Senin, 03 Agustus 2020

LATIHAN SOAL KELAS VII BAB I BAGIAN 2


Bapak Ibu Guru Bahasa Indonesia yang terhormat. Tentunya saat ini Bapak Ibu Guru telah membelajarkan materi Bab I. Salah satu tugas kita setelah mengajar adalah membuat soal. Ada beberapa pilihan. Yang terbaik tentu kita buat soal sendiri. Namun, jika belum atau ingin mengintip soal sebagai pembanding soal kita, kita bisa mengintip soal yang dibuat oleh rekan-rekan kita.
            Di antaranya kita bisa buka tautan berikut ini.


https://siswacerdas2.com/P/NzIvNy9CSUQ3QUIxU0RNM1Ax


Atau, jika belum sempat juga bisa dibaca-baca soal berikut ini. Tanda * merupakan kunci jawaban. Untuk itu, jika akan diberikan kepada siswa kita untuk latihan jangan lupa tanda * dihilangkan.
            Semoga bermanfaat.

Kelas               :           VII
Mapel              :           Bahasa Indonesia
Bab                  :           1. Kritis dan Kreatif Menulis Teks Deskripsi
Subbab            :           4. Penyampaian Isi Teks Deskripsi yang Telah Didengar/Dibaca
Soal Pilihan Ganda
1.      
Bacalah teks berikut!   
     Rangkaian koral di Laut Karimun Jawa berbagai bentuk dan beraneka warna. Ada koral berbentuk bunga berwarna krem dan merah muda, di tengahnya ada bintik-bintik menyerupai benang sari. Begitu elok koral-koral itu. Di sisi lain ada karang dengan bentuk tumbuhan kaktus yang bergerigi, bercorak biru, dan hijau. Keindahan koral lebih lengkap dengan ikan-ikan kecil berwarna oranye di atasnya. Luar biasa indah seperti lukisan dengan warna yang kontras. Tidak ketinggalan koral berbentuk jamur kuping dengan warna cokelat dan krem sungguh mirip jamur sesungguhnya.
Disadur dari: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs, Jakarta, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016
Kalimat utama teks deskripsi tersebut terdapat pada kalimat . . . .

            kesatu  *
            kedua
            ketiga
            keempat
2.
Kelas   :           VII
Mapel  :           Bahasa Indonesia
Bab      :           1. Kritis dan Kreatif Menulis Teks Deskripsi
Subbab            :           4. Penyampaian Isi Teks Deskripsi yang Telah Didengar/Dibaca
Soal Pilihan Ganda
Bacalah paragraf berikut!    
     1) Hasil karya inovasi genting antigempa sejumlah mahasiswa Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah, diapresiasi tingkat dunia saat kontes International Trade Fair of Ideas Inventions and New Products di Jerman. 2) Genting antigempa terbuat dari bahan yang kerap ditemui di sekitar rumah, seperti adonan pasir, semen, air dan limbah styrofoam. 3) Genting ini berbeda dengan genting umumnya karena ditambah styrofoam sehingga lebih ringan daripada genting biasa. 4) Dengan sifat ringan itu, genting ini diklaim cocok dipakai di daerah rawan gempa.
Disadur dari:https://regional.kompas.com, 27 November 2018
Kalimat utama paragraf tersebut ditandai nomor . . . .

            1)  *
            2)
            3)
            4)
3.
Bacalah teks berikut!    
     Pohon-pohon kelapa itu tumbuh di tanah lereng antara pepohonan lain yang rapat dan rimbun. Kemiringan lereng membuat pemandangan seberang lembah itu seperti lukisan alam gaya klasik Bali yang terpapar di dinding langit. Selain pohon kelapa yang memberi kesan lembut, batang sengon yang lurus menjadi garis-garis tegak berwarna putih dan kuat.
     Ada beberapa pohon aren dengan daun mudanya yang mulai mekar, kuning, dan segar. Ada pucuk pohon jengkol yang berwarna cokelat kemerahan, ada bunga bungur yang ungu, berdekatan dengan pohon dadap dengan kembangnya yang benar-benar merah. Batang-batang jambe rowe, sejenis pinang dengan buahnya yang bulat dan lebih besar, memberi kesan purba pada lukisan yang terpajang di sana.
Dikutip dari: Ahmad Tohari, Bekisar Merah, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, 2011
Teks tersebut mendeskripsikan . . . .

            pohon kelapa
            pohon aren
            barisan bukit
            tanah di lereng bukit  *
4.
Bacalah teks berikut!    
     Taman Putroe Phang terletak di wilayah kompleks Istana Sultan Aceh di Banda Aceh. Taman ini dibuat Sultan Iskandar Muda untuk mengenang Putri Pahang. Di taman tersebut terdapat sebuah bangunan unik, bernama Gunongan. [. . . .] Hingga saat ini Gunongan masih dapat disaksikan dan dikunjungi.
Disadur dari: Tri Maya Yulianingsih, Jelajah Wisata Nusantara, Media Presindo, Yogyakarta, 2010
Kalimat tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah . . .

            Sultan Iskandar Muda sangat terkenang dengan kecantikan dan aura Putri Pahang.
            Sultan membangun sebuah bangunan yang diberi nama Gunongan.
            Oleh karena itu, Sultan Iskandar Muda membangun Gunongan untuk mengobati kerinduan kepada Putri Pahang.
            Bangunan Gunongan ini menyerupai bukit-bukit yang terletak di Pahang, Malaysia.  *
5.
Bacalah teks berikut!   
     Pemerintah Kabupaten Probolinggo menawarkan paket wisata erupsi Gunung Bromo. Penawaran ini bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan sekaligus memberikan jaminan bahwa gunung setinggi 2.329 m dari permukaan laut tersebut aman dikunjungi meskipun berstatus siaga. Wisatawan dapat menikmati pemandangan eksotis Gunung Bromo dari jauh. Penawaran paket wisata ini termasuk kegiatan menikmati hasil panen dan keindahan matahari terbit.
Disadur dari:http://travel.kompas.com/, diunduh 22 Januari 2016
Isi teks deskripsi tersebut adalah . . . .

            keindahan Gunung Bromo
            penawaran paket wisata erupsi Gunung Bromo  *
            peningkatan kunjungan wisatawan
            pemandangan eksotis Gunung Bromo
6.
Bacalah paragraf berikut!
     Desa wisata religius Buboho merupakan tempat wisata yang indah dan asri. Tempat wisata ini sangat sejuk dan dikelilingi oleh kawasan yang hijau. Di tempat wisata ini terdapat gubuk-gubuk untuk bersantai. Selain itu, di tempat wisata ini terdapat puluhan burung merpati. Di tempat wisata ini juga terdapat kolam renang dari sumber mata air. Tempat wisata ini juga terdapat ratusan fosil kayu yang dipamerkan.
Disadur dari: http://nasional.republika.co.id, diunduh 1 Maret 2018
Teks deskripsi tersebut membahas . . .

            Desa wisata religius Buboho merupakan tempat wisata yang indah dan asri.  *
            Peninggalan masyarakat leluhur yang ada di desa wisata religius Buboho.
            Burung merpati dibiarkan terbang bebas di desa wisata religius Buboho.
            Keanekaragaman jenis fosil kayu yang dipamerkan di desa wisata religius Buboho.
7.
Bacalah teks berikut!   
     Keadaan alam di Danau Habema berbeda dari kondisi alam Indonesia pada umumnya. Suhu udara di danau ini mencapai nol derajat pada malam hari. Sementara itu, pada siang hari suhu udara di danau ini mencapai sepuluh derajat.
Disadur dari: https://www.indonesiakaya.com, diunduh 17 September 2018
Ide pokok paragraf tersebut adalah . . . .

            suhu udara nol derajat pada malam hari
            keadaan alam di Danau Habema  *
            suhu udara sepuluh derajat pada siang hari
            keadaan alam di Indonesia
8.
Bacalah teks berikut!    
     Warisan leluhur Suku Gunung dan suku-suku lain di kawasan selatan Kabupaten Manggarai Timur, Flores, Nusa Tenggara Timur, yang masih dipertahankan dan dilaksanakan oleh penerusnya adalah tradisi Weri Mata Nii. Weri artinya tanam, Mata Nii artinya benih padi. Jadi, Weri Mata Nii adalah menanam benih padi di lahan kering atau ladang di tanah ulayat Suku Gunung dan Kenge. Weri Mata Nii termasuk salah satu warisan nenek moyang Suku Gunung dan suku-suku lainnya. Tradisi tersebut dilakukan saat menanam benih padi di lahan-lahan kering atau ladang di kalender tanam petani di bagian selatan dari Manggarai Timur sampai di seluruh kampung di wilayah Manggarai Timur. Sebelum kaum perempuan dan laki-laki menanam benih padi (woja) di lahan kering atau ladang yang sudah dibersihkan, terlebih dahulu tua adat di Suku Gunung dan suku-suku lainnya melaksanakan ritual adat di sudut lahan.
Disadur dari: https://regional.kompas.com, 27 November 2018
Simpulan paragraf tersebut adalah . . .

            Suku Gunung termasuk suku bangsa Indonesia yang berasal dari Kabupaten Manggarai Timur, Flores, Nusa Tenggara Timur.
            Kaum perempuan dan laki-laki Suku Gunung menanam benih padi (woja) di lahan kering atau ladang yang sudah dibersihkan.
            Tradisi Weri Mata Nii termasuk warisan leluhur Suku Gunung saat menanam benih padi yang masih dipertahankan dan dilaksanakan oleh penerusnya.  *
            Tradisi menanam benih padi di lahan kering atau ladang di tanah ulayat Suku Gunung dan Kenge dilakukan oleh tua adat di Suku Gunung.
9.
Perhatikan teks berikut!    
     Gua peninggalan penjajahan Jepang itu tidak terawat. Banyak coretan di dinding gua mengganggu pemandangan mata. Di pintu masuk gua ditumbuhi banyak rumput dan ilalang. Sampah-sampah berserakan di dasar gua. Rupanya Pemerintah setempat kurang memedulikan objek bersejarah tersebut.
Tanggapan yang sesuai teks tersebut adalah . . .

            Pengelola gua peninggalan Jepang harus memperingatkan pengunjung agar membawa kantong plastik.
            Pemerintah sebaiknya membuat pintu masuk baru ke gua peninggalan Jepang.
            Pengelola sebaiknya menyiangi rumput dan ilalang di depan pintu masuk gua.
            Pemerintah sebaiknya peduli terhadap objek bersejarah, seperti gua peninggalan Jepang tersebut.  *
10.
Perhatikan teks berikut!   
     Reog merupakan kesenian berasal dari Ponorogo, Jawa Timur. Oleh karena itu, kesenian tersebut dikenal dengan nama Reog Ponorogo. Gerbang Kota Ponorogo dihiasi oleh sosok warok dan gemblak. Reog adalah salah satu budaya daerah di Indonesia yang masih sangat kental dengan unsur-unsur mistik dan ilmu kebatinan.
     Ada lima versi cerita mengenai asal-usul Reog dan warok yang berkembang di masyarakat. Namun, salah satu cerita yang paling terkenal adalah cerita pemberontakan Ki Ageng Kutu. Ki Ageng Kutu adalah seorang abdi kerajaan pada masa Bhre Kertabhumi. Bhre Kertabhumi adalah Raja Majapahit terakhir yang berkuasa pada abad ke-15. Ki Ageng Kutu tidak suka karena melihat Bhre Kertabhumi mendapat pengaruh kuat permaisurinya yang berasal dari Cina. Selain itu, Ki Ageng Kutu marah kepada rajanya yang korup. Ia mengetahui bahwa kekuasaan Kerajaan Majapahit akan berakhir. Kemudian, Ki Ageng Kutu meninggalkan sang raja dan mendirikan perguruan seni bela diri, ilmu kekebalan diri, dan ilmu kesempurnaan. Ia berharap para pemuda ini akan menjadi bibit dari kebangkitan Kerajaan Majapahit kembali. Ia sadar bahwa pasukannya terlalu kecil untuk melawan pasukan kerajaan. Oleh karena itu, pesan politis Ki Ageng Kutu disampaikan melalui pertunjukan seni Reog, yang merupakan ”sindiran” kepada Raja Bhre Kertabhumi. Pertunjukan Reog menjadi cara Ki Ageng Kutu membangun perlawanan masyarakat lokal menggunakan kepopuleran Reog.
Disadur dari: http://info-info-umum.html, diunduh 23 Januari 2016
Teks deskripsi tersebut dapat diringkas menjadi . . .

            Reog merupakan kesenian budaya berasal dari Ponorogo, Jawa Timur. Ponorogo merupakan kota asal seni Reog tersebut. Gerbang Kota Ponorogo dihiasi oleh sosok warok dan gemblak.
            Ada lima versi cerita mengenai asal-usul Reog dan warok yang berkembang di masyarakat. Namun, salah satu cerita yang paling terkenal adalah cerita pemberontakan Ki Ageng Kutu. Ki Ageng Kutu seorang abdi kerajaan pada masa Bhre Kertabhumi.
            Reog merupakan kesenian budaya berasal dari Ponorogo, Jawa Timur. Ada lima versi cerita mengenai asal-usul Reog dan warok yang berkembang di masyarakat. Namun, salah satu cerita yang paling terkenal adalah cerita pemberontakan Ki Ageng Kutu.  *
            Gerbang Kota Ponorogo dihiasi oleh sosok warok dan gemblak. Reog adalah salah satu budaya daerah di Indonesia yang masih sangat kental dengan unsur-unsur mistik dan ilmu kebatinan. Ada lima versi cerita mengenai asal-usul Reog dan warok yang berkembang di masyarakat.
11.
Perhatikan teks berikut!    
     1) Setiap kali Grebeg Maulud digelar, ribuan orang tumpah ruah di halaman Masjid Besar Yogyakarta. 2) Mereka rela berdesak-desakan di bawah terik sinar matahari yang sedang panas-panasnya hanya untuk memperebutkan gunungan yang akan dibagi-bagikan. 3) Sebagian masyarakat muslim di Jawa memang percaya bahwa Grebeg bisa menjadi sarana ngalap berkah. 4) Setidaknya ada enam gunungan dari hasil bumi yang dihadirkan dalam perayaan Grebeg Maulud. Empat di antaranya diarak dari Keraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat ke Masjid Besar Kauman, sedangkan dua gunungan lainnya dibawa ke dua lokasi lain, yakni Kepatihan (Kantor Gubernur DIY) dan Istana Pakualaman.
Disadur dari: https://tirto.id/grebeg-maulud-dan-cara-syiar-islampara-wali-daix, 27 November 2018
Kalimat utama paragraf tersebut ditandai kalimat berangka . . . .

            1)  *
            2)
            3)
            4)
12.
Bacalah teks berikut!    
     1) Tari Gambyong adalah tarian untuk menyambut tamu atau mengawali suatu resepsi perkawinan. 2) Koreografi tari Gambyong sebagian besar berpusat pada penggunaan gerak kaki, tubuh, lengan, dan kepala. 3) Penari Gambyong hidup pada zaman Sunan Paku Buwana IV di Surakarta. 4) Ada berbagai gerak dalam tari Gambyong. 5) Gerak srisig adalah gerak dengan sikap berdiri jinjit dilanjutkan dengan langkah-langkah kecil. .6) Nacah miring yaitu kaki kiri bergerak ke samping, bergantian disusul kaki kanan diletakkan di depan kaki kiri. 7) Penari Gambyong mahir dalam menari dan memiliki suara merdu sehingga menjadi pujaan kaum muda pada zaman itu. 8) Selain itu, ada juga gerak berjalan (sekaran  mlaku) dan gerak di tempat (sekaran mandheg).
Disadur dari: Kemdikbud, Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan, Jakarta, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013
Kalimat yang tidak padu dalam paragraf tersebut ditunjukkan pada nomor. . .

            1) dan 5)
            2) dan 6)
            3) dan 7)  *
            4) dan 8)
13.
Bacalah teks berikut!    
     Kami menginap di sebuah hotel. Kamar pertama yang diberikan kepada kami agak lembap karena karpetnya mungkin sudah kotor. Namun, ketika kami meminta kamar lain tanpa karpet, mereka dengan tulus mencarikannya. Para pegawai setidaknya berusaha untuk memenuhi semua permintaan kami. Akhirnya, kami mendapat kamar di depan kolam renang, berhadapan dengan restoran. Kamar ini tidak memberikan privasi, tetapi sangat nyaman. Kami tidak keberatan dengan kurangnya privasi karena kenyamanan merupakan hal yang paling penting untuk kami. Pada malam pertama, kami terlalu lelah untuk pergi keluar. Jadi, kami tinggal dan makan malam prasmanan di hotel. Kami sangat menikmati makanannya yang berkualitas tinggi dan para pegawainya yang ramah. Kami menerima pelayanan dengan standar yang sama saat makan pagi prasmanan.
Disadur dari: http://www.tripadvisor.co.id, diunduh 17 Desember 2017
Paragraf deskripsi tersebut menggambarkan . . .

