Sabtu, 30 Mei 2020

UJI COBA PAT SEBAGAI PERSIAPAN NEW NORMAL


Pagi ini, Mingu 31 Mei 2020 pelaksanaan uji cba (try out) di sekolahku. Pelaksanaan try out pukul 08.00-09.00. Soal sudah disiapkan sebanyak 20 nomor. Jadwal juga sudah disiapkan. Kelas VII mapel Bahas Inggris, kelas VIII Bahasa Indonesia. Grup wali kelas yang baru dua hari terbentuk mulai ramai. Mereka, para wali kelas, melaporkan presensi di kelas masing-masing.
Kondisi masing-masing anak ataupun wali kelas memang berbeda-beda. Ada yang sudah terbiasa melaksanakan penilaian online dan ada yang ini merupakan pengalaman pertama. Bagi yang sudah terbiasa tidak masalah. Yang baru pertama melaksanakan semoga juga tak ada kendala.
Sebelum waktu try out tiba, laporan wali kelas mulai bermunculan. Ada yang kelasnya kurang 3 anak, ada yang kurang 2 anak, ada yang kurang 8 anak, dan ada wali kelas yang belum menyampaikan laporan. Hingga tulisan ini diturunkan, baru 1 kelas yang siswanya lengkap. Alhamdulillah sudah ada yang lengkap. Semoga segera menyusul kelas yang lainnya.
Dari pantauan wali kelas ini sesungguhnya juga bisa mengukur kesigapan wali kelas dalam memantau siswa dan menyampaikan laporan. Ada wali kelas yang hingga saat ini belum laporan kehadiran siswanya. Padahal ini menit ke-27 dari waktu uji coba.
Perlu lakukan refleksi? Tentu. Apakah dikarenakan wali kelas kurang koordinasi? Apakah HP-nya tidak aktif? Apakah ada kendala teknis? Ataukah merasa telah ada pendamping sehingga HP tidak aktif karena merasa sudah ada penangung jawab? Apapun yang terjadi ini perlu dilakukan refleksi.
Terakhir ada laporan siswa kelas 8H tidak bisa masuk link meski sudah coba beberapa kali. Untung tim IT sigap menanggapi. Tidak bisanya bagaimana. Wali kelas pun segera menanggapi balik. Hingga kini masih ada dua wali kelas yang belum menyampaikan laporan. Untuk siswa yang tak bisa masuk link, ada yang sarankan HP direfresh dengan cara dimatikan lalu dihidupkan lagi. Namun, hingga kini belum bisa juga.
Waktu hampir berakhir masih ada satu kelas yang belum laporan. Semoga tak ada kendala yang berarti. Uji coba (try out) segera akan diakhiri. Inilah profil sekolah menghadapi kondisi new normal. Semoga bisa mengambil hikmah.



20 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Semoga PAT besok lncar..
    Uji cba hri ini.. Smg jg lncar.. Aamiin

    BalasHapus
  3. Semoga lancar semuanya...anak2 tetap ceria

    BalasHapus
  4. Bu Ismi, memang hebat, ini br uji coba pertama smg bsk lebih baik lg. Mksh bu Is

    BalasHapus
  5. Semoga saatnya PAT tidak ada kendala lagi, semangat Bu Ismi...

    BalasHapus
  6. Covid-19 mengajarkan sesuatu yang beda dan menuntut kita untuk bisa menyikapinya dengan sesuatu yang cerdas. Semoga lancar dan sukses PAT daringnya ya, Bu.

    BalasHapus
  7. Kendala teknisi pasti selalu ada bu Ismi yg penting jng patah semangat y

    BalasHapus
  8. Seru ya Bu. Pandemi ini membuat anak dan ortu ja din melek ITU.

    BalasHapus
  9. Luar biasa. Smgt belajar dimana saja situasi apa saja.Belajar sepanjang hayat

    BalasHapus
  10. Luar biasa. Smgt belajar dimana saja situasi apa saja.Belajar sepanjang hayat

    BalasHapus
  11. Semoga pelaksanaan PAT nya lancar ya bund Sekolah saya juga selasa dimulai

    BalasHapus
  12. Maklum masih uji coba..nanti pas PAT smoga lancar

    BalasHapus