Senin, 20 Juli 2020

LATIHAN SOAL TEKS BERITA (20 SOAL PG)


Apakah Bapak Ibu termasuk guru yang hingga saat ini belum sempat menyiapkan latihan soal untuk latihan pendalaman materi Bahasa Indonesia kelas VIII? Materi pertama adalah teks berita. Barangkali ini sebagai salah satu solusi.
            Latihan soal ini disertai kunci jawaban. Untuk itu, mohon jangan disebarkan kepada siswa sebelum mereka mengerjakan latihan.



LATIHAN SOAL TEKS BERITA (20 SOAL PG)

1.     Ciri teks berita adalah komunikatif, artinya . . . .
menggunakan bahasa gaul
menggunakan bahasa sehari-hari
menggunakan pilihan kata yang mudah dipahami  *
menggunakan bahasa percakapan

2.     Berita yang ditulis secara lugas, ringkas, aktual, dan menarik disebut . . . .
berita langsung  *
berita mendalam
berita interpretasi
berita opini

3.     Bacalah berita berikut!
SMA 2 Klungkung Wakili PKTP Tingkat Provinsi
     Beritadewata.com, Klungkung–Penderita Kanker di Indonesia sangat tinggi, terbukti menurut catatan WHO pada tahun 2030 akan terjadi lonjakan penderita kanker di Indonesia sampai tujuh kali lipat. Jumlah penderita kanker yang meninggal juga semakin memprihatinkan. Tingginya kasus kanker serviks di Indonesia membuat Indonesia sebagai negara dengan jumlah penderita kanker serviks terbanyak di dunia.
     Bertempat di SMA N 2 Semarapura, Bupati Klungkung, Nyoman Suwirta, menerima Tim Penilai Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) tingkat Provinsi Bali Rabu, 2 November 2016. Dalam acara penilaian tersebut hadir Wakil Bupati Klungkung, Made Kasta, serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), dan SKPD terkait.
     Dalam sambutannya Bupati Klungkung mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Klungkung telah berupaya melaksanakan berbagai kegiatan penanggulangan kanker yang disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan daerah. Kegiatan penanggulangan tersebut dikoordinasi serta melibatkan berbagai instansi terkait. Dalam kegiatan ini YKI Kabupaten Klungkung selain bekerja sama dengan instansi terkait juga melibatkan langsung Forum Guru Pembina PKTP.
Disadur dari: http://beritadewata.com, diunduh 18 November 2016
Unsur where dalam teks berita tersebut adalah di ....
kantor Provinsi Bali
SMA N 2 Semarapura  *
kantor Kabupaten Klungkung
beberapa kantor instansi terkait


4. Bacalah berita berikut!
1) Hantam Papua Nugini, 15 Orang Meninggal
     2) Sebagian besar wilayah tengah Papua Nugini lumpuh akibat hantaman gempa bumi berkekuatan 7,5 skala Richter yang terjadi pada Senin, 26 Februari 2018, menjelang tengah malam. Dilaporkan setidaknya 15 orang meninggal dan ratusan rumah rusak dalam bencana gempa tersebut. Gempa susulan dikabarkan terjadi sebanyak tiga kali hingga Selasa, 27 Februari 2018.
     3) Dilansir dari BBC, Rabu, 28 Februari 2018, Gubernur Southern Highlands, William Powi, mengatakan kepada kantor berita Associated Press bahwa gempa bumi menyebabkan jalur komunikasi tersendat. Akibatnya, menyulitkan proses evakuasi serta penyaluran bantuan. Menurut Powi, dampak bencana gempa juga terasa hingga Kota Mendi, ibu kota Provinsi Southern Highlands. Di sana, empat orang dilaporkan tewas tertimpa reruntuhan bangunan pascagempa. Selain itu, tiga orang lainnya dikabarkan tewas terseret tanah longsor di pinggiran Kota Mendi.
     4) Lebih dari itu, gempa bumi juga menyebabkan delapan orang tewas dan puluhan luka serius di berbagai lokasi di wilayah tengah dan barat daya Papua Nugini. Sementara itu, tiga tambang minyak dan gas bumi di sekitar lokasi kejadian terpaksa ditutup karena menghindari risiko kebocoran yang dapat memicu ledakan.
     5) US Geological Survey mengatakan, puluhan gempa susulan masih mengguncang daerah tersebut, termasuk sebuah gempa berkekuatan 5,7 SR pada Selasa sore. Rentetan gempa terkait dilaporkan merusak infrastruktur pertambangan milik Exxon Mobil senilai  US$ 19 miliar. Exxon Mobil mengatakan, jalur komunikasi dengan masyarakat masih terputus sehingga menghambat upaya untuk mencatat kerusakan fasilitas.
Disadur dari: http://global.liputan6.com, diunduh 28 Februari 2018
Unsur what dalam teks berita tersebut ditunjukkan oleh kalimat . . .
Gempa susulan dikabarkan terjadi sebanyak tiga kali hingga Selasa, 27 Februari 2018.
Sebagian besar wilayah tengah Papua Nugini lumpuh akibat hantaman gempa bumi berkekuatan 7,5 skala Richter.   *
Gubernur Southern Highlands, William Powi, mengatakan kepada kantor berita Associated Press bahwa gempa bumi menyebabkan jalur komunikasi tersendat.
Sementara itu, tiga tambang minyak dan gas bumi di sekitar lokasi kejadian terpaksa ditutup karena menghindari risiko kebocoran yang dapat memicu ledakan.



5. Bacalah berita berikut!
Longsor Karangpandan dan Dua Korban Belum Ditemukan
      KARANGANYAR–Tim SAR dibantu ratusan warga dan relawan masih melakukan pencarian dua korban longsor di Bukit Segading, Dusun Tegalsari, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar. Pencarian dilakukan menggunakan peralatan manual mengingat lokasi longsor sulit dijangkau alat berat.
    Berdasarkan pantauan koran Sindo pencarian dibagi menjadi beberapa sektor. Cara itu dilakukan mengingat longsor yang terjadi areanya cukup luas hingga beberapa ratus meter. Dengan pembagian tersebut relawan tidak berkonsentrasi dalam satu lokasi saja. Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Karanganyar, Nugroho, mengatakan bahwa pencarian pada Rabu pagi (30/11/2016) dimulai sekira pukul 07.00 WIB.
Disadur dari: http://daerah.sindonews.com, diunduh 1 Desember 2016
Unsur when dalam teks berita tersebut adalah . . . .
Rabu pagi *
Tim SAR
Bukit Segading
tanah longsor
6. Bacalah berita berikut!
Area Pencarian Korban Longsor  di Brebes Diperluas
     1) Brebes–Pencarian korban longsor di Desa Pasirpanjang, Salem, Brebes, akan diperluas. Sebagian korban diperkirakan telah terhanyut di aliran sungai. Dengan demikian, pencarian tidak hanya dilakukan di lokasi kejadian longsor.
     2) Kepala Basarnas Jawa Tengah, Noer Isrodin, menerangkan area pencarian hari ini dibagi menjadi tiga sektor. Selain itu, pencarian ditambah pemantauan dijembatan Kopeng yang dipenuhi timbunan kayu. ” Sesuai rencana operasi semalam, akan ada pemantauan di jembatan Kopeng yang banyak timbunan material. Ada dugaan korban tersangkut di situ,” ujarnya, Minggu, 25 Februari 2018.
     3) Hasil pencarian terhadap korban pada hari ini masih seperti hari sebelumnya. Tim evakuasi belum berhasil menemukan lagi korban yang hilang.
     4) Sementara itu, Dandim 0713 Brebes, Letkol Ahmad Hadi Hariono, berharap warga sekitar lokasi ikut dilibatkan dalam proses pencarian. Menurutnya, banyak kegiatan yang bisa dilakukan warga untuk membantu proses pencarian daripada hanya datang berkumpul dan menonton saja.
Dikutip dari: https://news.detik.com, diunduh 28 Februari 2018
Unsur when dalam teks berita tersebut adalah . . . .
hari Minggu  *
korban longsor
Kepala Basarnas
jembatan Kopeng

7. Bacalah berita berikut!
1) Melihat Kepingan Sejarah di Museum Gedung Sate
     2)  BANDUNG–Riuh suara puluhan pelajar taman kanak-kanak memecah keheningan di taman belakang kompleks perkantoran pegawai Pemprov Jabar di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kamis (18/10/2018) pagi.
     3)  Museum Gedung Sate memang tidak pernah sepi pengunjung sejak dibuka pada bulan Desember tahun lalu. Pagi itu sekitar delapan para petugas museum tampak sibuk mendampingi para pengunjung. Bahkan, salah seorang pemandu museum sibuk bercakap dengan turis asal Bangkok, Thailand. Museum Gedung sate dibangun di pengujung masa jabatan gubernur Ahmad heryawan (Aher). Museum itu dibuat untuk membasahi dahaga akan sejarah gedung paling ikonik di Jabar. Sebelum museum berdiri, akses warga untuk melihat lebih dekat Gedung Sate sangat terbatas. Museum Gedung Sate memang tak terlalu luas. Namun, pengunjung akan terkejut melihat beragam penerapan teknologi di dalam museum tersebut.
     4)  Museum itu memang didesain futuristis untuk memikat pengunjung. Dari mulai pencitraan tiga dimensi, hingga augmented reality disajikan untuk mengupas sejarah gedung yang dulu bernama Gouvernement Bedrijven ini. Sebelum masuk, pengunjung dapat melakukan pemesanan langsung atau via website terlebih dahulu. Dengan biaya sebesar Rp5.000,00 pengunjung akan mendapat gelang sebagai tiket masuk.
Disadur dari: https://regional.kompas.com, diunduh 19 Oktober 2018
Pokok berita yang sesuai kutipan berita tersebut adalah . . .
Puluhan pelajar taman kanak-kanak mengunjungi museum Gedung Sate karena ingin mengetahui sejarah gedung tersebut.
Riuh suara puluhan pelajar taman kanak-kanak memecah keheningan di kompleks perkantoran pegawai Pemprov Jabar di Gedung Sate pada  Kamis, 18 Oktober 2018.  *
Puluhan pelajar taman kanak-kanak memecah keheningan di taman belakang kompleks perkantoran pegawai Pemprov Jabar di Gedung Sate.
Puluhan pelajar taman kanak-kanak melihat beragam penerapan teknologi di dalam museum Gedung Sate.

8. Bacalah berita berikut!
1) Dua Siswi Klungkung Kembali Boyong Medali  di Tingkat Nasional
     2) Beritadewata.com, Klungkung–Siswa-siswi di Kabupaten Klungkung terus mengukir prestasi, baik di bidang akademik maupun nonakademik. Prestasi ini terungkap setelah dua orang siswa berada di ruangan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klungkung, I Nyoman Mudartha. Mereka melakukan audiensi dengan Bupati Klungkung, Nyoman Suwirta, di ruang kerja Bupati Klungkung guna menyampaikan laporan hasil setelah mengikuti lomba di tingkat nasional.
     3) Kadis Dikpora Kabupaten Klungkung, I Nyoman Mudartha, saat mendampingi kedua siswa tersebut menjelaskan, kedua siswa tersebut berhasil memboyong dua piala dalam lomba ”Apresiasi Sastra Siswa Sekolah Dasar Tahun 2016” yang diselenggarakan oleh pusat yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Acara tersebut yang diselenggarakan di Bogor pada tanggal 8–11 November 2016.
     4) Sementara itu, Bupati Klungkung, Nyoman Suwirta, merasa bangga dengan prestasi yang diraih para siswa di Kabupaten Klungkung. Apalagi dalam lomba yang diselenggarakan oleh Pusat, Klungkung merupakan kabupaten satu-satunya dari Bali yang memperoleh juara tersebut. Lebih lanjut dikatakan kualitas pendidikan di Kabupaten Klungkung sudah baik. Hal tersebut terjadi karena semangat dan dukungan dari guru maupun akademisi yang memiliki rasa kepedulian yang tinggi terhadap sektor pendidikan.
Disadur dari: http://beritadewata.com/Jendela-Pendidikan/Ragam/ Dua-Siswi-Klungkung-kembali-Boyong-Medali-di-TingkatNasional.html, diunduh 18 November 2016
Pokok kutipan berita terdapat pada kalimat . . .
Informasi dalam berita tersebut terjadi di Kabupaten Klungkung  pada tanggal 8-11 November 2016.
Informasi dalam berita tersebut terjadi di ruang kerja Bupati Klungkung pada tanggal 8-11 November 2016.
Informasi yang disampaikan dalam berita adalah prestasi dua orang siswa dari Kabupaten Klungkung dalam lomba Apresiasi Sastra Siswa Sekolah.   *
Informasi dalam berita tersebut disampaikan oleh Bupati Klungkung, Nyoman Suwirta.
 
