Minggu, 06 September 2020

BELAJAR MENULIS BERSAMA OMJAY DI KEGIATAN AISEI



Minggu, 6 September 2020
Pukul 16.00 – 17.00
Media Zoom
Kegiatan sore ini diikuti peserta dengan antusias. Bu Capri, Mbak Dea, Omjay, dan para peserta sangat antusias. Jumlah partisipan dalam kondisi stabil. Saat kuintip di partisipan terdapat 98, 99, 97 atau pada kisaran seratusan partisipan.
Narasumber menyapa peserta dan bersambut baik. Baik berupa sapaan maupun lontaran pertanyaan yang selalu disambut dengan jawaban oleh peserta. Tampaknya inilah salah satu upaya narasumber untuk menjalin interaksi.
Bagaimana kita belajar menulis? Ada beberapa cara kita belajar menulis, di antaranya:
1.     Gunakan WA grup
Dari grup WA kita bisa belajar menulis dan dapat menghasilkan buku yang amat menarik.
2.     Gunakan aplikasi zoom
Aplikasi zoom sebisa mungkin video dinyalakan untuk mengetahui partisipasi peserta. Sebelum memulai pelajaran sapa terlebih dahulu para peserta (termasuk peserta didik). Seorang pembicara termasuk guru jangan asyik dengan dirinya sendiri. 
3.     Gunakan live youtube channel
Masih perlu diingat bahwa naraumber itu jangan asyik sendiri. Kita perlu menyapa peserta didik. Peserta didik biasanya bisa fokus hanya lima belas menit pertama.
Jika ada murid yang enggan belajar maka guru perlu mengenal gaya belajar. Kita perlu belajar dari game. Mengapa anak-anak suka game? Jawaban utama adalah adanya penghargaan. Bagaimana belajar di rumah menjadi menyenangkan? Jawabnya, apapun materi pelajarannya yang terpenting guru mampu menjadi sutradara dan menyiapkan skenario terlebih dahulu.

Belajar dari Rumah
1.     Guru dan murid terbiasa KBM langsung
2.     Peran pendidik sangat penting untuk terciptanya daring efektif dan menyenangkan.
Di sinilah peran guru sebagai sutradara yang perlu menyiapkan skenario terlebih dahulu.

Cara membedakan tugas anak atau orang tua?
Banyak ortu mengerjakan tugas anak. Ada cerita anak Omjay yang tugasnya dikerjakan ayahnya mendapat nilai 0.
Untuk mengecek tugas itu dikerjakan anak atau orang tua dicek kehadiran.
Ciri Bahan Pembelajaran Mandiri
1.     Mempunyai kekuatan menjelaskan sendiri
2.     Dapat digunakan sesuai kecepatan masing-masing
3.     Isinya lengkap
4.     Bahan pembelajarnnnya dapat dipelajari secara individual
Karakteristik Media Pembelajaran Terbaik
Dapat diakses secara stabil sepanjang waktu oleh pengguna secara bersama (guru dan siswa).
Untuk KBM luring bikinlah modul yang menarik. Sekali waktu harus bertemu anak-anak.

Bagaimana mendesain bahan pembelajaran yang dapat dipelajari secara mandiri atau digunakan dalam PJJ?

Pengajar sebagai Artsitek Pembelajaran:
1.     Sistematik dalam membuat merancang pembelajaran
2.     Kreatif dalam melaksanaan pembelajaran
3.     Inovatif dalam melakukan pembaharuan pembelajaran
4.     Bebas menciptakan pembelajaran sesuai karakteristik siswa
5.     Kolaboratif dengan spesialis materi, pendesain visual, pendesain waeb dan pembelajaran.

Jika ingin berhasil dalam pembelajaran daring gunakan:
1.     Kurangi kertegantungan siswa
2.     Berikan bahan pembelajaran yang dapat dipelajari secara mandiri.
3.     Fasilitasi siswa dengan sarana belajar yang disediakan oleh lembaga
4.     Guru harus mau belajar dan meningkatkan kemampuan di bidang teknologi
Itulah ilmu yang kita dapatkan sore ini. Semoga bisa membawa manfaat dan barakah untuk kita semua.
# AISEIWRITING
#OMJAY
#PENERBITANDI

16 komentar:

  1. https://www.youtube.com/watch?v=cGMwSjyvL6s&feature=youtu.be

    BalasHapus
  2. wah selalu komplet summarynya.. terima kasih sharingnya Bu

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas informasinya Bunda. Semoga kami bisa menulis seperti Bunda

    BalasHapus
  4. Sebelum di publis perlu di edit. Banyak ketikan kurang dan salah. Salam hangat. Salam inspiratif

    BalasHapus
  5. Trims..semangat berbagi..semoga barokah

    BalasHapus
  6. Terima kasih atas sharing ilmunya bu Ismi

    BalasHapus
  7. Rajin skli bu ismi.... Sip..smg plksanaan pjj lbh mnyenangkan..

    BalasHapus
  8. Rajin skli bu ismi.... Sip..smg plksanaan pjj lbh mnyenangkan..

    BalasHapus