Bukti kebiasaan |
Bukti latar tempat |
Komentar yang tepat terhadap isi teks
cerita |
Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi teks
laporan yang padu |
Istilah yang tepat untuk melengkapi bagian
rumpang |
Peserta
didik dapat
-
mengubah
teks ke bentuk lain
- menunjukkan kata yang tidak sesuai kaidah
- menunjukkan kalimat yang
tidak sesuai dengan kaidah
- menggunakan kata bentukan sesuai dengan
kaidah
1.
Bacalah kutipan cerita berikut!
Pada suatu
hari si Ikan Gabus jatuh sakit lagi. Badannya sangat lemah. Dengan setianya si
Tupai menunggui temannya itu. Sudah beberapa hari si Ikan Gabus tidak enak
untuk makan. Maka si Tupai berusaha membujuknya. Namun, si Ikan Gabus hanya mau
makan kalau diberi makan hati ikan Hiu. Itulah permintaannya, jika sedang sakit.
Bukti kebiasaan Ikan Gabus makan hati ikan Hiu jika sakit
terdapat pada kalimat ke- ….
A.
3 dan 4
B.
4 dan 5
C.
5 dan 6
D.
6 dan 7 *
Namun, si Ikan Gabus hanya
mau makan kalau diberi makan hati ikan Hiu. Itulah permintaannya, jika sedang
sakit. Kalimat tersebut merupakan bukti kebiasaan ikan
gabus.
2. Bacalah kutipan cerpen
berikut dengan saksama
(1) Dengan memberanikan diri, aku pun bertanya,
"Apa Ibu kenal dengan seorang anak bernama Eric yang dulu tinggal di sana
itu?" Ia menjawab, "Silakan masuk, Nyonya! Kalau Anda ibunya Eric,
sungguh Anda tak punya hati!”. Ia membuka pintu tempat tinggalnya. (2) "Tolong katakan, di mana ia sekarang? Saya janji
menyayanginya dan tidak akan meninggalkannya lagi!” (3). Aku berlari memeluk tubuhnya yang bergetar keras.
"Nyonya, semua sudah terlambat. Sehari sebelum nyonya datang, Eric telah
meninggal dunia. Jasadnya ditemukan di kolong jembatan,” jawabnya dengan suara
terbata-bata. (4) ”Eric... maafkan Ibu,
Nak!” Aku sungguh menyesal, mengapa anakku Eric, dulu kutinggalkan.
Bukti latar tempat ditemukan jasad Eric pada
kutipan cerita tersebut ditandai nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3) *
D. (4)
Aku berlari memeluk tubuhnya yang bergetar
keras. "Nyonya, semua sudah terlambat. Sehari sebelum nyonya datang, Eric
telah meninggal dunia. Jasadnya ditemukan di kolong jembatan,” jawabnya dengan
suara terbata-bata.
Bukti latar yaitu di kolong jembatan.
3. Cermati teks berikut
Cermati teks berikut
(1) Seli mengayunkan
tangan ke depan, membuat petir biru. (2) Retakan itu memanjang. (3) Butuh waktu
empat kali lipat agar tiang itu roboh, berdebam menimpa sebelahnya. (4) Aku dan
Seli segera terlumpat mundur, mcnghindar dari guguran kristal.
(5)
Lima menit kemudian, dengan napas tersengal, kami berhasil menyelesaikan tiga
tiang kristal. (6) Seli mengangkat tiang dengan kemampuan kinctiknya, bawa
jauh-jauh. (7) Mulut lorong semakin terlihat. (8) Masih ada tiga tiang kristal
lagi yang harus dihancurkan agar kapsul perak kami bisa melintasinya.
Komentar yang tepat terhadap
isi teks cerita tersebut adalah…
A. Penggambaran para tokoh
yang mampu merobohkan tiang sangat tidak masuk akal.
B. Tokoh Seli sangat
membahayakan diri sendiri karena mengeluarkan petir dari tangan.
C. Semangat pantang menyerah
dalam menyelesaikan masalah dari para tokoh patut diteladani. *
D. Hanya demi kapsul perak,
para tokoh tidak perlu menghabiskan tenaga.
Kalimat (1) hingga (8) menunjukkan semangat yang gigih dan pantang
menyerah.
4. Cermati
kalimat-kalimat berikut!
(1) Kegiatan donor darah diikuti 65 dari 85 personel
Satradar 125.
(2) Bentuk kegiatannya antara lain donor darah dan bersih
lingkungan.
(3) Harapan kedepan adalah semakin bersatunya TNI dan
masyarakat.
(4) Kegiatan ini sebenarnya sudah dimulai sejak satu
bulan yang lalu.
(5) Dalam rangka HUT ke- 70 TNI AU, Satradar 125
mengadakan bakti masyarakat.
(6) Acara ditutup dengan senam massal siswa sekolah di
sekitar Satradar.
Kalimat-kalimat
tersebut akan menjadi teks laporan yang padu dengan urutan….
A.
(1), (4), (2), (5), (6), (3)
B.
(1), (2), (5), (4), (3), (6)
C.
(4), (5), (2), (6), (3), (1)
D.
(5), (2), (1), (4), (3), (6) *
Urutan D merupakan urutan yang paling logis dan sistematis.
5. Cermati kutipan berikut!
Putri
memang pelajar yang […] di sekolahnya, membaca buku, mengisi majalah dinding
sekolah berlatih mengibarkan bendera dan
berlatih PMR adalah kegiatan rutinnya. Istilah yang tepat untuk melengkapi
bagian rumpang kalimat tersebut adalah…
A. aktivitas
B. aktif *
C. efektivitas
D. efektif
Alhamdulillah Bu bermanfaat sekali terima kasih nggih Bu atas Ilmunya 🙏
BalasHapus