9. Bacalah berita berikut!
Pengidola Liliyana Natsir ke Semifinal Sirnas–Milo Manado
     Viva.co.id–Sirnas–MILO School Competition Manado telah memasuki babak semifinal di kategori beregu. Salah satu yang lolos yakni pengidola Liliyana Natsir.
     Pasangan Tasya Kalalo, siswa kelas IX, dan Juliani Maringka, siswa kelas VIII, dari SMP N 2 Airmadidi berhasil membawa sekolahnya lolos ke babak semifinal. Mereka lolos setelah mengalahkan Windy Ginoga dan Annisa Mokobela dari SMP N 4 Kota Kotamobagu. Mereka membuat straight set 21–13 dan 21–18 sehingga skor menjadi 2–1 pada pertandingan partai ganda kategori beregu SMP SIRNAS-MILO School Competition Manado.
     Pasangan Tasya Juliani yang juga mengidolakan Liliyana Natsir mengatakan, ”Pertandingan hari ini cukup menegangkan karena harus bertanding melawan SMP N 4 Kota Kotamobagu yang sering menang dalam pertandingan bulu tangkis. Namun, dengan semangat dan tekad yang kuat untuk menang, saya dan Tasya bisa bermain dengan maksimal dan berhasil lolos ke babak semifinal. Semoga kemenangan hari ini bisa menjadi penyemangat bagi kami agar bermain dengan baik hingga babak final pada 12 November 2016 dan berhasil meraih gelar juara,” ucapnya di GOR Arie Lasut, Manado.
Disadur dari: http://sport.viva.co.id, diunduh 21 November 2016
Unsur how dalam teks berita tersebut terdapat pada pernyataan  . . .
Pasangan Tasya Kalalo, siswa kelas IX, dan Juliani Maringka, siswa kelas VIII, dari SMP N 2 Airmadidi berhasil membawa sekolahnya lolos ke babak semifinal.
Babak final MILO School Competition Manado diselenggarakan di GOR Arie Lasut, Manado.
Babak final MILO School Competition Manado telah memasuki babak semifinal di kategori beregu dan salah satu pasangan yang lolos yakni pengidola Liliyana Natsir.
Pasangan Tasya dan Juliani lolos setelah mengalahkan Windy Ginoga dan Annisa Mokobela dengan straight set 21–13 dan 21–18 sehingga skor menjadi 2–1.   *


10. Bacalah berita berikut!
Stok Makanan untuk Pengungsi di Donggala Mulai Menipis
     1) PALU–Sekitar 400 orang pengungsi terancam kelaparan di perbatasan Desa Kamonji dan Rano, Kecamatan Balaesang Tanjung, Kabupaten Donggala. Mereka menempati tenda-tenda darurat yang dibuat secara swadaya oleh masyarakat di kebun-kebun warga sejak terjadinya gempa bumi bermagnitudo 7,4 yang diikuti tsunami.
     2) Syarifuddin mengatakan bantuan dari pemerintah yang diterima setiap kepala keluarga adalah 3 liter beras, 0,5 kilogram gula pasir, dan 10 bungkus mi instan. Persediaan beras dan bantuan yang didapat sudah menipis, bahkan ada yang sudah habis. Para pengungsi khawatir kondisi anak-anak dan bayi serta orang tua. Mereka harus hidup di luar rumah dalam kondisi udara terbuka selama berhari-hari.
     3) Penerangan listrik sudah mulai masuk hari Rabu (17/10/2018). Sebelumnya ratusan pengungsi ini hanya menggunakan lampu minyak atau lilin seadanya. Para pengungsi ini tidak hanya warga Desa Kamonji, tetapi juga dari desa tetangga, Malei.  Mereka membangun tenda dan barak sementara. Rumah-rumah warga mengalami retak-retak, bahkan ada yang rusak parah. 
     4) Masalah lain yang dihadapi adalah makanan bayi dan anak-anak yang berada di pengungsian. Mereka tidak mendapat asupan yang dibutuhkan karena kondisi yang sangat terbatas.  Untuk mengatasi masalah kurangnya bahan pangan ini, mereka berusaha ke Kota Palu untuk menghubungi posko-posko yang menyalurkan bantuan.
Disadur dari: https://regional.kompas.com, diunduh 19 Oktober 2018
Unsur how dalam teks berita tersebut terdapat pada pernyataan . . .
Setiap kepala keluarga menerima bantuan dari Pemerintah berupa 3 liter beras, 0,5 kilogram gula pasir, dan 10 bungkus mi instan.
Pengungsi berusaha ke Kota Palu untuk menghubungi posko-posko yang menyalurkan bantuan bahan pangan.   *
Para pengungsi yang mendapat penerangan listrik tidak hanya warga Desa Kamonji, tetapi juga dari desa tetangga, Malei.
Masalah lain yang dihadapi pengungsi adalah makanan bayi dan anak-anak yang berada di pengungsian.

11. Perhatikan ciri-ciri berita berikut!

1)  Faktual
2)  Sugestif
3)  Aktual
4)  Memiliki judul
5)  Tidak memihak
6)  Bahasa gaul
Ciri teks berita yang benar ditunjukkan oleh nomor....
1)–2)–3)
1)–3)–5)  *
1)–4)–5)
1)–4)–6)

12. Berita yang ditulis berdasarkan penelitian atau penyelidikan dari berbagai sumber disebut . . . .
berita langsung
berita mendalam
berita penyelidikan  *
berita interpretasi

13. Bacalah berita berikut!
     1) Gerakan 4J di SMP N 1 Lampihong, Aksinya Membanggakan
     2) Banjarmasinpost.co.id, Paringin–Untuk terus menjaga dan meningkatkan kebersihan sekolah, SMP N 1 Lampihong terus menggalakkan Program 4J. Program tersebut sudah dicanangkan beberapa waktu yang lalu di sekolah yang terletak di Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan ini.
     3) Program 4J ini merupakan akronim dari Jumat sehat, Jumat bersih, Jumat taqwa, dan Jumat pintar. Salah satu bagian dari program 4J ini adalah gerakan Jumat bersih.
     4) Hairuddin selaku Kepala SMP N 1 Lampihong menyatakan, gerakan ini merupakan salah satu wahana untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman siswa terhadap kebersihan dan kepedulian terhadap lingkungan.
     5) ”Dari kegiatan Jumat bersih ini juga banyak nilai dan karakter positif yang bisa dikembangkan, di antaranya kerja sama, gotong royong, dan peduli lingkungan. Lingkungan sekolah yang bersih dan sehat akan meningkatkan semangat belajar siswa,” ujarnya (10/3).
Disadur dari: http://banjarmasin.tribunnews.com, diunduh 22 Oktober 2018
Unsur  di mana (Where) dalam teks berita tersebut terdapat pada bagian berangka . . . .
1)
2)  *
3)
4)

14. Bacalah berita berikut!
      1) Membanggakan, Kevin/Markus Juarai Denmark Open
      2) Warta Ekonomi.co.id, Jakarta–Pebulu tangkis ganda putera Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/ Marcus Fernaldi Gideon sukses merebut gelar juara Denmark Terbuka pada 2018. ”Duo Minion”, julukan kedua pasangan itu, menang atas pasangan Jepang Takeshi Kamura/Keigo Sonoda dalam dua gim langsung 21–15 dan 21–16. Pertandingan berlangsung selama 36 menit permainan. Pertandingan final tersebut berlangsung di Odense, Denmark, Minggu waktu setempat.
      3) Pertemuan pada laga final dengan Kamura/ Sonoda di Denmark menjadi pertemuan kesepuluh bagi kedua pasangan itu. Kevin/Marcus unggul 6–4 dalam total pertemuan mereka atas Kamura/Sonoda.
     4) ”Kami senang sekali karena pada tahun lalu kami tidak dapat meraih gelar juara. Kami datang lagi pada tahun ini dan bisa juara. Kami puas pada turnamen ini, tetapi kami masih akan mengikuti turnamen lagi pada pekan depan,” kata Marcus seperti tercantum dalam situs resmi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI).
Disadur dari: https://www.wartaekonomi.co.id, diunduh 22 Oktober 2018
Unsur who pada berita tersebut ditunjukkan pada bagian berangka . . . .
1)
2)  *
3)
4)

15. Bacalah berita berikut!
1) Babinsa Ujung Lare Motivasi Siswa untuk Jaga Kebersihan Lingkungan
     2) Parepare,KoranMakassarnews.com–Babinsa Ujung Lare, Serka Zetlinggar, bersama para siswa Pondok Pesantren Lilbanat Parepare melaksanakan Jumat bersih. Kegiatan ini bertempat di Pondok Pesantren Lilbanat Parepare, Jalan Abubakar Lambogo, Ujung Lare, Sreang, Kota Parepare, Jumat (19/01/2018).
     3) Kegiatan Jumat bersih ini memberikan pemahaman kepada para siswa Pondok Pesantren tentang pentingnya keperdulian terhadap kebersihan lingkungan. Kegiatan bertujuan mencegah penyakit dan pelaksanaan semboyan mereka ”Kebersihan adalah sebagian dari iman”.
     4) Pelaksanaannya pembersihan Areal Asrama Pondok Pesantren yang dihadiri guru pengajar di pondok pesantren diikuti para siswa pondok pesantren.
Disadur dari: https://koranmakassarnews.com, diunduh 22 Oktober 2018
Unsur why terdapat pada pernyataan . . .
Pelaksanaan Jumat bersih diikuti semua guru dan siswa pondok pesantren.
Kegiatan Jumat bersih mencegah penyakit dan pelaksanaan semboyan sekolah.
Kegiatan Jumat bersih bertempat di Pondok  Pesantren Lilbanat Parepare,  Ujung Lare. * 
Babinsa Ujung Lare, Serka Zetlinggar, bersama para siswa Pondok Pesantren Lilbanat Parepare melaksanakan Jumat Bersih.


16. Bacalah berita berikut!
Tahun Ini 20 Mahasiswa Indonesia Dapat Beasiswa ke Swedia
     Beritadewata.com, Denpasar–Public Relation Embassy Of Sweden, Amreta Sidik, mengatakan setiap tahun Pemerintah Swedia memberikan beasiswa sebanyak 275 beasiswa untuk seluruh dunia termasuk Indonesia. Tahun ini Indonesia masuk dalam delapan negara prioritas untuk mendapatkan beasiswa.
    ”Seratus beasiswa yang dialokasikan untuk delapan negara prioritas termasuk Indonesia. Peluang mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan S2 ke Swedia sangat terbuka. Tahun ini sebanyak dua puluh mahasiswa Indonesia mendapatkan beasiswa ke Swedia,” ujar Amreta saat melakukan Kampus Tour di Universitas Udayana, Kamis (10/11/2016).
     Dijelaskan Amreta bahwa untuk menyosialisasikan beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Swedia ini, pihaknya melakukan Pameran Perguruan Tinggi Eropa. Pameran tahun ini diselenggarakan di Yogyakarta, Jakarta, dan Surabaya. Pameran tersebut diikuti oleh dua belas universitas terkemuka di Swedia. Selain melakukan pameran, mereka melakukan Kampus Tour di berbagai kota, seperti Surabaya di kampus Erlangga, Yogyakarta di Universitas Gadjah Mada, Bandung di Institut Teknologi Bandung, dan Bali di Universitas Udayana, yang diikuti sembilan kampus ternama di Swedia.
     ”Kegiatan ini bertujuan memperkenalkan Pendidikan Tinggi yang ada di Swedia, cara bersekolah di Swedia, kampus-kampus unggulan yang ada di Swedia, dan sekaligus mempromosikan beasiswa yang diberikan Pemerintah Swedia,” jelasnya.
Disadur dari:  http://beritadewata.com, diunduh 18 November 2016
Unsur why dalam teks berita tersebut terdapat pada pernyataan . . .
Peluang mahasiswa Indonesia untuk belajar S2 ke Swedia sangat terbuka dan tahun ini sebanyak dua puluh mahasiswa Indonesia mendapatkan beasiswa.
Amreta dan pihaknya melakukan Pameran Perguruan Tinggi Eropa untuk menyosialisasikan beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Swedia.
Pameran tersebut bertujuan untuk memperkenalkan Pendidikan Tinggi di Swedia dan kampus-kampus unggulan yang ada di Swedia.  *
Public Relation Embassy Of Sweden, Amreta Sidik, melakukan Kampus Tour di Universitas Udayana pada Kamis, 10 November 2016.

17. Bacalah berita berikut!
1) Dua Tamu Asing Kagumi Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Karanggeneng
     2)  IMESINDONESIA, LAMONGAN–Siswa-siswa SMP Negeri 1 Karanggeneng, Lamongan, kembali kedatangan tamu istimewa tepat pada hari Pahlawan, 10 November 2016 kemarin. Tamu istimewa tersebut yaitu  Jean Claude dari Belgia dan Sarawith dari Thailand. Kedua tamu istimewa tersebut bermaksud untuk memberi motivasi kepada siswa dalam belajar bahasa Inggris.
     3)  Kedatangan kedua tamu ini pun disambut dengan hangat dan ramah oleh siswa-siswa SMP Negeri 1 Karanggeneng. Keduanya lantas mengunjungi kelas VIIa, VIIb, dan VIIIb. Siswa-siswa di ketiga kelas tersebut memiliki kemampuan berkomunikasi cukup bagus dalam bahasa Inggris. Kemampuan tersebut terbukti saat di dalam kelas ada beberapa siswa yang mengajukan beberapa pertanyaan kepada kedua tamu tersebut. Saat berkumpul di lapangan, keduanya disambut dengan pembacaan puisi berbahasa Inggris dan nyanyian bersama dalam bahasa Inggris. Selanjutnya, kedua tamu tersebut didampingi Piyanto, guru Bahasa Inggris, untuk mengunjungi kelas unggulan lainnya.
     4) Sementara itu, Piyanto menyampaikan rasa bangganya kepada kedua tamu yang telah memberi motivasi. Mereka telah memotivasi siswa-siswa untuk belajar bahasa Inggris. Apalagi, mereka telah mengajari para siswa untuk mengucapkan rasa terima kasih dalam beberapa bahasa, seperti bahasa Belanda, Jerman, Prancis, dan Thailand.
Disadur dari: http://http://www.timesindonesia.co.id, diunduh 27 Januari 2017
Pokok berita yang sesuai kutipan berita tersebut adalah ...
Siswa-siswa SMP Negeri 1 Karanggeneng, Lamongan, kedatangan dua tamu asing untuk menonton  pertunjukan seni.
Siswa-siswa SMP Negeri 1 Karanggeneng, Lamongan, kedatangan tamu istimewa tepat pada hari Pahlawan, 10 November 2016.  *
Siswa-siswa SMP Negeri 1 Karanggeneng, Lamongan, mengadakan perlombaan bahasa Inggris pada hari Pahlawan, 10 November 2016.
Siswa-siswa SMP Negeri 1 Karanggeneng, Lamongan, membutuhkan motivasi dalam mempelajari bahasa asing, khususnya bahasa Inggris.

18. Bacalah berita berikut!
Indonesia Lolos Satu Wakil di Final Kejuaraan Dunia Junior
     1) Bilbao-Indonesia akhirnya berhasil meloloskan satu wakil ke final Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior 2016. Chico Aura Dwi Wardoyo melaju ke final usai menyingkirkan Lee Zii Jia yang merupakan unggulan dua asal Malaysia. Chico menang 21–18 dan 21–18 di laga semifinal pada Sabtu (12/11) sore waktu setempat.
   2) Di final yang akan digelar besok (13/11) Chico sudah dinanti oleh Sun Feixiang asal Tiongkok. Unggulan lima ini sanggup menumbangkan Kantaphon Wangcharoen dari Thailand dengan 21–9 dan 21–13.
     3) ”Untuk lawan Sun saya juga pasti nanti akan kembali bersiap, belajar cara dia bermain dan yang pasti akan banyak sharing juga sama A. Deni (panggilan pelatih tunggal putra, Deni Danuaji–red),” tambahnya.
     4) Menjadi satu-satunya wakil yang lolos ke final mewakili Indonesia, Chico mengaku bangga. Chico mengaku senang bisa ke final. Dia berusaha fokus di setiap pertandingannya. Terakhir, Chico meminta doa kepada seluruh masyarakat Indonesia agar dapat menjadi juara.
Disadur dari: http://bola.liputan6.com, diunduh 16 Januari 2017
Pokok kutipan berita terdapat pada kalimat . . .
Informasi dalam berita tersebut terjadi di Malaysia pada tanggal 12 November 2016.
Informasi yang disampaikan dalam berita adalah prestasi pebulu tangkis Tiongkok, Sun Feixiang.
Informasi dalam berita tersebut terjadi di Bilbao pada tanggal 12 November 2016.  *
Informasi dalam berita tersebut disampaikan oleh pelatih Chico Aura Dwi Wardoyo, Deni Danuaji.

