Sabtu, 19 September 2020

PENYEDERHANAAN KURIKULUM: TEKS BAHASA INDONESIA KELAS VIII


 

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 perlu kita cermati bersama. Pada Lampiran Peraturan tersebut terdapat kompetensi inti dan kompetensi dasar masing-masing mata pelajaran pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Sebagai guru tentunya diharapkan kita semua telah mencermatinya.

            Berdasarkan kompetensi dasar (KD) mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat kita buat perbandingan jenis teks yang digunakan sebagai bahan pembelajaran. Jika pada Kurikulum Nasional 2013 (Kurnas) di kelas VIII terdapat 9 jenis teks, pada penyederhanaan kurikulum terdapat 5 teks, yaitu: berita, iklan, eksposisi, persuasi, dan fiksi/nonfiksi.

Berdasarkan peraturan Penyesuaian Kebijakan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 tertanggal 7 Agustus 2020, untuk meringankan kesulitan pembelajaran di mas Covid-19 kurikulum darurat dan modul pembelajaran dapat digunakan. Kurikulum darurat (dalam kondisi khusus) dimaksudkan  untuk mengurangi beban guru dalam melaksanakan kurikulum nasional dan siswa dalam keterkaitannya dengan penentuan kenaikan kelas dan kelulusan.

Kurikulum darurat merupakan penyederhanaan kompetensi dasar untuk setiap mata pelajaran sehingga berfokus pada kompetensi esensial dan kompetensi prasyarat untuk kelanjutan pembelajaran di tingkat selanjutnya. Pelaksanaan kurikulum berlaku sampai akhir tahun ajaran (tetap berlaku walaupun kondisi khusus sudah berakhir).

Pelaksanaan kurikulum darurat ini sifatnya fleksibel. Satuan pendidikan dapat memilih dari 3 opsi pelaksanaan kurikulum:

1.     Tetap menggunakan kurikulum nasional 2013;

2.     Menggunakan kurikulum darurat; atau

3.     Melakukan penyederhanaan kurikulum secara mandiri.

 

Tabel Perbandingan Teks Kurnas dan Penyederhanaan Kurikulum Kelas VIII

 

No

Aspek

Kurikulum 20013 (Kurnas)

Penyederhaan Kurikulum

2

Teks

Berita

Berita

 

 

Iklan

Iklan

 

 

Eksposisi

Eksplanasi

 

 

Puisi

Persuasi

 

 

Eksplanasi

Fiksi/Nonfiksi

 

 

Ulasan

 

 

 

Persuasi

 

 

 

Drama

 

 

 

Fiksi/nonfiksi

 

 

            Pada praktiknya, guru fleksibel dalam penyederhanaan tersebut. Misalnya, untuk semester gasal 3 teks, semester genap 3 teks juga tak ada salahnya.


https://drive.google.com/file/d/1weryD-5zHs7ytMdW3tmXZQqU54d2QODc/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar