Rabu, 02 September 2020

PENILAIAN TENGAH SEMESTER BAHASA INDONESIA KELAS IX


Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Pengumpulan informasi tersebut ditempuh melalui berbagai teknik penilaian, menggunakan berbagai instrumen, dan berasal dari berbagai sumber. Penilaian harus dilakukan secara efektif. Oleh karena itu, meskipun informasi dikumpulkan sebanyak-banyaknya dengan berbagai upaya, kumpulan informasi tersebut tidak hanya lengkap dalam memberikan gambaran, tetapi juga harus akurat untuk menghasilkan keputusan.
Penilaian Tengah Semester (PTS) adalah penilaian yang dilaksanakan pada minggu ke-8 atau ke-9 dalam satu semester. Adapun materi PTS meliputi semua KD yang sudah dipelajari sampai dengan minggu ke-7 atau ke-8.
Berhubung semester ini telah hampir memasuki pekan kedelapan tahun pelajaran 2020/2021, berarti para guru telah harus mempersiapkan soal beserta perangkat PTS. Sebaiknya soal dilengkapi dengan kisi-kisi, master soal, kunci jawaban dan norma penilaian. Kisi-kisi digunakan untuk memetakan saol yang ditulis oleh guru. Kunci dan norma penilaian pun amat diperlukan dalam pembuatan soal tersebut.
Soal PTS ini terdiri dari lima uluh nomor soal. Terdapat 30 soal ilihan ganda, 10 soal menjodohkan, dan 10 soal benar-salah. Mengapa memilih bentuk soal tersbut? Ada maksud tertentu di balik itu semua. Untuk memudahkan sang google form lakukan otokoreksi. Agak ribet di awal pembuatan, akan tetapi enak berikutnya. Ibarat peribahasa, “Berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian.”


http://gg.gg/PTSBIkelas9

16 komentar: