Minggu, 6
September 2020
Pukul 16.00 –
17.00
Media Zoom
Kegiatan sore ini diikuti peserta dengan antusias. Bu Capri, Mbak Dea,
Omjay, dan para peserta sangat antusias. Jumlah partisipan dalam kondisi
stabil. Saat kuintip di partisipan terdapat 98, 99, 97 atau pada kisaran
seratusan partisipan.
Narasumber menyapa peserta dan bersambut baik. Baik berupa sapaan maupun
lontaran pertanyaan yang selalu disambut dengan jawaban oleh peserta. Tampaknya
inilah salah satu upaya narasumber untuk menjalin interaksi.
Bagaimana
kita belajar menulis? Ada beberapa cara kita belajar menulis, di antaranya:
1.
Gunakan
WA grup
Dari grup WA kita bisa belajar menulis dan dapat
menghasilkan buku yang amat menarik.
2.
Gunakan
aplikasi zoom
Aplikasi zoom sebisa mungkin video dinyalakan untuk
mengetahui partisipasi peserta. Sebelum memulai pelajaran sapa terlebih dahulu
para peserta (termasuk peserta didik). Seorang pembicara termasuk guru jangan
asyik dengan dirinya sendiri.
3.
Gunakan
live youtube channel
Masih perlu diingat bahwa naraumber itu jangan asyik
sendiri. Kita perlu menyapa peserta didik. Peserta didik biasanya bisa fokus
hanya lima belas menit pertama.
Jika ada murid yang enggan belajar maka guru perlu
mengenal gaya belajar. Kita perlu belajar dari game. Mengapa anak-anak suka
game? Jawaban utama adalah adanya penghargaan. Bagaimana belajar di rumah
menjadi menyenangkan? Jawabnya, apapun materi pelajarannya yang terpenting guru
mampu menjadi sutradara dan menyiapkan skenario terlebih dahulu.
Belajar dari Rumah
1.
Guru
dan murid terbiasa KBM langsung
2.
Peran
pendidik sangat penting untuk terciptanya daring efektif dan menyenangkan.
Di sinilah
peran guru sebagai sutradara yang perlu menyiapkan skenario terlebih dahulu.
Cara
membedakan tugas anak atau orang tua?
Banyak ortu
mengerjakan tugas anak. Ada cerita anak Omjay yang tugasnya dikerjakan ayahnya
mendapat nilai 0.
Untuk mengecek
tugas itu dikerjakan anak atau orang tua dicek kehadiran.
Ciri Bahan
Pembelajaran Mandiri
1.
Mempunyai
kekuatan menjelaskan sendiri
2.
Dapat
digunakan sesuai kecepatan masing-masing
3.
Isinya
lengkap
4.
Bahan
pembelajarnnnya dapat dipelajari secara individual
Karakteristik
Media Pembelajaran Terbaik
Dapat diakses
secara stabil sepanjang waktu oleh pengguna secara bersama (guru dan siswa).
Untuk KBM
luring bikinlah modul yang menarik. Sekali waktu harus bertemu anak-anak.
Bagaimana
mendesain bahan pembelajaran yang dapat dipelajari secara mandiri atau
digunakan dalam PJJ?
Pengajar
sebagai Artsitek Pembelajaran:
1.
Sistematik
dalam membuat merancang pembelajaran
2.
Kreatif
dalam melaksanaan pembelajaran
3.
Inovatif
dalam melakukan pembaharuan pembelajaran
4.
Bebas
menciptakan pembelajaran sesuai karakteristik siswa
5.
Kolaboratif
dengan spesialis materi, pendesain visual, pendesain waeb dan pembelajaran.
Jika ingin
berhasil dalam pembelajaran daring gunakan:
1.
Kurangi
kertegantungan siswa
2.
Berikan
bahan pembelajaran yang dapat dipelajari secara mandiri.
3.
Fasilitasi
siswa dengan sarana belajar yang disediakan oleh lembaga
4.
Guru
harus mau belajar dan meningkatkan kemampuan di bidang teknologi
Itulah ilmu
yang kita dapatkan sore ini. Semoga bisa membawa manfaat dan barakah untuk kita
semua.
#
AISEIWRITING
#OMJAY
#PENERBITANDI
https://www.youtube.com/watch?v=cGMwSjyvL6s&feature=youtu.be
BalasHapusTerima kasih Omjay
Hapuswah selalu komplet summarynya.. terima kasih sharingnya Bu
BalasHapusSama2 Mas
HapusTerima kasih atas informasinya Bunda. Semoga kami bisa menulis seperti Bunda
BalasHapusAamiin3. Terima kasih Pak Sur.
HapusMantab
BalasHapusTetima kasih Pak
HapusSebelum di publis perlu di edit. Banyak ketikan kurang dan salah. Salam hangat. Salam inspiratif
BalasHapusSiap. Terima kasih Pak
HapusTrims..semangat berbagi..semoga barokah
BalasHapusAamiin3
HapusJoss
BalasHapusTerima kasih atas sharing ilmunya bu Ismi
BalasHapusRajin skli bu ismi.... Sip..smg plksanaan pjj lbh mnyenangkan..
BalasHapusRajin skli bu ismi.... Sip..smg plksanaan pjj lbh mnyenangkan..
BalasHapus