KKM yang tersaji di sini adalah KKM mapel Bahasa
Indonesia Kelas VIII Tahun Pelajaran 2020/2021. Bisa diunduh di sini.
http://gg.gg/KKM-BHS-INDO-KELAS-VIII
KKM adalah kriteria ketuntasan belajar yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mengacu pada standar kompetensi lulusan, dan setidaknya memperhatikan 3 (tiga) aspek berikut, yaitu karakteristik peserta didik (intake), karakteristik mata pelajaran (kompleksitas materi/kompetensi), dan kondisi satuan pendidikan (daya dukung) pada proses pencapaian kompetensi. Dalam menetapkan KKM, satuan pendidikan melibatkan kepala sekolah, pendidik, dan tenaga kependidikan lainnya (Kemendikbud, 2017: 15). *
KKM adalah kriteria ketuntasan belajar yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mengacu pada standar kompetensi lulusan, dan setidaknya memperhatikan 3 (tiga) aspek berikut, yaitu karakteristik peserta didik (intake), karakteristik mata pelajaran (kompleksitas materi/kompetensi), dan kondisi satuan pendidikan (daya dukung) pada proses pencapaian kompetensi. Dalam menetapkan KKM, satuan pendidikan melibatkan kepala sekolah, pendidik, dan tenaga kependidikan lainnya (Kemendikbud, 2017: 15). *
KKM menjadi konsep penting dalam kurikulum berbasis
kompetensi (KBK) yang menggunakan paradigma mastery learning (ketuntasan
belajar) sehingga penilaian hasil belajar peserta didik menggunakan penilaian
acuan kriteria (PAK). Dalam penilaian acuan kriteria, untuk menyatakan peserta
didik tuntas belajar atau belum diperlukan suatu ukuran minimal yang disebut
KKM.
Pertanyaan buat kita para guru, “Sudahkah kita
menentukan KKM untuk mengukur ketuntasan pembelajaran yang kita ampu?” Semoga
jawabnya “sudah”
* Tim Direktorat Pembinaan SMP. 2017. Panduan
Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Peneidikan Dasar dan Menengah
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.
terima kasih sharingnya Bu.. semangat menulis terus..
BalasHapusAamiin3
HapusOk sip
BalasHapusHeee333 terima kasih
BalasHapusjoos
BalasHapus