Selasa, 03 November 2020

AISEI BERSAMA MBAK LEONNY


 

Agenda bulanan AISEI, 3 November 2020 jam 19.00 sampai sekitar jam 21.00 lebih, ini sungguh menarik. Pembicara utama Mbak LEONNY ATMADJA, Host mbak Dea, founder AISEI bu Capri dan teman-teman AISEI yang berbagi. Ada Mbak Dahlia, Mbak Rita, Pak Susanto dan Mbak Diah. Bertemu dengan teman maya di seantero nusantara sungguh membawa rasa bahagia meski badan sebenarnya cukup lelah setelah seharian beraktivitas.

 

Mbak Leonny, yang telah lama tinggal di negeri seberang, si cantik yang smart, bikin berdecak kagum dech. Jika tidak ide, tulis saja sesuatu dengan dua kalimat atau 3 kalimat yang penting jangan sampai tak sma sekali. Blog juga perlu visual, sesuai tantangan AISEI yang mengusung tulisan dengan foto. Beberapa tips dari mbak Leonny sebagai berikut:

1.     Ngeblog lebih menarik disertai foto, gambar-gambar yang mendukung apa yang kita ceritakan. Biar foto lebih menarik bisa diedit dengan aplikasi apa saja yang dikuasai misal snapseed, visco, lightroom. Bila perlu beri watermark untuk menghindari copyright, perlindungan data, usahakan gambar atau foto yang jelas lebih besar misal ukuran 520 pixel.

2.     Gunakan juga embedded visual misal video sebagai pendukung agar pembaca menikmati tulisan kita dan tetap melihatnya di dalam blog kita, tanpa beralih ke aplikasi lain, atau browser lain. Aplikasi edit video misal: viva video, inshot, splice.

3.     Perhatikan estetika misal pilih templete yang membuat pembaca merasa nyaman, pembaca melihat template kita dengan background dan tulisan yang membuat mata silau coba hindari.

4.     Blog tidak sekadar cerita saja, tetapi usahakan juga ada tips-tips yang apabila pembaca merasa mengalami sesuatu yang sama dengan isi blog kita ada pengetahuan jalan keluar terbaik.

5.     Jadikan blog sebagai hal yang bisa menginspirasi orang lain.

6.     Blog mempunyai tema, apa yang kita tulis masih dalam tema yang selalu berkaitan.

7.     Jadikan blog untuk berbagi, tidak sekadar untuk uang, jika memang itu ada hitung saja sebagai bonus.

8.     Gunakan key sentence (kata kunci), sehingga pembaca sebelum membaca keseluruhan blog kita, tahu garis besar kita mau mengarah ke mana.

9.     Hati-hati dengan personal post, hati-hati untuk menampilkan foto, informasi detail dengan apa yang kita tuliskan, seharusnya kita bijak dalam menulis sehingga tidak merugikan kita sendiri di kemudian hari.

 

#Day28AISEIChallenge         #100katabercerita  

#30hariAISEIbercerita           #AISEIWritingChallenge  

#warisanAISEI                       #pendidikanbercerita

 

 


17 komentar:

  1. Kegiatan kita terdokumentasikan, ilmu pengetahuan pun bertambah. Bagus sekali.

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah, sehat bunda ismi. Terima kasih atas informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah sehat Pak Sur. Terima kasih kembali.

      Hapus
  3. Wah mantap insightnya Bu :)

    BalasHapus
  4. Mantab terima kasih Bu Is ilmunya

    BalasHapus
  5. Terimakasih Bu
    Saya yg tidak hadir tepat waktu semalam jadi tahu benang merah Materi dari narasumber cantik....

    Heheheh

    BalasHapus
  6. Mantul bu buat resume nya. bener2 hebat.

    BalasHapus
  7. berbagai bonus besar menanti di IONQQ
    ayo di tunggu apa lagi, segera bergabung bersama kami di IONQQ
    WA: +855 1537 3217

    BalasHapus