            Pelayanan hotel yang kurang memuaskan.
            Ketidaknyamanan kami menginap di hotel.
            Kondisi karpet hotel yang pengap karena kotor.
            Pelayanan yang baik di hotel tempat kami menginap.  *
14.
Bacalah teks berikut!    
     Pantai Sepanjang memiliki keindahan alam yang memanjakan mata. Pantai Sepanjang memiliki garis bibir pantai terpanjang di antara pantai yang ada di wilayah Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai ini memiliki ombak yang tidak terlalu besar. Ketika sedang pasang, pantai ini tidak terlihat memiliki batuan karang di pinggiran pantai. [. . . .] Keadaan batuan karang dan laut berwarna biru ini menandakan bahwa pantai ini belum terjamah banyak pengunjung dan sangat bersih dari sampah.
Disadur dari: https://sewamotordijogja.com/, diunduh 17 September 2018 Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks rumpang tersebut adalah . . .
            Jika sedang surut, keindahan batuan karang yang masih alami tersebut akan terlihat.  *
            Keadaan di Pantai Sepanjang ini membuat pesona Pantai Sepanjang semakin indah ketika sore hari.
            Di sepanjang bibir Pantai Sepanjang disediakan persewaan gubuk-gubuk beratap daun kering.
            Biota laut yang dapat ditemukan di sepanjang pantai ini, antara lain bintang laut, ikan kecil, dan ganggang laut.
15.
Bacalah teks berikut!    
     Hutan Pengger menawarkan pesona hutan pinus yang alami dan asri. Hutan ini dipenuhi pohon pinus berukuran tinggi. Suasana di hutan ini terasa sangat teduh karena kerapatan dan ketinggian pohonnya. Bahkan, di beberapa tempat terlihat gelap karena cahaya matahari tidak bisa menembus masuk hingga bawah.
Disadur dari: https://www.njogja.co.id/, diunduh 26 Februari 2018
Teks deskripsi tersebut membahas . . .

            Keadaan tanah di hutan pinus Pengger.
            Situasi siang hari di hutan pinus Pengger.
            Pesona yang ditawarkan hutan pinus Pengger.  *
            Keindahan pemandangan hutan pinus Pengger.
16.
Perhatikan teks berikut!    
     Pada umumnya batik yang berasal dari keraton memiliki warna cenderung gelap. Pemakaian warna seperti hitam, merah tua, dan cokelat menjadi warna yang mendominasi. Ciri ini yang kemudian membedakan batik keraton dengan batik daerah pesisir. Batik daerah pesisir memiliki warna dasar yang cerah, seperti biru, hijau, dan merah. Dalam bentuk motif, batik pesisir atau Trusmi menggunakan motif yang berhubungan dengan keadaan sekitar, seperti motif udang, ikan, dan bunga.
Disadur dari: https://www.indonesiakaya.com/, 27 November 2018
Kalimat utama paragraf tersebut adalah . . .

            Batik daerah pesisir memiliki warna dasar yang cerah, seperti biru, hijau, dan merah.
            Ciri warna kain batik  membedakan batik keraton dengan batik daerah pesisir.
            Batik yang berasal dari keraton memiliki warna cenderung gelap.  *
            Batik pesisir atau Trusmi menggunakan motif yang berhubungan dengan keadaan sekitar.
17.
Bacalah paragraf berikut!    
     Sekolahku memiliki beberapa gedung. Ketika memasuki halaman sekolah akan terlihat sebuah gedung besar. Gedung tersebut digunakan untuk ruang kerja para guru dan staf sekolah. Di depan gedung tersebut terdapat sebuah gedung ukuran sedang untuk tempat menjamu tamu. Di belakang gedung ruang tamu terdapat gedung-gedung yang digunakan sebagai ruang kelas. Di tengah-tengah gedung ruang kelas terdapat sebuah gedung yang digunakan sebagai laboratorium dan perpustakaan.
Ide pokok teks deskripsi tersebut adalah . . .

            Sekolahku memiliki gedung yang luas.
            Sekolahku memiliki beberapa gedung.  *
            Sekolahku memiliki gedung laboratorium.
            Sekolahku memiliki gedung perpustakaan.
18.
Bacalah teks berikut!    
     Secara kasat mata, kain batik Papua berwarna cerah. Kain batik tersebut bermotif budaya dan alam khas Papua. Sebagian besar kain batik Papua terinspirasi dari keindahan alam Papua. Keindahan alam yang tertuang dalam kain batik Papua adalah flora khas Papua sampai burung Cenderawasih sebagai hewan endemik khas Papua.
Disadur dari: http://lifestyle.okezone.com,12 September 2017
Simpulan isi paragraf tersebut adalah . . .

            Kain batik Papua dikenakan dalam upacara adat penduduk Papua.
            Kain batik Papua memiliki warna sesuai warna fauna khas Papua.  *
            Kain batik Papua berwarna cerah dan bermotif flora fauna khas Papua.
            Kain batik Papua dibuat berdasarkan keragaman masyarakat Papua.
19.
Bacalah kedua teks berikut!
Teks I
     Ketenaran objek wisata Kepulauan Raja Ampat telah diakui baik di dalam negeri maupun luar negeri. Ketenaran Raja Ampat sebagai salah satu tujuan wisata paling menarik telah didokumentasikan dalam sebuah film berjudul "Edis Paradise 3". Film ini mengangkat keindahan bawah laut Raja Ampat yang disebut Amazon Lautan Dunia. Julukan ini disandang karena posisi Raja Ampat tersebut berada di pusat segitiga karang dunia.
Disadur dari: http://www.initempatwisata.com,diunduh 26 Oktober 2016
Teks II
     Kepulauan Raja Ampat terletak di sebelah barat kepala burung Papua Barat. Sebanyak 85% wilayah kabupaten ini merupakan pulau-pulau yang berjumlah lebih dari 600 pulau. Kepulauan Raja Ampat memiliki potensi wisata alam luar biasa. Tempat wisata di Papua Barat ini sangat terkenal dengan wisata bawah lautnya yang merupakan salah satu tempat menyelam terbaik di dunia. Laut di kepulauan Raja Ampat menjadi tempat menyelam terbaik karena kelengkapan dan keragaman flora dan fauna bawah lautnya. Laut di kepulauan Raja Ampat mempunyai 75% seluruh spesies karang di dunia.
Disadur dari: http://www.anekatempatwisata.com, diunduh 26 Oktober 2016
Persamaan kedua teks tersebut adalah . . . .

            membahas film "Edis Paradise 3"
            membahas keindahan pulau-pulau di sekitar Raja Ampat
            membahas keragaman flora dan fauna di Raja Ampat
            membahas objek wisata Raja Ampat  *
20.
Bacalah paragraf berikut!    
     Tugu Muda merupakan monumen bersejarah yang terletak di tengah Kota Semarang, tepatnya berada di tengah persimpangan Jalan Sutomo, Jalan Pandanaran, Jalan Imam Bonjol, dan Jalan Soegiyopranoto. Monumen ini dibangun untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur dalam Pertempuran Lima Hari di Semarang pada tanggal 14–19 Oktober 1945 melawan tentara Jepang. Pada pertempuran itu banyak pemuda Semarang gugur. Monumen ini dibuat berbentuk lilin. Pada kaki-kakinya terdapat beberapa relief yang menggambarkan penderitaan rakyat pada masa itu. Monumen ini diresmikan pada tanggal 20 Mei 1953 oleh Presiden Soekarno.
Dikutip dari: Nunung Yuli Eti, Pesona Wisata Jawa Tengah, Klaten, Intan Pariwara, 2010
Ringkasan yang tepat berdasarkan kutipan tersebut adalah . . .

            Tugu Muda sebagai monumen bersejarah untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur dalam Pertempuran Lima Hari di Semarang pada tanggal 14–19 Oktober 1945 melawan tentara Jepang.  *
            Tugu Muda merupakan monumen bersejarah yang terletak di tengah Kota Semarang, tepatnya berada di tengah persimpangan Jalan Sutomo, Jalan Pandanaran, Jalan Imam Bonjol, dan Jalan Soegiyopranoto.
            Pertempuran Lima Hari di Semarang pada tanggal 14–19 Oktober 1945 melawan tentara Jepang yang mengakibatkan banyak pemuda Semarang gugur.
            Tugu Muda merupakan monumen bersejarah yang diresmikan pada tanggal 20 Mei 1953 oleh Presiden Soekarno.



3 komentar: