Sabtu, 19 September 2020

KD KELAS IX PENYEDERHANAAN


 Berdasarkan peraturan Penyesuaian Kebijakan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 tertanggal 7 Agustus 2020, untuk meringankan kesulitan pembelajaran di mas Covid-19 kurikulum darurat dan modul pembelajaran dapat digunakan. Kurikulum darurat (dalam kondisi khusus) dimaksudkan  untuk mengurangi beban guru dalam melaksanakan kurikulum nasional dan siswa dalam keterkaitannya dengan penentuan kenaikan kelas dan kelulusan.

Kurikulum darurat merupakan penyederhanaan kompetensi dasar untuk setiap mata pelajaran sehingga berfokus pada kompetensi esensial dan kompetensi prasyarat untuk kelanjutan pembelajaran di tingkat selanjutnya. Pelaksanaan kurikulum berlaku sampai akhir tahun ajaran (tetap berlaku walaupun kondisi khusus sudah berakhir).

Pelaksanaan kurikulum darurat ini sifatnya fleksibel. Satuan pendidikan dapat memilih dari 3 opsi pelaksanaan kurikulum:

1.     Tetap menggunakan kurikulum nasional 2013;

2.     Menggunakan kurikulum darurat; atau

3.     Melakukan penyederhanaan kurikulum secara mandiri.

Yuk, coba bandingkan KD BI Kurnas Vs Penyederhanaan Kelas IX

 

Tabel Perbandingan KD Kurnas dan Penyederhanaan Kurikulum Kelas IX

 

No

Aspek

Kurikulum 20013 (Kurnas)

Penyederhaan Kurikulum

1

Dasar

Permen 37 Th 2018

SK Balitbang No 018 Tahun 2020

2

Tanggal Penetapan

14 Desember 2018

 

5 Agustus 2020

 

3

Penanda tangan

MUHADJIR EFFENDY

TOTOK SUPRAYITNO

4

KD

3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan

3.1 Menelaah struktur dan ciri

kebahasaan pidato persuasif

 

 

3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks laporan percobaan

3.2 Menelaah struktur dan aspek

kebahasaan cerita pendek

 

 

3.3 Mengidentifikasi gagasan atau pesan dalam pidato persuasif

3.3 Mengidentifikasi informasi dari teks tanggapan

 

 

3.4 Menelaah struktur dan ciri

kebahasaan pidato persuasif

3.4 Menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks cerita inspiratif

 

 

3.5 Mengidentifikasi unsur

pembangun karya sastra  teks cerpen

 

 

 

3.6 Menelaah struktur dan aspek

kebahasaan cerita pendek

 

 

 

3.7 Mengidentifikasi informasi

 dari teks tanggapan

 

 

 

3.8 Menelaah struktur dan

kebahasaan dari teks tanggapan

 

 

 

3.9 Mengidentifikasi informasi teks

diskusi

 

 

 

3.10 Menelaah pendapat dan argumen teks diskusi

 

 

 

3.11 Mengidentifikasi isi teks cerita

inspiratif

 

 

 

3.12 Menelaah struktur, kebahasaan,

dan isi teks cerita inspiratif

 

 

 

3.13 Menggali informasi unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi

 

 

 

3.14 Menelaah hubungan antara unsur-unsur buku fiksi

 

 

 

3.15 Menemukan unsur-unsur dari

buku fiksi

 

 

 

3.16 Menelaah hubungan unsur-unsur alam buku fiksi

 

 

Untuk mengetahui penyederhanaan KD kelas IX bisa dilihat dari tautan berikut.

https://drive.google.com/file/d/1EAWDzqaDTuFEBK-o8-1PnUNXvqOYdst8/view?usp=sharing


4 komentar: