Berdasarkan peraturan Penyesuaian Kebijakan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 tertanggal 7 Agustus 2020, untuk meringankan kesulitan pembelajaran di mas Covid-19 kurikulum darurat dan modul pembelajaran dapat digunakan. Kurikulum darurat (dalam kondisi khusus) dimaksudkan untuk mengurangi beban guru dalam melaksanakan kurikulum nasional dan siswa dalam keterkaitannya dengan penentuan kenaikan kelas dan kelulusan.
Kurikulum darurat
merupakan penyederhanaan kompetensi
dasar untuk setiap mata pelajaran sehingga berfokus pada kompetensi esensial dan kompetensi prasyarat untuk kelanjutan pembelajaran di tingkat selanjutnya. Pelaksanaan kurikulum berlaku sampai akhir tahun ajaran (tetap berlaku
walaupun kondisi khusus sudah berakhir).
Pelaksanaan kurikulum
darurat ini sifatnya fleksibel. Satuan pendidikan dapat memilih dari 3 opsi
pelaksanaan kurikulum:
1. Tetap menggunakan kurikulum nasional 2013;
2. Menggunakan kurikulum darurat; atau
3. Melakukan penyederhanaan kurikulum secara
mandiri.
Yuk, coba bandingkan KD BI
Kurnas Vs Penyederhanaan Kelas IX
Tabel Perbandingan KD
Kurnas dan Penyederhanaan Kurikulum Kelas IX
No |
Aspek |
Kurikulum
20013 (Kurnas) |
Penyederhaan
Kurikulum |
1 |
Dasar |
Permen 37 Th 2018 |
SK Balitbang No 018 Tahun 2020 |
2 |
Tanggal Penetapan |
14 Desember 2018
|
5 Agustus 2020
|
3 |
Penanda
tangan |
MUHADJIR
EFFENDY |
TOTOK
SUPRAYITNO |
4 |
KD |
3.1
Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan |
3.1
Menelaah struktur dan ciri kebahasaan
pidato persuasif |
|
|
3.2
Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks laporan percobaan |
3.2 Menelaah struktur dan aspek kebahasaan cerita pendek |
|
|
3.3
Mengidentifikasi gagasan atau pesan dalam pidato persuasif |
3.3
Mengidentifikasi informasi dari teks tanggapan |
|
|
3.4
Menelaah struktur dan ciri kebahasaan
pidato persuasif |
3.4
Menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks cerita inspiratif |
|
|
3.5
Mengidentifikasi unsur pembangun
karya sastra teks cerpen |
|
|
|
3.6
Menelaah struktur dan aspek kebahasaan
cerita pendek |
|
|
|
3.7
Mengidentifikasi informasi dari teks tanggapan |
|
|
|
3.8
Menelaah struktur dan kebahasaan
dari teks tanggapan |
|
|
|
3.9
Mengidentifikasi informasi teks diskusi |
|
|
|
3.10
Menelaah pendapat dan argumen teks diskusi |
|
|
|
3.11
Mengidentifikasi isi teks cerita inspiratif |
|
|
|
3.12
Menelaah struktur, kebahasaan, dan
isi teks cerita inspiratif |
|
|
|
3.13
Menggali informasi unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi |
|
|
|
3.14
Menelaah hubungan antara unsur-unsur buku fiksi |
|
|
|
3.15
Menemukan unsur-unsur dari buku
fiksi |
|
|
|
3.16
Menelaah hubungan unsur-unsur alam buku fiksi |
|
Untuk mengetahui penyederhanaan KD kelas IX bisa
dilihat dari tautan berikut.
https://drive.google.com/file/d/1EAWDzqaDTuFEBK-o8-1PnUNXvqOYdst8/view?usp=sharing
Twrima kasih infonya bunda. Jdi tahu ttg penyerhanaan kurikulum
BalasHapusTerima kasih ke,bali Omjay
HapusSegaarnya
BalasHapusWowww, kok segar?
BalasHapus