Jumat, 05 Juni 2020

MENERBITKAN BUKU DARI HASIL PTK


Resume
Materi             : Menerbitkan Buku dari Hasil PTK
Waktu             : Rabu, 3 Juni 2020
Narsum           : Ibu Hati Nurahayu

Semua guru pastinya terutama yang diwajibkan menulis biasanya bagi PNS untuk memenuhi naik pangkat.  Susah susah gampang dalam menyusun  atau menentukan latar belakang  menentukan PTK. Itu modal  atau titik awal  yang menentukan  PTK dapat dilakukan
Lalu  setelah  membuat PTK dapatkah kita  mendapatkan  nilai PAK versi lain,  ini terutama bagi PNS. S-elain artikel untuk dijurnalkan, dapat pula  kita jadikan buku. Buku ini memiliki kebermanfaatan lain juga sebagai bahan literasi bacaan pendidik lain dalam melakukan PTK-nya juga.
Banyak versi dan ciri khas setiap guru dalam menyusun PTK. saya menerima banyak naskah untuk diterbitkan dari penulis. dan tentunya saya tidak menerbitkan asal langsung  cetak hasil PTK. tetapi mengubah terlebih dahulu selayaknya buku yang lebik oke penampakannya untuk dibaca, juga menarik.
Bagaimana caranya? Ini versi saya  akan saya bagikan. Perlukah saya memberikan contoh terlebih dahulu dari PTK? Baik mohon maaf ternyata materi kita malam ini bersama-
sama dengan semua gelombang.



Menurut Bu Hati, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk membukukan laporan PTK kita. Hal tersebut antara lain:
  1. Dalam mengubah PTK  menjadi buku, penting sekali memperbanyak isi materi variabel bebasnya. Kita dapat menentukan perluasan materi tersebut berdasarkan kata kunci judul buku kita. Dengan kata lain, PTK yang diubah menjadi buku berarti lebih memperluas isi bacaannya  berdasarkan sumber yang relevan. Misalkan  judul implementasi *Media  stereofoam  pembelajaran  Organisasi kehidupan untuk meningkatkan kreativitas*, maka yang harus dikembangkan adalah  tentang Media (Pengertian, manfaat, jenis),  Pembelajaran (materi tentang  belajar mengajar),  Kreativitas (diberi pengertian dan lainnya).
  2. Hilangkan penyematan kata-kata PTK yang ada di bagian pendahuluan PTK.
  3. Pada PTK versi buku, selain diberikan penjabaran tentang materi dari judul PTK yang dibuat, juga dapat diulas mengenai materi lain, misalnya tentang pengenalan PTK (pengertian PTK, metode PTK, teknik penulisan PTK, dan lainnya).
  4. Boleh memasukkan data berupa grafik ke dalam PTK versi buku. Ini merupakan bukti bahwa PTK tersebut benar-benar telah dilaksanakan. Hanya saja cara penyajiannya dibedakan dengan PTK versi laporan. Data ini dapat dijelaskan ke dalam bagian aplikasi atau pelaksanaan di kelas.
  5. Secara kebahasaan dan penyajian, PTK versi buku haruslah berbeda dengan versi laporan. Susunan dan gaya tulisan bebas  terserah penulis, karena setiap penulis memiliki ide  dan kreativitas masing-masing  sesuai dengan pengalaman dan bahan bacaannya. Semakin literatnya penulis  maka akan semakin oke buku yang dia tulis. Hal ini karena membaca, berpikir dan menulis adalah satu rangkaian literasi yang tidak dapat dipisahkan. Selain itu, kita harus mengupayakan agar pembaca memahami isi buku kita secara lengkap, dan mengena apabila menjadi PTK kita diubah menjadi buku.
  6. Laporan PTK yang dibukukan, haruslah yang sudah dipublikasikan, minimal tingkat sekolah atau MGMP di wilayah masing-masing.
  7. PTK versi buku minimal harus 70 halaman dalam bentuk format A5.

TANYA JAWAB
Perkenalkan supyanto dari kota bekasi group 8. Mohon penjelasan bagian-bagian mana saja dari batang tubuh ptk yang dibuang, dan bagian mana pula yang perlu tambah dari PTK supaya memenuhi syarat  menjadi sebuah buku?
Terimakasih pak supyanto, salam kenal juga. Yang dibuang yang bagian misalnya
1. pendahuluan: bagian kata kata PTKnya.
2. bagian yang ditambahkan di materi kata kunci PTK kita. Misalkan  judul implementasi Media  steorofom  pembelajaran  Organisasi kehidupan untuk meningkatkan kreativitas. Kita kembangkan  tentang Media (Pengetian, manfaat, jenis),  Pembelajaran (materi tentang  belajar mengajar),  Kreativitas (diberi pengertian dan lainnya). Kita upayakan agar pembaca memahami isi buku kita secara lengkap, dan mengena apabila menjadi buku. bebas  terserah penulis, karena setiap penulis memiliki ide  dan kreativitas masing-masing yang berbeda sesuai penggalaman dan bacaannya yang dia dapat. Semakin literatnya penulis  akan semakin oke buku yang dia tulis. Karena literasi rangkaian membaca, berpikir dan menulis

Saya Noralia dari Semarang.
1.     Dari outline kedua versi buku PTK yang saya tangkap, apakah benar jika versi buku PTK itu lebih ditekankan pembahasan pada tinjauan pustaka dan hasil penelitiannya Bu?
2.     Data2 dan grafik yang didapat ketika penelitian apakah ikut dimasukkan ke dalam versi buku?
3.     Apakah hasil penelitian R&D bisa juga dijadikan sebuah buku ibu?
Jawab:
1.       Versi buku ke-2 itu  PTK keseluruhan kita masukkan dalam buku. Tapi diberi materi tentang PTK. Seperti yang saya contohkan. itu pernah ditulis oleh Omjay dan  saya juga.
2.       Data grafik boleh dimasukkan..itu bukti telah diterapkan atau diaplikasikan di kelas, tidak masalah bu.
3.       R&D juga bisa banget,  yang tadi dikembangkan itu bu.

Saya wiji (gelombang 8) - malang
Menarik sekali membuat PTK menjadi buku. Selama ini saya hanya berfikir hasil ptk dijadikan artikel jurnal. Pertanyaan saya, dibagian buku yang manakah hasil2 penelitian ditulis (dimunculkan)?
Bagian  yang diberikan tindakan, atau kata kunci PTK ibu.

PTK yang telah dibuat, ketika akan di buat jadi buku, apakah dilakukan daur ulang pada kalimat-kalimat yang digunakan atau hanya dipermak pada sejumlah bagian? Kira-kira caranya seperti apa mengolah kalimat PTK menjadi kalimat buku? Tks. Yulius Roma_Tana Toraja_Gel.8.
Bebas terserah penulis, pokoknya harus beda dengan PTK yang kita ajukan buat PtK.. hehe
dari susunan. Mau lengkap atau tidak lengkap, bisa ikuti cara yang saya share bentuk pdf. minimal 70 halaman kertas A5 untuk menjadi buku.

Saya edi Syahputra H dari Aceh ingin menanyakan kepada narasumber:
1. bagaimana langkah langkah mengubah laporan PTK menjadi buku
Pak Edi, file pdf sudah saya sebar tadi  Pak, boleh dibaca ya, itu versi saya, mengubah PTK menjadi buku.TRIK MENGUBAH PTK; BEST PRACTICE MJD BUKU

Saya Amat Misnadi dari Bandung. Apakah PGRI membuka kelas pelatihan PTK? Apakah PTK yang akan dibukukan harus PTK yg sudah diseminarkan? Apakah mungkin diseminarkan di forum semacam ini (daring)?
Salam kenal Pak. Saya dari Bandung, pelatihan bisa menghubungi Omjay. nanti dari IKAPI jabar  berencana mengadakan pelatihan PTK, insyaallah diinfo ya. karena kebetulan penerbit saya Anggota IKAPI. PTK  yang dibukukan minimal diseminasi di sekolahnya atau MGMP boleh lah. yang penting publikasi.  Bisa  mungkin ke @Wijaya Kusumah

Agar karya ilmiah kita memiliki manfaat yang lebih, maka dapat diubah ke dalam bentuk buku. Fungsinya agar dapat dibaca oleh para pengajar lainnya. Ini lebih baik daripada berbagi file laporan PTK kita. Ini sangat penting  dan mungkin dibutuhkan bagi pengajar untuk menambah nilai angka kredit. Selian itu, karya kita juga tidak akan lekang oleh waktu tentang kebermanfaatannya.

18 komentar:

  1. Mantap udah slesai...saya masih blum ngerjakan😁😁😁

    BalasHapus
  2. Lengkap Bu. Ayo terbitkan buku PTKnya mampir cakinin.blogapot.com

    BalasHapus
  3. Bagus... perlu dilanjut dg tulisan yg lain. "Ayo Menulis"👍👍👍

    BalasHapus
  4. Wowww keren lengkap bgt bu
    Salam kenal dr Subang

    BalasHapus