Sabtu, 28 November 2020

POIN-POIN SAMBUTAN PRESIDEN RI PADA PUNCAK HGN



Inilah beberapa poin penting sambutan Presiden RI pada acara puncak HGN 28 November 2020 yang disampaikan secara virtual.

1.     Presiden Joko Widodo mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada para guru di seluruh pelosok Tanah Air. Beliau mengatakan guru punya peran penting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

2.     Selamat Hari Guru Nasional dan HUT ke-75 PGRI. Terima kasih kepada para guru yang pantang menyerah dan terus berjuang di tengah keterbatasan.

3.     Guru-guru dipaksa beradaptasi dengan cepat, beralih menggunakan teknologi, mengubah metode belajar, bekerja sekuat tenaga agar anak-anak bisa tetap belajar dengan baik. Tetapi, tantangan akibat pandemi COVID-19 ini tidak boleh menurunkan kualitas pembelajaran.

4.     Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama. Peran orang tua sebagai pendidik utama di keluarga juga sangat penting untuk mendukung keberhasilan proses belajar anak. Menurutnya, kerja sama guru dengan orang tua harus terus ditingkatkan.

5.     Presiden menyadari banyak orang tua yang tidak sabar menunggu sekolah dibuka kembali. Tapi kita harus hati-hati karena kesehatan dan keselamatan adalah hal yang terpenting. Kesehatan dan keselamatan para guru maupun siswa peserta didik akan selalu menjadi prioritas tertinggi pemerintah.

6.     Pemerintah juga menyadari berbagai kesulitan yang dialami para guru di era pandemi ini. Untuk itu, pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk mendukung guru agar tetap dapat menjalankan pendidikan secara baik sekaligus membantu kesejahteraan para guru.

7.     Pada bulan September 2020 Presiden telah menandatangani Peraturan Presiden Nomor 98 tahun 2020 tentang Gaji dan Tunjangan P3K (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). Saya ingin guru-guru kita yang berstatus P3K memiliki gaji dan tunjangan setara dengan PNS yang lain.

8.     Pemerintah memahami akan adanya masalah ketercukupan jumlah guru yang harus segera diatasi. Saat ini keberadaan guru honorer memang sangat besar peranannya dalam membantu keberlangsungan pendidikan di Indonesia. Namun, tidak semua guru honorer dapat memenuhi syarat usia yang ditentukan undang-undang untuk menjadi PNS.

9.     Percepatan penambahan guru yang paling utama adalah melalui rekrutmen guru P3K berstatus ASN, sama seperti PNS, dengan kesejahteraan dan jenjang karier yang juga serupa seperti PNS.

10.  Tahun 2021 ini kita akan melakukan rekrutmen guru ASN dengan status P3K dalam jumlah yang besar. Peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2020 tentang Gaji dan Tunjangan P3K bahwa guru-guru yang berstatus P3K akan menerima gaji dan tunjangan setara dengan PNS lainnya.

 

 #Day24NovAISEIWritingChallenge

 

6 komentar:

  1. Sip..semangat dalam mengajar bp dan ibu guruku..mencerahkan dan memajukan anak2 bangsa

    BalasHapus
  2. Smg dg ada rekrutmen mk kbutuhn guru terpenuhi.. Guru p3k layak mndotkn gaju yg setara dn ASN

    BalasHapus
  3. terima aksih banyak atas point poitnnya

    BalasHapus
  4. Terima kasih Bu Is ..
    point-point untuk para guru.👍👍

    BalasHapus