Jumat, 09 April 2021

LATIHAN TAHAP 6


 

Bukti kebiasaan

Bukti latar tempat

Komentar yang tepat terhadap isi teks cerita

Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi teks laporan yang padu

Istilah yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang

 

Peserta didik dapat

-   mengubah teks ke bentuk lain

- menunjukkan kata yang tidak sesuai kaidah

- menunjukkan kalimat yang tidak sesuai dengan kaidah

- menggunakan kata bentukan sesuai dengan kaidah

 

1.       Bacalah kutipan cerita berikut!

Pada suatu hari si Ikan Gabus jatuh sakit lagi. Badannya sangat lemah. Dengan setianya si Tupai menunggui temannya itu. Sudah beberapa hari si Ikan Gabus tidak enak untuk makan. Maka si Tupai berusaha membujuknya. Namun, si Ikan Gabus hanya mau makan kalau diberi makan hati ikan Hiu. Itulah permintaannya, jika sedang sakit.

Bukti kebiasaan Ikan Gabus makan hati ikan Hiu jika sakit terdapat pada kalimat ke- ….

A.    3 dan 4

B.    4 dan 5

C.    5 dan 6

D.    6 dan 7   *

 

Namun, si Ikan Gabus hanya mau makan kalau diberi makan hati ikan Hiu. Itulah permintaannya, jika sedang sakit. Kalimat tersebut merupakan bukti kebiasaan ikan gabus.

 

2. Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama

(1) Dengan memberanikan diri, aku pun bertanya, "Apa Ibu kenal dengan seorang anak bernama Eric yang dulu tinggal di sana itu?" Ia menjawab, "Silakan masuk, Nyonya! Kalau Anda ibunya Eric, sungguh Anda tak punya hati!”. Ia membuka pintu tempat tinggalnya. (2) "Tolong katakan, di mana ia sekarang? Saya janji menyayanginya dan tidak akan meninggalkannya lagi!” (3). Aku berlari memeluk tubuhnya yang bergetar keras. "Nyonya, semua sudah terlambat. Sehari sebelum nyonya datang, Eric telah meninggal dunia. Jasadnya ditemukan di kolong jembatan,” jawabnya dengan suara terbata-bata. (4) ”Eric... maafkan Ibu, Nak!” Aku sungguh menyesal, mengapa anakku Eric, dulu kutinggalkan.

 

Bukti latar tempat ditemukan jasad Eric pada kutipan cerita tersebut ditandai nomor ...
A. (1)                     

B. (2)         

C. (3)   *                

D. (4)

 

Aku berlari memeluk tubuhnya yang bergetar keras. "Nyonya, semua sudah terlambat. Sehari sebelum nyonya datang, Eric telah meninggal dunia. Jasadnya ditemukan di kolong jembatan,” jawabnya dengan suara terbata-bata.

Bukti latar yaitu di kolong jembatan.

 

3. Cermati teks berikut Cermati teks berikut

                (1) Seli mengayunkan tangan ke depan, membuat petir biru. (2) Retakan itu memanjang. (3) Butuh waktu empat kali lipat agar tiang itu roboh, berdebam menimpa sebelahnya. (4) Aku dan Seli segera terlumpat mundur, mcnghindar dari guguran kristal.

                (5) Lima menit kemudian, dengan napas tersengal, kami berhasil menyelesaikan tiga tiang kristal. (6) Seli mengangkat tiang dengan kemampuan kinctiknya, bawa jauh-jauh. (7) Mulut lorong semakin terlihat. (8) Masih ada tiga tiang kristal lagi yang harus dihancurkan agar kapsul perak kami bisa melintasinya.

     Komentar yang tepat terhadap isi teks cerita tersebut adalah…

A.    Penggambaran para tokoh yang mampu merobohkan tiang sangat tidak masuk akal.

B.    Tokoh Seli sangat membahayakan diri sendiri karena mengeluarkan petir dari tangan.

C.    Semangat pantang menyerah dalam menyelesaikan masalah dari para tokoh patut diteladani.   *

D.    Hanya demi kapsul perak, para tokoh tidak perlu menghabiskan tenaga.

 

Kalimat (1) hingga (8) menunjukkan semangat yang gigih dan pantang menyerah.

 

4. Cermati kalimat-kalimat berikut!

            (1) Kegiatan donor darah diikuti 65 dari 85 personel Satradar 125.

            (2) Bentuk kegiatannya antara lain donor darah dan bersih lingkungan.

            (3) Harapan kedepan adalah semakin bersatunya TNI dan masyarakat.

            (4) Kegiatan ini sebenarnya sudah dimulai sejak satu bulan yang lalu.

            (5) Dalam rangka HUT ke- 70 TNI AU, Satradar 125 mengadakan bakti masyarakat.

            (6) Acara ditutup dengan senam massal siswa sekolah di sekitar Satradar.

Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi teks laporan yang padu dengan urutan….

A.      (1), (4), (2), (5), (6), (3)

B.      (1), (2), (5), (4), (3), (6)

C.      (4), (5), (2), (6), (3), (1)

D.      (5), (2), (1), (4), (3), (6)   *

 

Urutan D merupakan urutan yang paling logis dan sistematis.

 

5. Cermati kutipan berikut!

      Putri memang pelajar yang […] di sekolahnya, membaca buku, mengisi majalah dinding sekolah berlatih mengibarkan bendera  dan berlatih PMR adalah kegiatan rutinnya. Istilah yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang kalimat tersebut adalah…

 

A.    aktivitas  

B.    aktif    *

C.    efektivitas

D.    efektif

1 komentar:

  1. Alhamdulillah Bu bermanfaat sekali terima kasih nggih Bu atas Ilmunya 🙏

    BalasHapus