyaman karena harus
dengan terpaksa menyeret dirinya pulang ke rumah dengan beban yang sepuluh kali
lipat lebih berat dari sebelumnya. Spons yang dimuatknya menyerap air sungai
dan menambah berat beban.
Penyebab
konflik pada kutipan cerpen tersebut adalah….
A.
muatan
keranjang yang besar-besar untuk keledai
B.
keledai
tidak nyaman membawa spons di punggung
C.
keledai
yang sengaja menjatuhkan diri di sungai *
D.
beban
yang dibawa keledai bertambah sepuluh kali lipat
Saat
pedagang tersebut membawanya ke pinggir sungai, keledai menjadi sangat tidak
nyaman karena harus dengan terpaksa menyeret dirinya pulang ke rumah dengan
beban yang sepuluh kali lipat lebih berat dari sebelumnya. Spons yang
dimuatknya menyerap air sungai dan menambah berat beban. Penyebab dari ini semua adalah tiba
”di tengah sungai, keledai
kembali dengan sengaja menjatuhkan diri.”
4. Bacalah teks berikut!
Teks 1 |
Teks 2 |
Aku duduk
tepat di depan dia berdiri. Capek juga berdiri. “Aku senang
sama kamu,” kata Fauzan dengan singkat dan jelas mendarat tepat di telinga. Sekejap aku
mengangkat pandanganku yang sedari tadi melihat ke bawah. Aku diam
menatapnya. Aku usir pandanganku ke sekitar. Akum akin diem, bahkan sekarang
aku meletakkan mata. Hampir semua teman satu kelas aku, di sini. Rasaku tak
karuan. |
Aku
trebaring di atas rerumputan taman belakang Bersama Ela. Kami berdua tengah
menatap bintang-bintang yang sangat indah menghias langit malam. Beberapa
hari terakhir kami mendapat banyak masalah dan saat ini kami sedang merenungi
untuk diambil hikmahnya. “Kau
tahu mengapa kita menang?” tanyaku pada Ela yang tampak tersenyum menatap
langit. |
Perbedaan penggunaan bahasa kedua teks tersebut adalah
….
A.
Teks
1 tidak terdapat kata ulang; Teks 2 terdapat kata ulang *
B.
Teks
1 terdapat kata ganti orang; Teks 2 tidak terdapat kata ganti orang
C.
Teks
1 tidak terdapat kalimat langsung; Teks 2 terdapat kata ulakalimat langsung
D.
Teks
1 terdapat kata depan; Teks 2 tidak terdapat kata depan
Teks 2 terdapat kata ulang, yakni bintang-bintang.
Teks 1 dan teks 2 ada kata ganti orang.
Tes 2 terdapat kalimat langsung. Teks 1 dan teks 2 terdapat kata depan-
5. Bacalah dua kutipan
berikut!
Teks 1 |
Teks 2 |
Dari Semarang aku menuju Yogyakarta.
Rumah kawan Sutopo terletak di sebuah kota, ditata seperti rumah-rumah
pelukis lainnya. Di sekelilingnya terdapat pohon-pohon kelapa dan bambu yang
menunjukkan udara malam hari. Suasana damai dan sejuk sangat terasa saat aku
duduk di ruangan kerjanya. Ruang itu penuh dengan alat lukis dan beberapa
lukisan yang sudah selesai dikerjakan. |
Keluarga Darmiati ingin sekali membeli piano karena semua anggota keluarga menyukai musik. Rencana membeli piano ini sangat
didukung Rena. Di dalam dirinya ada semangat membara untuk mahir bermain
piano. Setelah bermusyawarah, akhirnya keluarga Darmiati sepakat membeli
piano. Rena senang sekali ketika ayahnya memutuskan ini. |
Perbedaan sudut pandang kedua teks tersebut adalah ....
A.
Teks
1 orang ketiga; Teks 2 orang pertama
B.
Teks
1 orang pertama; Teks 2 orang ketiga *
C.
Teks
1 orang ketiga pelaku sampingan; Teks 2 orang pertama
D.
Teks
1 orang ketiga serba tahu; Teks 2 pertama pelaku sampingan
Sudut
pabdnag orang pertama ditandai dengan “aku atau “saya.” Jika pelakunya dia atau
nama-nama orang berarti sudut pandang orag ketiga.
Alhamdulillah bu bermanfaat sekali terima kasih nggih Bu 🙏
BalasHapus