Rabu, 04 November 2020

INIKAH PELUANG USAHA?


 

Menjajal peluang usaha baru tampaknya perlu dilakukan. Ini sebuah challenge sebagaimana challenge menulis di bulan November yang diselenggarakan oleh AISEI. AISEI? Apakah itu? Sebuah pertanyaan menggelitik dari seorang teman yang nanti kan kujawab pada edisi berikutnya. Saat ini baru membahas peluang usaha baru.

Awal mulanya, dari pengambilan royalty untuk organisasi profesi. Lumayan, bisa untuk membeli seragam baru. Namun, cukupkah? Jika harga seperti tahun lalu, tentu masih terjangkau. Namun, saat ditanyakan di showroom pabrik tekstil, harga melambung. Tiap potong kain naik hingga puluhan ribu rupiah. Untuk harga lama saja, tahun lalu menghabiskan dana lebih dari 18 juta rupiah. Nah, kalau naik 10 ribu per potong berapa tersedot anggaran hanya untuk seragam saja.

Mulailah dirinya memutar otak. Tempat rapat cari yang sekiranya tak terlalu menyedot anggaran. Anggaran yang tak begitu mendesak dikesampingkan. Bendahara diminta laporkan kondisi keuangan. Itung punya itung, harga seragam terjangkau dengan sedikit mengencangkan ikat pinggang. Ini sebagai pengejawantahan pemerataan royalty bersama. Semula terpikir untuk piknik bersama saja. Namun, di era pandemi seperti ini tentu membawa risiko yang tidak kecil. Ada pertimbangan lain lagi. Untuk urusan piknik belum tentu semua anggota menikmati.

Jika dipakai untuk menginap di hotel bintang tujuh, tampaknya tidak memungkinkan. Sebab para anggota komunitasnya bukan tipe orang sakit kepala. Hahaha. Untuk beli jaket? Wowww, belum tentu semua mengenakan jaket. Tapi, kalau kain seragam tentu semua bisa mengenakannya.

Apapun yang akan dibagikan kepada para anggota tentu menuai komentar beragam. Pro dan kontra adalah hal biasa. Ada yang merasa senang dan ikhlas menerimanya. Ada pula yang mengeluhkan bahwa pemberian tak sesuai seleranya. Ada bermacam-macam. Ada yang reques ini itu. Apapun requesnya pantas diperhatikan. Syukur-syukur jika bisa dipenuhi semuanya. Namun, eksekusi akhir harus sesuai dengan badget yang dimiliki organisasi.

Satu hal yang menggelitik. Sesaat foto terpasang di status beberapa sahabat dan saudara nitip untuk dibelikan. Wowwww, ini peluang usaha ya. Bahan dipesan langsung dari pabrik tekstil ternama di Surakarta. Adakah di antara Anda yang ingin memesannya juga?



#Day1NovAISEIWritingChallenge


15 komentar:

  1. Balasan
    1. Hehehe. Aamiin3. Sudah baikan Omjay? Semoga segera sehat wal afiat kembali. Aamiin3

      Hapus
    2. Apa order barangnya jumlah yang banyak ...atau bagaimana, pengen usaha bahan dasar batik

      Hapus
  2. Siip.berdaganglah spt rasul dan sahabat Krn.10 pintu Rizki slh St afalah dagang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mhn doa Cak Inin. Bismillah, semoga lancar dan barakah.

      Hapus
  3. Selamat jadi pengusaha bu,sukses selalu

    BalasHapus
  4. Seru pengalaman yg dijadikan tulisan
    Semoga Sukses jadi pengusahanya bu

    BalasHapus