Minggu, 24 Mei 2020

DUA HAL

Dua hal yang perlu diingat dan dua hal yang perlu dilupakan. Apa itu itu? Dua hal yang perlu diingat adalah kebaikan orang lain kepada kita dan kesalahan kita kepada orang lain. Dua hal yang perlu dilupakan kebaikan kita kepada orang lain dan kesalahan orang lain kepada kita.
            Dua hal itulah ang diungkapkan oleh Ustadz Wjayanto di TV One siang ini. Kita pikir ternyata ini sangat dalam maknanya. Jika kesalahan kita kepada orang lain kita ingat maka kita akan selalu berhati-hati kepada orang lain. Begitu pula kebaikan orang lain kepada kita, jika kita ingat maka apabila orang lain itu pernah berbuat kurang baik kita bisa memaklumi dan tidak dendam karena yang selalu kita ingat adalah kebaikannya.
            Dua hal yang perlu kita lupakan. Kesalahan orang lain kepada kita tak perlu kita ingat-ingat. Perlu segera dilupakan karena di balik kesalahannya masih ada kebaikan orang tersebut kepada kita. Begitu pula kebaikan kita kepada orng lain tak perlu diingat-ingat. Segera lupakan dan jangan menjadi kesombongan karena kita merasa telah berbuat baik kepada orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar