Minggu, 07 Juni 2020

MENULIS KISAH NYATA MENJADI BUKU BEST SELLER


Materi             : Menulis Kisah Nyata
Waktu             : Minggu, 7 Juni 2020 (Pukul 16.00 – 17.30)
Narsum           : Omjay (Wijaya Kusumah)




Menurut Omjay, menulis kisah nyata lebih mudah daripada cerita kayalan atau fiksi. Kisah nyata bisa merupakan perpaduan antara kisah diri sendiri, kisah orang lain, kisah keluarga maupun kisah sebuah lembaga. Omjay menuliskan kisah nyata berawal dari inspirasi sahabatnya, yakni Candra Nila Dewojati.
Masih menurut Omjay, ada 4 jurus menulis kisah nyata.
1.       Tentukan tema
Tulisan kita harus sesuai tema. Apabila tulisan kita tidak fokus, cerita inspiratif pun menjadi tidak menarik. Jika ingin hanya menuliskan tentang kisah percintaan, maka hanya itu yang perlu dieksplorasi, jangan ke mana-mana. Tema-tema pun dapat ditemukan di sekitar kita.
2.       Buat Kerangka Isi
Kerangkan ini akan membantu agar tulisan kita tidak melebar ke mana-mana.
Contoh:
o   Pembukaan menceritakan tentang diri sendiri
o   Kemudian menceritakan awal kisah
o   Konflik
o   Penyelesaian masalah
o   Hikmah yang dipetik
Hal yang perlu diperhatikan bahwa paragraf awal menentukan pembaca; isi berilah pemanis; ending harus istimewa.
Penulis tidak bisa memaksakan orang agar mau membaca tulisannya. Jangan pernah berhenti menulis apalagi sebagai pemula (Om Jay).
3.       Baca kembali
Biasakan membaca lagi tulisan Anda. Bacakan tulisan Anda ke teman. Jika teman Anda masih bingung, itu artinya hasilnya masih berantakan, tidak masuk akal. Jangan ragu untuk memperbaiki paragraf yang tidak masuk akal. Pastikan tidak menabah ide/bab baru setelah membaca lagi.
Setelah kisah dituliskan, jangan lupa baca kembali. Baca berulang-ulang agar tulisan yang dihasilkan tak ada kesalahan. Kalau perlu minta bantuan teman untuk membacanya terlebih dahulu guna mendapatkan masukan. Meminimalisasi atau usahakan tak ada kesalahan.
4.       Tentukan judul yang menarik
-       Menentukan judul itu luar biasa penting
-       Ide judul didapat dari berbagai cara, seperti: browsing, tanya teman, improvisasi
-       Saran: banyak baca kisah inspiratif atau storycake, pemilihan judul dan alurnya
-       Jika Anda memilih judul salah atau biasa-biasa saja, kisahnya bagus, tak jarang orang malas baca.
Kadang-kadang ada tulisan yang isinya menarik, tetapi judulnya kurang menarik. Untuk itu, beri judul tuisan kita dengan judul menarik. Sebab judul merupakan daya tarik tersendiri. Supaya tulisan kita menarik kita harus rajin membaca dan berlatih menulis. Kita bisa blog walking ke blog teman-teman penulis. Atau membaca buku apa saja yang diperlukan.
Omjay sendiri banyak belajar menulis dari Om Budiman Hakim, Taufik Ismail, Mario Teguh. Bahkan juga belajar dari Mas Ahmad Fuadi, penulis buku best seller Negeri 5 Menara.
Supaya sukses menghasilkan buku, Omjay menyarankan resep 2P + 267. Apa itu? 2P maksudnya pendidikan dan pengalaman. Sedangkan 267 merupakan simbol 2 (re) 6 (la) dan 7 (si). Jadi, agar kita sukses menulis buku perlu pendidikan, pengalaman, dan relasi.
Menulis buku dari kisah-kisah horor pun boleh. Menulis resep-resep masakan juga boleh. Bahkan, menurut penuturan orang yang berkecimpung di dunia penerbitan, kini dicari buku yang bersi resep masakan. Jika ingin menulis buku yang pangsa pasarnya jelas, tulislah buku pelajaran.

Itulah penuturan pengalaman penulis best seller buku “Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi, Blogger Ternama, Catatan Harian Seorang Blogger “. Menulis merupakan sebuah keterampilan yang bisa diasah dengan cara berlatih dan berlatih. Tidak perlu memikirkan bakat atau tidak. Semakin sering berlatih menulis keterampilan akan meningkat pula.



17 komentar:

  1. https://teruslahmenulis.blogspot.com/2020/06/4-jurus-menulis-kisah-nyata-ala-omjay.html?m=1

    BalasHapus
  2. Asik dapat rumus baru 2P(PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN)+2(re)6(la)7(si).Makaci om jay, semakin semangat dalam menulis. Joss

    BalasHapus
  3. Wow...penuh ilmu..dan bermanfaat sekali..bu ismi...berisi...

    BalasHapus
  4. Wow...penuh ilmu..dan bermanfaat sekali..bu ismi...berisi...

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah omjay ilmu yang sangat bermanfaat dan berguna buat semua 2p 267 luar biasa seandainya semua pendidikan bisa menguasai jurus jitu ini maka cita cita menjadi penulis sejati akan tercapai, terimakasih banyak omjay teruslah berbagi setiap waktu

    BalasHapus
  6. Trims infonya...mencerahkan

    BalasHapus