Rabu, 10 Februari 2021

VARIASI KUIS PEMBELAJARAN

 

Membuat kuis pembelajaran itu gampang-gampang susah. Eh, susah-susah gampang. Haha. Itu mah sama saja. Sebagi contoh, kuis berikut ini. Isilah titik-titik berikut dengan satu kata saja. Sudah ada satu huruf sebagai pemandu jawaban.

 

1.      Kita melihat bintang di ….

_  _ N _ _ _     

 

 

 

N

 

 

 

 

2.      Bermain bulu tangkis menggunakan ….

A _ _ _

 

 

A

 

 

 

 

3.      Ikan bernapas dengan ….

_ _ _ _ _ G

 

 

 

 

 

 

G

 

Itulah kuis yang kutampilkan saat memulai pembelajaran. Inginnya membuat siswa fokus pada pembelajaran atau sebagai apersepsi. Ada keinginan para siswa menjawab kuis secara variatif. Namun sayang, jawaban kuis seragam, bukan beragama.

Kuis pertama semua siswa menjawab: LANGIT

Jika ditilik dari jumlah huruf dan rasionalitas memang benar ‘langit’. Namun, andaikan ada siswa yang menjawab PUNDAK, itu juga benar. Sebab militer itu bintangnya berada di Pundak. Jawaban seperti inilah yang dimaksud variasi jawaban yang kreatif.

Kuis kedua semua siswa menjawab: RAKET.

Memang benar, bermain bulu tangkis dengan RAKET. Ini merupakan keterangan alat. Namun, seandainya siswa menjawab JAKET, justru inilah yang diharapkan sebagai variasi jawaban. Kenapa JAKET? Karena pemain bulu tangkis sedang bermain bulu tangkis kala hujan. Jika tidak pakai jaket bisa masuk angin.

Kuis ketiga, “Ikan bernapas dengan ….” Dijawab dengan jawaban standar INSANG. Apakah tak ada kemungkina jawaban lainnya? Jika yang dimaksud adalah keterangan alat, maka jawaban benar adalah INSANG. Namun, jika yang dimaksud guru keterangan keadaan jawaban INSANG tak lagi tepat. Bisa jadi jawaban benar adalah TENANG.

 

 

 



2 komentar: