Minggu, 16 Agustus 2020

VAKSIN KITA HARI INI


Menarik sekali yang disampaikan Pak Anies Baswedan malam ini di ILC. Vaksin kita hari ini adalah 3M dan 3T. Sementara vaksin belum ditemukan atau belum selesai diujicobakan, maka yang paling mudah dilakukan untuk pencegahan adalah 3M dan 3T. Tiga M harus dilakukan masyarakat, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak. Semoga masyarakat sadar untuk melaksanakan imbauan tersebut.
            Adapun yang perlu dilakukan pemerintah adalah 3T, yaitu tracing, testing, dan treatment. Pemerintah beberapa negara melakukan contact tracing guna megendalikan laju penyebaran virus yang mulai diidentifikasi Desember 2019. Banyak orang kemudian dipantau dan dievaluasi saat diketahui pernah kontak dengan pasien Covid-19.
            Indonesia hingga saat ini terus melakukan pengujian spesimen untuk mengetahui siapa saja yang positif terinfeksi virus corona dan menderita Covid-19. Inilah yang disebut testing.
            Selain tracing dan testing, pemerintah memiliki kewajiban untuk melakukan treatment terhadap pasien Covid. Dengan langkah 3M dari masyarakat dan 3T dari pemerintah semoga bsa mengatasi musibah dengan baik.

1 komentar: