Jumat, 27 November 2020

SELAMAT JALAN PROFESOR


Pagi ini mendengar kabar berita duka. Prof. Dr. H. Abdul Ngalim, MM. M.Hum. salah seorang dosen program studi Bahasa Indonesia, FKIP UMS. Diri ini merasa amat kehilangan atas berpulangnya beliau yang merupakan sosok amat sederhana, saleh, santun, istiqomah, dan amat ramah kepada siapa saja. Kebetulan beliau dosen S1 maupun S2 UMS yang menjadi pembimbing serta penguji skripsi maupun tesis penulis. Pernah satu tim pula dalam Penelitian Hibah Kompetisi.

            Beliaulah yang dengan telaten membimbing tesis serta memberi fasilitas dalam penelitian di program khusus SMA di wilayah Kota Surakarta. Sekali merengkuh dayung tiga pulau terlampaui, atau sambil menyelam minum air. Itulah yang kami lakukan. Selaku mahasiswa bisa membatu penelitian sang dosesn sekaligus menggali data tesis. Kalau tak salah waktu itu tahun 2007/2008. Ada beberapa sekolah yang menyelenggarakan program khusus yakni SMA 1 Surakarta dengn RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional), SMA 3 Surakarta dengan program akselerasi, dan SMA 4 Surakarta dengan program imersi.

Beberapa yang penulis catat tentang sosok beliau Prof. Ngalim. Beliau adalah pribadi yang amat santun. Menyapa terlebih dahulu kepada mahasiswa di saat mahasiswa tak tahu keberadannya merupakan salah satu buki kesantuan serta keramahannya. Suka berderma juga merupakan ciri khasnya. Banyak pelajaran didapat dari beliau yang tak dapat disebutkan satu per satu.

Ada satu kalimat yang membuat penulis malu, saat ada vistiasi penelitian. Penulis menawari untuk makan siang, jawaban beliau cukup mengejutkan.

“Mohon maaf Mbak. Saya berpuasa. Malu rasanya jika tak puasa Senin Kamis. Puasa ini sebagai salah satu cara mensyukuri nikmat Allah yang luar biasa banyak. Awalnya dulu bercita-cita menadi guru SD. Kemudian dianugerahi untuk mengajar di tingkat SMA hingga perguruan tinggi.” Pendidikan doktor ditempuh dengan sangat lancar. Gelar Guru Besar (Profesor) didapat dengan kemudahan yang Allah berikan.

Beliau profesor pertama di Prodi Bahasa Indonesia FKIP UMS. Penelitian dan pengabdian beliau luar biasa. Kebaikan beliau tak terkira, semoga Allah membalas kebaikan beliau dengan kebaikan yang berlipat dan lebih banyak.

 

اِنّالِلّهِ وَاِنّا اِلَيْهِ رَاِجِعُوْن

 

Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas wafatnya Prof. Ngalim, pribadi amat baik dan insyaAllah Husnul Khotimah. Dan keluarga yg ditinggalkan diberi Allah SWT keikhlasan dan kesabaran. Aamiin3

 

اَللَّهُمَّ اغْفِرْلَه وَارْحَمْه وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْه،وَأَكْرِمْ نُزُلَه وَوَسِّعْ مَدْخَلَه،وَاغْسِلْه بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّه مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَس وَأَبْدِلْه دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِه وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِه وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِه وَأَدْخِلْه الْجَنَّةَ وَأَعِذْه مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ. 

 

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِحَيِّنَا وَمَيِّتِنَا وَشَاهِدِنَا وَغَائِبِنَا وَصَغِيْرِنَا وَكَبِيْرِنَا وَذَكَرِنَا وَأُنْثاَنَا. اللَّهُمَّ مَنْ أَحْيَيْتَهُ مِنَّا فَأَحْيِهِ عَلَى اْلِإسْلاَمِ وَمَنْ تَوَفَّيْتَهُ مِنَّا فَتَوَفَّهُ عَلَى اْلِإيْمَانِ.

اَللَّهُمَّ لَاتََحْرِمْنَا أَجْرَه وَلاَ تَُضِلَّنَا بَعْدَه بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

أَمِِيْن يَا رَبَّ العَالَمِينَ

 

#Day23NovAISEIWritingChallenge


 

16 komentar:

  1. Aamiin3...semoga kita bisa meneladani beliau...menjadi pribadi yang santun njih

    BalasHapus
  2. Innalillahi wainna ilahi rojiun smg husnul khotimah. Saya pernah jadi mahasiswanya

    BalasHapus
  3. Innalillahi wainnailaihi rojiun, semoga diampuni dosanya

    BalasHapus
  4. Innalilahi wa innailaihi roji'un. Smg husnul khotimah.

    BalasHapus

  5. Innalilahi wa innailaihi roji'un. Smg husnul khotimah.dan ilmunya jd amal amal soleh

    BalasHapus
  6. إنا لله و إنا إليه راجعون

    BalasHapus
  7. اللهم اغفر له وارحمه، وعافه، واعف عنه

    BalasHapus