19. Bacalah berita berikut!
 Semangat Belajar dan Nasionalisme Para Siswa di Perbatasan Indonesia Menakjubkan
     TRIBUNNEWS.COM, YOGYA–Sebanyak 20 orang mahasiswa asal Yogyakarta yang tergabung dalam Generasi Bakti Negeri (GBN) berangkat ke Desa Aji Kuning dan Desa Maspul, Kecamatan Sebatik Tengah, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara, pada bulan Agustus–Oktober 2015. Mereka berangkat ke daerah perbatasan tersebut untuk menjadi relawan dan mengajar siswa-siswa di sana. Kedua puluh mahasiswa tersebut masih mengenyam bangku kuliah di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Mereka mengisi waktu liburan dengan mengamalkan ilmu pengetahuan yang mereka miliki kepada para siswa yang berada di perbatasan Indonesia.
Disadur dari: http://www.tribunnews.com, diunduh 28 Januari 2017
Mengapa para mahasiswa tersebut bersedia menjadi relawan?
Para mahasiswa ingin melaksanakan tugas mata kuliah praktik mengajar.
Para mahasiswa ingin meringankan beban guru dengan membantu mengajar para siswa.
Para mahasiswa ingin mencari pengalaman mengajar di tempat tersebut.
Para mahasiswa ingin mengamalkan ilmu pengetahuan yang mereka miliki.  *

20. Bacalah berita berikut!
Longsor Karangpandan dan Dua Korban Belum Ditemukan
      KARANGANYAR–Tim SAR dibantu ratusan warga dan relawan masih melakukan pencarian dua korban longsor di Bukit Segading, Dusun Tegalsari, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar. Pencarian dilakukan menggunakan peralatan manual mengingat lokasi longsor sulit dijangkau alat berat.
    Berdasarkan pantauan koran Sindo pencarian dibagi menjadi beberapa sektor. Cara itu dilakukan mengingat longsor yang terjadi areanya cukup luas hingga beberapa ratus meter. Dengan pembagian tersebut relawan tidak berkonsentrasi dalam satu lokasi saja. Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Karanganyar, Nugroho, mengatakan bahwa pencarian pada Rabu pagi (30/11/2016) dimulai sekira pukul 07.00 WIB.
Disadur dari: http://daerah.sindonews.com, diunduh 1 Desember 2016
Bagaimana proses pencarian korban longsor di Bukit Segading?
Pencarian korban dilakukan oleh tim SAR, warga, dan relawan menggunakan peralatan manual yang dibagi menjadi beberapa sektor.  *
Para warga mencari korban longsor menggunakan peralatan manual karena lokasi longsor sulit dijangkau alat berat.
Pencarian korban dibagi menjadi beberapa sektor karena area longsor sangat luas dan dimulai pada Rabu pagi pukul 07.00 WIB.
Pencarian korban dilakukan oleh tim SAR yang dibagi menjadi beberapa sektor mengingat area longsor cukup luas.

Diambil dari




3 komentar:

  1. Baguuus...berbagi..semoga barokah

    BalasHapus
  2. Mksh mbak Isminatun yg sholehah.Sgt bermanfaat tentunya. Ditunggu yg lainnya ya... Mksh. Salam kangen ari Purbalingga

    BalasHapus