Senin, 19 Oktober 2020

GRATIS TERBITKAN BUKU


 

Gratis terbitkan buku? Yang benerlah. Hari gini, ada yang gratis? Ikuti penuturan Bapak H. Thamrin Dahlan, SKM, M.Si. Beliau adalah dosen Akper Polri, Publisher, Penulis, telah menerbitkan 30 buku.

            Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD) fokus membantu penulis menerbitkan buku berlisensi Barcode ISBN tanpa biaya. Yayasan tersebut didirikan atas inisiatif Bundo Kanduang (Almh) AKBP (P) Hj. Husna Darwis binti H. Dahlan, SH. Beliau mantan polisi wanita dan notaris yang berkantor di Bogor memiliki keinginan kuat untuk meningkatkan kegemaran membaca dan menulis keluarga besar Petokayo dan masyarakat.

            YPTD bertekad membantu para penulis memiliki master buku sebagai Mahkota seorang Jurnalis. Sejak dicanangkan tangal 19 Agustus 2020 telah membantu menerbitkan 36 buku para penulis.

            Alamat kantor YPTD adalah Perumahan Bumi Harapan Permai (BHP) Jl. Bumi Pratama VIII Blok A23 Kelurahan Dukuh RT 06 W 06 Jakarat Timur. Kode Pos 13550, Telp (021) 87799665 HP 08169932527. Email thamrindahlan@gamil.com. Website: terbitkanbukugratis.id

            YPTD menerima naskah buku penulis via email thamrindahlan@gamil.com. Lengkap dengan Judul, Daftar Isi, Cover depan belakang, dan Kata Pengantar. Ketentuan standar baku Buku terbitan YPTD:

a.     Ukuran A5

b.     Font 12

c.     Margin 1.5/1/1/1

d.     Huruf Time New Roman

e.     Spasi 1,5

f.      Ketebalan 150-200 buku

 

Buku terbitan YPTD lebih dari 150 halaman supaya postur buku gagah bisa berdiri di rak perpustakaan. Ketika buku tipis tak berpunggung, rasanya kurang sreg. Resep menulis menurutnya, satu hari minimal satu arikel dengan niat berbagi. Inspirasi tak kan pernah terputus ketika kepekaan naluri menuis melekat pada diri. YPTD siap membantu rekan guru menerbitan buku ber-ISBN buku perdana atau buku kesekian tanpa biaya.

Apakah kualitas tulisan masih menjadi pertimbangan dalam nenerbitkan buku di YPTD? Prinsip semua tulisan bagus selama bukan plagiat dan hoaks. Tujuan utama: bagaimana meningkatkan kualitas dna kuantitas literasi Indonesia.

Menulis bagi Pak Thamrin memiliki motto 3 pena: penasehat, penakawan, penasaran. Menulis untuk berbagi kebaikan. Metode yang digunakan adalah sekali duduk selesai. Jadi, jangan pernah meninggalkan artikel yang sedang digarap. Selesaikan kemudian posting. Posting ke sosial media dan seketika tulisan memiliki roh.

Menulis itu mudah. Beliau berkeyakinan semua orang bisa menulis.  Artinya ketika bisa berbicara atau bertutur maka otomatis bisa menulis. Menulis adalah proses sederhana memindahkan apa yang kita katakan ke laptop atau PC atau bahkan HP. Bahan ajar adalah materi untuk tulisan yang bisa dikemas menjadi tulisan ilmiah populer.

Menerbitkan buku itu mudah. Kirim naskah ke YPTD sesuai ketentuan maka buku akan berlisensi barcode ISBN segera terbit. Hanya memerlukan waktu 10 hari terhitung naskah diterima. Semua tanpa biaya. Tak ada penulis pemula karena tak ada penulis pengakhir.

Naskah fiksi atau cerpen tidak diseleksi. Ada aturan baku Penerbit Buku Indonesia yang ditulis di halaman judul: Hak cipta ada di penulis. Penerbit tidak bertanggung jawab atas isi tulisan.

YPTD turut berperan serta mengorganisir Gerakan Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Literasi Indonesia fokus menerbitkan buku. Buku adalah mahkota bagi seorang penulis. Secerdas dan sepintar apapun seseorang apabila belum menulis apalagi menerbitkan buku maka ilmunya sia-sia.

Komitmen YPTD membanu para penulis dari berbagai profesi untuk memiliki buku berlisesni ISBN tanpa biaya perlu dukungan semua pihak. Bersama kita membantu Pemerintah RI dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa melalui profesi masing-masing.









 


23 komentar:

  1. Bisa dicoba ya mba Ismi, kirim naskah ke YPTD ...

    BalasHapus
  2. Mantap bbanget, insyaallah juga ingin menerbitkan buku

    BalasHapus
  3. Joss...bu ismi...membuat semangat menulis kian nembara

    BalasHapus
  4. Lanjutkan terus berbagimu bunda...tetap semangat dan sehat wal afiat njih

    BalasHapus