Rabu, 17 September 2025

KUNCI TUGAS BAHASA INDONESIA 16 SEPTEMBER 2025

 


    Setiap tugas ataupun soal musti ada kuncinya. Inilah kunci tugas Bahasa Indonesia 16 September 2025

KUNCI JAWABAN TUGAS BAHASA INDONESIA

16 SEPTEMBER 2025

1.     Iklan tersebut termasuk iklan komersial (niaga) karena bertujuan untuk mempromosikan dan meningkatkan penjualan produk minuman serbuk NutriSari rasa Jeruk Maroko.

2.     a.   Judul / Headline: Baru! Nutrisari Jeruk Maroko”

Judul ini mencolok dan langsung menarik perhatian. Kata “Baru!” memberi kesan eksklusivitas dan membuat audiens penasaran.

b.     Nama Produk: NutriSari Jeruk Maroko

Ditampilkan dengan font besar dan warna cerah, membuatnya mudah dikenali.

c.     Penjelasan Produk: “100% Vitamin-C”, “Fosfor & Kalsium”, “B1, B3, B6, B9, A, E”

Menjelaskan bahwa produk mengandung berbagai vitamin dan mineral, menekankan manfaat kesehatannya.

3.      

Bentuk Teks

Perbedaan

Gambar

Kata-kata

Gerak

Suara

Iklan

Slogan

 

 

 

Poster

 

 

 

4.     (Sesuai kreativitas siswa)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.     "Bullying adalah tanda kelemahan, bukan kekuatan."

"Beda itu indah, jangan jadikan alasan untuk membuli teman."

6.     Identifikasi kalimat

a.     S

b.     BS

c.     S

d.     S

e.     BS

f.      BS

7.     DUSURA SEKOLAH PARA JUARA

DUSURA PENCETAK JUARA

8.     Alternatif jawaban:

 

9.     Kalimat Imperatif

Larangan atau keharusan melaksanakan perbuatan

Ciri-ciri:

1. Subjek tokoh atau pelaku dihilangkan.

2. Menggunakan kalimat penegas, permintaan, ajakan, harapan, larangan, dan kalimat halus.

3. Diakhiri dengan tanda seru (!) atau tanda tanya (?).

4. Jika diucapkan, kalimat imperatif menggunakan intonasi tinggi.

Contoh kalimat imperatif di dalam iklan: 1. Pakailah masker! 2. Buanglah sampah pada tempatnya

 

10.  Kalimat Persuasif

Membujuk secara halus untuk meyakinkan

Ciri-ciri:

1. Memengaruhi pembaca, pendengar, dan penonton.

2. Menggunakan pilihan kata yang menarik dan menyentuh hati.

3. Menggunakan bahasa yang santun, singkat, padat, dan jelas.

4. Menggunakan kata-kata ajakan, larangan, dan peringatan yang halus, seperti ayo, mari, segera, bergabunglah, jauhilah, pakailah, jangan, dan kunjungi ramai ramai. Contoh kalimat persuasif di dalam iklan: 1. Mari menjaga lingkungan agar tetap bersih! 2. Ayo disiplin menjaga kesehatan!

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar