Minggu, 29 Maret 2020

KEBIASAAN BARU: BERJEMUR

Minggu, 29 Maret 2020
Hari ini hari pertama aku berjemur di depan rumah. Melaksanakan instruksi pemerintah dan petugas kesehatan. Berjemur di bawah terik matahari selama sepuluh hingga lima belas menit pada pukul 10.00 hingga 13.00. Tidak berada benar-benar di bawah terik matahari langsung. Aku memposisikan di sisi miring sebuah pohon biar agak terhalang dari sinar matahari. Takut hitam. Hadeh.
Sambil berjemur kubawa Jawa Pos. Ada beberapa berita menarik. Seorang Wagino, si panjahit APD, yang tak menaikkan harga APD buatannya meskipun beraku hukum pasar jika permintaan naik, persediaan menurun otomtis harga akan melambung. Dirinya tak mengikuti hukum pasar. Dia mengikuti hukum kemanusiaan. Yang memerlukan bantuan wajib dibantu oleh yang mampu membantu.
Pas bener dengan instruksi dokter Tirta. Sang dokter nyentrik yang lagi viral. Si anaak tunggal yang lulus cumlaude dari Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Muda iu pantas mendapat acungan jempol. Si anak muda yang punya kepedulain sosial luar biasa. Kini, dirinya harus beristirahat di rumah sakit Kartika di Pulomas. Bedrest. Semoga segera diberi kesembuhan.
Tulisan Dahlan Iskan pun tak luput dari perhatian. Si penulis buku DI’Way, yang tampaknya belum selesai, itu cukup menggelitik. Beliau bisa mengambil hikmah lockdown. Katanya, kalau merasa bosan di rumah dia ingat astronot. Yang setahun lamanya sendirian di luar angkasa. Ia di dalam sebuah kapsul yang tidak sebesar rumah manusia.
Kini, dirinya tambah ingat satu lagi: Aminarto. Yang kuat puasa mutih 40 hari. Yang tiap hari hanya makan dua potong singkong kukus.
Apalah artinya lockdown dibanding dua contoh itu. Bagi yang membayangkan lockdown itu harus tetap enak, mungkin mimpi hidupnya memang enak:
Waktu kecil bisa dimanja
Waktu muda bisa berfoya-foya
Waktu tua kaya raya
Waktu mati masuk surga
Kembali anganku ke dokter Tirta. Dirinya saat ini dirinya dirawat di sebuah rumah sakit di Pulomas. Kita doakan agar segera diberi kesembuhan. Aamiin3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar