Bapak Khamdan Muhaimin, S.Pd,
Gr. Adalah seorang guru BK di SMP
Negeri 5 Sambi Rampas.
Beliau kelahiran Banjarnegara, 16 Juni 1987. Meski masih muda, prestasinya luar biasa. Di
antarnya (1) Finalis (10 besar
) Simposium GTK Dikdas Kemdikbud 2016, (2) Peserta terbaik Diklat Prajabatan
CPNS 2016, (3) Guru SMP Inspiratif Nasional 2020 Kemdikbud RI, dan (4) Penghargaan sebagai pendidik di
daerah 3T sejak 2011.
Beliau bertugas di daerah 3T (terdepan,
terluar dan tertinggal). Tentu bisa dibayangkan kondisi daerah terpencil. Di sana
tidak ada listrik, air susah, mata pencaharian orang tua berkebun yang hasil
panenya satu tahun satu kali, menuju ibu kota kab. 4 jam. Jadi kalau mau makan
bakso ya ke kota dulu. Beliau bisa menikmati karena dengan menikmati dan
mensyukuri proses kehidupan ini semua terasa ringan. Bertugas di daerah
terpencil sejak tahun 2015 sampai sekarang.
Beliau menulis karena ingin Pendidikan di daerah
khusus atau daerah terpencil yang masih serba kekurangan dari berbagai akses
dapat diperhatikan oleh pemerintah. Beliau berharap dengan menulis tentang
perjalanan atau tantangan bertugas di daerah 3T dapat memotivasi para guru yang
berjuang di garis depan daerah terpencil supaya para pendidik semangat berinovasi dan menginspirasi di walaupun di daerah
terpencil.
Prestasi terakhir kemarin di nobatkan menjadi Guru SMP Inspiratif Tingkat Nasional 2020 yang diselenggarakkan oleh Dirjen GTK Kemdikbud di Hotel Serpong, Tangsel.
Yang mendasari Pak Khamdan menjadi
guru di daerah 3t adalah beliau mempunyai jiwa perantau yang
tinggi pak Didi dan saya mengikuti program SM3T yang di selenggarakan oleh
kemdikbud RI. Kalo susahnya menjadi guru
di daerah 3t adalah jauh dengan keluarga
pak, itu yang berat. Beliau merasa puas dan lega jika bisa membantu siswa/warga
yang betul-betul membutuhkan layanan pendidikan. Dengan keterbatasan yang ada
ada terus utama fasilitas yang tidak mendukung tetap bisa menghasilkan sebuah
tulisan yang berkualitas. Prinsipnya selama
kita ada niat dan kemauan yang kuat tidak mudah menyerah pasti ada jalan pak
untuk tetap menulis berkualitas.
Yang membuatnya semangat dalam
mengabdi adalah karena beliau sudah biasa merantau dan mengabdi di daerah 3t,
kemudian kecintaannya terhadap NKRI karena kita disumpah siap ditempatkan
diseluruh wil.NKRI dan pengabdian yang tulus akan di balas oleh Tuhan. Beliau
melakukan berbagai kegiatan di bidang pndidikan dan sosial kemasyarakatan di daerah
3T, salah satu contoh adalah membuat rumah belajar di rumah, karena anak-anak
selesai sekolah, langsung ke kebun pulang malam terus tidur, sehingga tidak ada
waktu untuk blajar, maka beliau mendirikan rumah belajar, untuk anak-anak belajar
membaca buku, les matematika, akses internet gratis, latihan laptop dll. Selain
itu beliau menjadi relawan pendidikan di daerah 3T, membagikan buku tulis, buku
bacaan, flasdisk pembelajaran, seragam sekolah. Di masa pandemi ini anak-anak
dan masyarakat tidak bisa mencuci tangan, karena akses air sulit maka beliau
membuat 4 bak penampung air dan 2 sumber mata air. Donatur berasal dari teman-temannya
di Jawa.
Akses rumah belajar di
lingkungan masyarakat untuk anak-anak
SD, SMP dan SMA. Pak Khamdan bermain peran ganda, bahkan pernah menjadi guru BK,
IPS, Seni Budaya dan Agama Islam, karena memang kekurngan guru, banyak guru yang
mutasi ke kota, paling lama 1 th di tempat beliau mengabdi setelah itu mereka
pindah
Pak Khamdan menjadi guru Inspiratif di tingkat SMP ini
sebagai guru BK atau karena mengangkat pendidikan di daerah tertinggal. Beliau
ambil tema pendidikan dan sosial kemasyarkatan di daerah 3T.
Layanan di derah 3T tetap dilaksanakan setelah
melakukan asesmen. Kenakalan di sana tergolong ringan, tidak ada kenalakan
berat, bidang bimbingan belajar lebih
ditekankan. Beliau bisa membedakan karena sebelum ke sana sudah pernah mengajar
di SMK di Jawa.
Pak Khamdan datang ke tempat
tugas melihat kondisi anak-anak yang tidak pernah belajar, tidak bisa laptop,
tidak bisa internet, membuatnya terenyuh, apa kita saja (permisi) orang yang
berada diperkotaan yang bisa maju maka beliau membuat rumah belajar sebagai
rumah kedua untuk anak-anak bermain dan belajar. Karena mereka membutuhkan itu
di masanya bukan untuk bekerja. Pelan-pelan saya buat proposal pengajuan buku
bacaan, buku tulis, alat permainan dll alhamdulillah terjawab, tetapi jika ada
kriman buku harus mengambil 6 jam PP ke kantor pos.
Saran beliau kepada teman-teman yang juga terkadang
mengajar didaerah 3t, 3-5 tahun sudah
ingin pindah jika mereka ingin pindah ke kota, lihatlah wajah anak-anak yang
masih membutuhkan kita. Dan pemerintah daerah juga harus membuat regulasi
supaya ada batas miniml mengabdi di daerah 3T.
Di daerah 3T itu banyak sekali tantangan yang harus
dihadapi tidak hanya di lingkungan sekolah, di lingkungan masyarakat harus peka
terhadap masalah yang dihadapi masyarkat dan kalau bisa membantu maka bantulah.
Orang-orang di daerah 3T harus mempunyai, effort yang kuat, solutif dan tidak
mudah menyerah. Kalau beliau kemarin menyerah dalam membuat naskah apreasi guru
inspiratif , mungkin bisa gagal.
Sebelum mendapatkan
apresiasi Guru Inspiratif ini ini beliau membutuhkan waktu kurang lebih 8
jam PP, untuk menulis naskah apresiasi ini dan harus di kota yang stabil
listriknya dan stabil sinyalnya. Hari berikutnya beliau juga harus
memperesentasikan karya di depan dewan juri juga harus ke kota lagi. Maka
dibutuhkan effort yang kuat.
Di lingkungan sekolah beliau membuat gebrakan untuk
pertama kali di Kab. Manggarai Timur membuat ujian offline pertama kali di
daerah 3T dan pemilihan ketua osis offline menggunakan tablet bantuan kemdikbud
sebanyak 27 tablet, laptop, LCD dan PC. Di daerah lain mungkin itu biasa, tapi di
sana istimewa karena dengan berbagai kendala bisa menyelesaikannya
perlahan-lahan.
Persyaratan menjadi guru
inspiratif dari administasi sampai
deskripsi karya kita yang sudah dilakukan, deskripsi saat ini dan
deskripsi yang akan datang. Biasanya ada panduanya dari Kemdikbud RI karya yang
beliau tampilkan adalah yang sudah dilakukan sejak 2016 sampai sekarang. Saran
beliau buat karya yang inovatif dan buat karya yang dapat menginspirasi.
Potensi yang dapat digali dari daerah 3T adalah sumber
daya manusianya. sebenarnya mereka bisa dan ada juga yang mempunyai kemauan tinggi
untuk belajar, tetapi sekali lagi kendala berbagai akses yang menghambat.
Contoh beliau pernah berkunjung ke suatu kampung, di situ
tidak ada sarjananya, karena apa, karena mereka sulit untuk mengakses kemudahan-kemudahan
dalam pendidikan. Mereka sibuk memikirkan bagimana bisa bertahan hidup. Tugas
kitalah memberikan pencerahan tentang pendidikan supaya mereka menjadi manusia
yang berkualiatas. Cara mengatasai kendala adalah dengan effort yang kuat,
jangan mudah menyerah. Kalau ada 1 cara
belum berhasil, masih ada 1000 cara untuk menyelesaikannya.
#Dec6AISEIWritingChallenge
bagus Bu. sangat inspiratif.
BalasHapusTerima kasih Pak
HapusBagus dan sangat inspiratif
BalasHapusTerima kasih Pak
HapusBagus dan sangat inspiratif
BalasHapusInspiratif sekali bapak Khamdan ini. Resume ye oke bu
BalasHapusTerima kasih Bu Susi. Yap, Pak Khamdan luar biasa, kita bisa berguru kepadanya.
HapusTerima kasih Bun sangat inspiratif
BalasHapusTerima kasih kembali Bu
HapusBagus...semoga kita bisa ambil hikmah...spirit memajukan anak2 bangsa
BalasHapusWaaq..terimkdih bu.. Ismi.. Bnar2 mnginspirasi.
BalasHapusSangat menginspirasi..
BalasHapusBu Ismi selalu keren tulisannya...
Semangat berjuang yang luar biasa
BalasHapus