Kamis, 31 Desember 2020

BERBURU ILMU DI PENGHUJUNG TAHUN


Penghujung tahun ini diisi dengan berburu ilmu. Sebuah webinar bertema “Peran Guru di Sekolah Online Dalam Menyongsong Tahun Baru 2021 untu Indonesia Maju”  Kamis, 31 Desemebre 2020 puku 13.00-16.00 sungguh menarik. Menghadirkan para narsumber hebat dan luar biasa.

Tampil sebagai moderator adalah Bapak Edi S. Mulyanta M.T. Para narasumber: Ibu Atin Kartinah, M. Pd. (Guru SMPN 2 Garut), Ibu Emi Sudarwati (Guru SMPN 1 Baureno Bojonegoro),Bapak Rachman Firdaus, M.Pd. (Guru SMPN 1 Nagawutung Lembata-NTT), Ibu Santika Kusuma D (Guru SMP Islam Baitul Izzah Nganjuk), dan Ibu Endang Wahyu Widiasari, M.Pd. (Guru SMPN 4 Cikalong Wetan).  Mereka adalah para guru inspiratif yang hebat dan luar biasa. Ilmu padi betul-betu melekat pada diri mereka.

            Bu Emi Sudarwati misalnya, telah menerbitkan 500-an buku baik sebagai penulis maupun editor. Sayang, presentasi beliau tak bisa kuikuti sepenuhnya sebab diri ini datang terlambat.

Pak Rachman menerbitkan 19 buku ber-ISBN tetapi merasa belum seberapa. Di era Covid-19 Pak Rachman merasa model pembelajaran yang telah disiapkan tak dapat dilaksanakan dengan baik. Beliau tetap berupaya bagaimana menjadi motivator dan inspirator para siswa termasuk terhadap orang tua. Beliau juga pengelola Taman Baca. Konsultasi dengan kepala sekolah untuk lakukan pembelajaran di Taman Baca dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Menjadikan media berasal dari bahan lokal. Siswa dibawa ke dunia mereka (lingkungan mereka), Taman Baca menjadi pusat pembelajaran eko literasi. Bisa berada di luar kelas dengan menjadikan lingkungan sebagai sumber belajar dan kontekstual. Mengimplementasikan mataeri dengan objek yang ada di sekitar. Awal tahun 2020 terbit buku beliau. Berharap awal tahun 2021 terbit buku lagi. Beliau merasa tak punya kemampuan lebih, tetapi mempunyai kemauan besar untuk meningatkan diri. Kemampuan beradaptasinya sungguh luar biasa.

Ibu Endang Wahyu Widiasari Guru SMPN 4 Cikalong Wetan pun tak kalah hebatnya. Mendapat anugerah 5 besar Guru Inspiratif Nasional, Juara Diseminasi Literasi Nasional, dan menjadi juara berbagai lomba dan kreativitas. Tahun 2000 diangkat sebagai Guru Bantu, tahun 2007 diangkat sebagai PNS, tahun 2014 merintis berdirinya berdirinyaSMP 4 Cikalong Wetan serta ikut merintis SMA terbuka.

Kegiatan menyelamatkan Anak Putus Sekolah dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya:

1.     Berkunjung ke SD sekitar

2.     Sosialiasasi pada ortu siswa

3.     Kerja sama dengan aparat pemeritah setempat

4.     Berkunjung ke rumah siswa (untuk membujuk anak mau sekoah kembali)

5.     Kerja sama dengan dunia industri

6.     Memperbaiki kegiatan PJJ

7.     Bakti sosial: membagikan sembako,

 

Berbagai inovasi juga dilakukan. Alat peraga menarik beliau ciptakan.  Pada akhir tahun pembelajaran ada pameran hasil karya siswa untuk merangsang kreativitas. Sudah ada 19 buku dan 3 antologi beliau hasilkan. Dalam mengajar d era pandemi beliau mengaktifkan grup WA. Ada grup WA besar (kelas) dan ada grup WA kecil (kumpulan siswa terbelakang): hal ini dilakukan untuk memacu siswa berprestasi. Berbagai kegiatan Ekskul  juga beliau tekuni. Ada Pramuka, Marching Band, Paskibra dan ekskul lainnya. Banyak didapat prestasi siswa yang dibimbingnya.

Para narasumber lain pun tak kalah menariknya. Inilah hikmah berburu lmu di penghujung tahun. Bisa lakukan refleksi. Terasa benar bahwa yang kulakukan belum seberapa dan belum berarti apa-apa. Mesti harus ditingkatkan di masa berikutnya.

 

#Dec30AISEIWritingChallenge


 

28 komentar:

  1. bagi yg belum isi daftar hadir dapat diisi di Link Daftar Hadir : http://bit.ly/daftarhadir-31DES20

    rekamannya bisa ditonton di https://www.youtube.com/watch?v=2BkP96eZCiw&feature=youtu.be

    BalasHapus
  2. Tetimakasih bu ismi.. Td ada kpnyingn shingga tdk bs gbung

    BalasHapus
  3. Tetap semangat tuk saling memajukan..mencerahkan..smg barokah ya

    BalasHapus
  4. Tetap semangat tuk saling memajukan..mencerahkan..smg barokah ya

    BalasHapus
  5. Tetap semangat tuk saling memajukan..mencerahkan..smg barokah ya

    BalasHapus
  6. Terima kasih resumenya bu, terlambat tadi

    BalasHapus
  7. Wah semangat mencari ilmu sampai akhir tahun ya Bu

    BalasHapus
  8. Salut terus berkarya dan berbagi tanpa mengenal waktu. Barakallah 🙏

    BalasHapus
  9. Terima kasih ilmunya, semangat terus

    BalasHapus
  10. Terima kasih bu Ismi, sangat menginspirasi dan menambah semangat untuk terus menambah ilmu

    BalasHapus
  11. Terimakasih Ibuk.sangat tetinspirasi

    BalasHapus