Senin, 09 November 2020

WRITER’S BLOCK

 

Pernahkah Anda mengalami writer’s block atau kebuntuan dalam menulis? Ternyata semua penulis pernah mengalaminya. Dan, beruntunglah jka Anda tak pernah mengalaminya. Namun, lebih beruntung Anda pernah mengalamai writer’s block daripada tak pernah mengalaminya karena sama sekali tak pernah menulis. Uhuy, di hari gini tentu semua orang pernah menulis. Berbeda dengan zaman nenek dan kakek kita, ada yang pada generasinya tak pernah menulis karena di antara mereka (zaman dulu tuh) ada yang tak bisa baca tulis.

Terus, apa yang harus kita lakukan jika kita mengalami writer’s block? Ada beberapa kiat atau tips yang disampaikan oleh para penulis. Di antaranya dapat dirangkum sebagai berikut.

1. Bergabung dengan komunitas menulis

2. Ikut grup menulis

3. Rehat atau refreshing untuk menjernihkan pikiran

4. Ikut lomba menulis

5. Menulis apa saja yang ada di sekitar kita

6. Menulis apa saja yang kita suka

7. BW (blog walking). Ini berkhasiat ganda. Kita bisa bersilaturahmi, menimba ilmu dari blog, memberikan pencerahan, serta sekaligus memberikan perhatian dan menumbuhkan rasa senang.

 

Nah, tips-tips di atas bisa dicoba atau dipraktikkan jika kita mengalami kebuntuan dalam menulis atau writer’s block. Selamat mencoba.

 

#Day6NovAISEIWritingChallenge

6 komentar: