Tema :
Dari Blogger menjadi Youtuber Mendapat Jutaan Ruapiah dari Rumah
Waktu :
Kamis, 21 Mei 2020
Narasumber :
Om Apiq
Yang
ingin mengenal lebih dekat dengan Om Agus (Apiq) Nggermanto silakan buka di
Saya memulai jadi blogger
dengan wordpress gratisan sejak 2008 dg alamat APIQQUANTUM.COM. Lalu 2012 makin
aktif sebagi youtuber dengan beberapa canel
1. youtube.com/pamanapiq
2. youtube.com/edujiwa
Semua membahas tentang pendidikan dan
khususnya matematika kreatif👍🏼
dengan metode APIQ.
Memang jadi youtuber lebih menggoda karena
penghasilan dolar otomatis masuk rekening.
Taksiran penghasilan 1 canel saya di atas
sekitar 100 sd 2000 dolar per bulan.
Berbagi ilmu matematika sambil dapat bonus
dolar
Tips jadi blogger dan youtuber
1. Gunakan
program gratis. Misalnya saya pakai wordpress dan youtube
2. Kembangkan
konten sesuai minat dan keahlian kita. Misalnya saya guru dan penulis
matematika.
3. Pelajari
statistik u improvement. Baik wordpress atau youtube menyediakan statistik yg
berlimpah. Maka konten bisa terus mengalir.👍🏼
Barangkali itu pengantar dari saya.
Berikut ini saya infokan lebih lengkapnya.
Kenalkan Belajar Matematika Yang Asyik
& Kreatif Melalui Paman APiQ.
Di balik sosoknya yang
rendah hati, lulusan Teknik Elektro ITB ini memiliki kemampuan matematika yang
ingin ia bagikan ke semua orang. Ia membuka kursus matematika bernama APiQ
(Aritmatika Plus Inteligensi Quantum). Ia kemudian memilih kanal Youtube untuk
menyebarkan virus cinta matematika. Dan sejak membuka Youtube Channelnya di
tahun 2008, jutaan penonton telah menikmati pelajaran matematika yang mudah dan
menyenangkan.
Agus Nggermanto, kini
akrab dipanggil Paman APiQ oleh siswa-siwa yang belajar matematika dengan
metode APiQ. Sebelum muncul karakter Paman APiQ, para siswa itu memanggilnya
dengan istilah beragam, Pak Agus, Mas Agus, Kak Agus, Om Agus, Pak Angger, Mas
Angger, dan lain-lain. Karakter Paman APiQ muncul seirama dengan hadirnya 3
karakter anak kandung matematika, yaitu Al, Geo, dan Meti. Masing-masing
karakter anak lucu ini mewakili cabang matematika Aljabar, Geometri, dan
Aritmetika.
Istilah APiQ sendiri ia
munculkan sekitar tahun 2000-an, tetapi konsepnya sudah sejak tahun 1990-an
ketika Agus masih SMA di Tulungagung dan dilanjutkan kuliah di ITB. Konsep
dasar APiQ adalah menampilkan matematika dengan cara yang mudah masuk akal bagi
anak. Dengan begitu, anak-anak menjadi memahami konsep matematika dan
menjadikan anak-anak lebih berprestasi. Metode APiQ sejak awal sudah dapat
diaplikasikan dengan memberikan hasil anak-anak yang lebih senang belajar
matematika dan berprestasi. Hanya saja struktur yang rapi mulai disusun di
tahun 2000-an dan menjadi lebih sistemis lagi tahun 2008. Sampai sekarang APiQ
masih terus melakukan inovasi-inovasi tiada henti untuk membantu pura-putri
Tanah Air untuk lebih mudah belajar matematika.
Agus sudah menjadi guru sejak
sekolah menengah dengan mengajar di kelompok-kelompok belajar siswa SMA yang
merupakan teman-teman sendiri. Ketika kuliah di ITB, Agus juga sambil mengajar
di lembaga bimbingan belajar untuk tingkat SMA, SMP, dan SD, serta menjadi
asisten dosen di kampus ITB sendiri. Selanjutnya, ia mengajar di sekolah formal
tingkat SMA dan perguruan tinggi. Kesulitan yang sering ia temukan kala itu
adalah banyak siswa yang tidak menguasai konsep matematika bahkan dengan konsep
yang paling sederhana sekalipun. Maka ia pun terus berinovasi untuk menemukan
cara-cara belajar matematika yang lebih memudahkan siswa menguasai matematika.
Dari sanalah benih APiQ terus berkembang maju.
Setelah menemukan metode
APiQ, Agus lalu memulai membuka kursus APiQ dengan modal sendiri dan bekerja
sama dengan beberapa rekan. Kelas kursus APiQ berawal dari kota Bandung,
kemudian menyebar ke Jakarta dan tempat-tempat lain di Indonesia. Keunggulan utama
APiQ adalah menjadikan siswa senang belajar matematika dengan cara mudah dan
cepat. Banyak anak yang awalnya takut dengan matematika menjadi senang dengan
metode APiQ. Banyak juga anak yang berhasil meraih nilai matematika 100 setelah
ikut APiQ. Bahkan nilai 100 ini juga berimbas ke pelajaran lain semisal IPA dan
Bahasa.
Di APiQ Agus juga
mengembangkan game matematika orisinal, yaitu game matematika yang dimainkan
oleh anak-anak dan menjadikan anak-anak jadi pintar matematika. Game orisinal
ini bukanlah selingan seperti game pada umumnya. Hanya dengan memainkan game
orisinal ini maka seorang anak bisa menjadi jago matematika. Siswa-siswa pun
juga menyukai jurus 7 detik APiQ. Dengan jurus 7 Detik Matematika Cepat para
siswa dapat menyelesaikan soal matematika yang rumit kurang dari 7 detik. Tentu
ini akan menjadi sangat mengagumkan bagi para siswa. Dan pada gilirannya rasa
percaya diri siswa juga menjadi semakin kuat.
Agus mengaku, sejak kecil
ia sudah menyukai matematika. Tetapi matematika sering menjadi korban fitnah,
dianggap sebagai mata pelajaran paling sulit dan menakutkan. Dan menurut Agus,
kesan menakutkan pada matematika itu bisa hilang bila siswa atau orangtua dapat
langsung mengalami asyiknya belajar matematika seperti di APiQ. Bahkan kini, banyak
orang dewasa yang mengatakan, mengapa mereka tidak mengenal APiQ dari dulu.
Jadi, sambung Agus, kita tidak bisa menghapus firnah matematika menakutkan
hanya dengan kata-kata manis saja. Tapi perlu memberikan bukti pengalaman
nyata. Dan itulah yang ia kerjakan di APiQ. Kini, banyak anak-anak dan orang
dewasa yang sudah mencicipi asyiknya matematika yang akhirnya membuat mereka
ketagihan. Di APiQ, rumus-rumus tidak harus dihafalkan dengan sulit. Siswa di
APiQ justru sering dengan gembira berhasil menemukan rumus sendiri yang bagi
mereka lebih mudah menghafalnya. Tetapi yang lebih penting adalah siswa-siswa
itu bisa mengikuti proses belajar matematika dengan pemahaman penuh gairah di
APiQ.
Menurut Agus, memang
banyak yang salah dengan pengajaran matematika saat ini, sehingga menempel
fitnah matematika itu menakutkan. Tetapi kita tidak cukup menyalahkan pihak
lain. Namun perlu berpartisipasi dari titik berangkat masing-masing. Misalnya
dengan mengeluarkan metode APiQ, ia bisa berpartisipasi dengan mengenalkan cara
belajar matematika yang asyik dan kreatif untuk tingkat SD, SMP, SMA, dan pra
sekolah. Paman APiQ juga menyelanggarakan pelatihan seminar matematika kreatif
untuk para guru dan orang dewasa. Pemerintah pun, dirasa Agus, juga perlu
menyempurnakan kurikulum yang lebih tepat untuk generasi Indonesia. Para pelaku
pendidikan juga perlu terus berkreasi untuk memperbaiki pendidikan matematika
di Indonesia. Dan Agus mengatakan, APiQ siap berkolaborasi dengan berbagai
pihak untuk memajukan Indonesia.
Kini Agus memilih media
Youtube untuk memberikan edukasi, karena ia menganggap media Youtube merupakan
media belajar matematika yang efektif dan efisien. Siswa menjadi mudah memahami
konsep matematika kreatif APiQ melalui video multimedia Paman APiQ atau www.youtube.com/agusyes.
Hal ini karena video multimedia dilengkapi dengan gambar, tulisan, suara dan
gerakan atau animasi. Siswa juga dapat melakukan interaksi tanya jawab bersama
Paman APiQ. Video pertama Agus unggah sekitar tahun 2008. Waktu itu masih sepi pengunjung.
Tapi sekarang sudah ramai. Tanggapan pertama saat video dirilis masih
biasa-biasa saja. Mungkin, menurut Agus, di tahun 2008 itu akses internet di
Indonesia belum mudah. Tetapi sekarang tanggapan video APiQ oleh masyarakat
sangat bagus. Trik khususnya adalah, Agus menampilkan video yang memang
dibutuhkan masyarakat dengan tampilan konten yang menarik dan mudah dimengerti.
Saat ini yang paling banyak ditonton adalah tentang cara cepat berhitung
pembagian, trik perkalian cepat, dan berhitung cepat FPB KPK APiQ.
Agus pun senang dengan
tanggapan masyarakat. Ini menunjukkan bahwa internet dapat dimanfaatkan untuk
kepentingan positif semisal belajar matematika bersama Paman APiQ. Masyarakat
juga bisa langsung berkonsultasi melalui media Youtube Paman APiQ dengan
menuliskan komentar di bawahnya. Dan bagi yang ingin lebih mendalam konsultasi
dapat bergabung dengan komunitas APiQ di www.APiQQuantum.com dan melalui media
sosial seperti www.facebook/paman.APiQ, Line, Twitter, WhatsApp, dan lain-lain.
Paman APiQ pun sudah
berhasil meraih beberapa prestasi. Antara lain mendapat kehormatan dengan
diundang oleh Youtube Indonesia (Google Indonesia) untuk menjadi narasumber di
seminar pendidikan nasional melalui Youtube. Paman APiQ sendiri dinilai oleh
Youtube Indonesia sebagai saluran pendidikan Indonesia yang prospektif.
Demikian juga wordpress.com memberikan beberapa penghargaan kepada APiQ.
Sementara secara bisnis, franchise APiQ memenangkan seleksi wirausaha franchise
untuk masuk kategori waralaba nasional. Sedangka siswa APiQ sendiri banyak yang
berprestasi di sekolah sampai tingkat Kecamatan, Kota/Kabupaten, Provinsi,
Nasional, dan bahkan internasional dalam ajang kompetisi Olimpiade Matematika.
Sampai saat ini, Agus
masih fokus pada usaha kursus matematika kreatif APiQ yang ia dukung dengan
inovasi pada teknologi multimedia. APiQ telah mengembangkan sistem belajar
matematika online melalui www.APiQQuantum.com. APiQ juga menawarkan beragam
aplikasi di Android baik berupa game matematika atau buku-buku matematika
dengan cara belajar yang asyik dan kreatif. Dan sekarang APiQ juga
mengembangkan sistem franchise atau waralaba, yang merupakan sistem usaha
paling efektif saat ini. Adapun, kendala yang masih Agus hadapi adalah karena
usaha pendidikan sebagaimana usaha umumnya memerlukan disiplin dan konsistensi
tingkat tinggi. Namun kendala ini dapat diatasi dengan memperkuat konsistensi
tim dan berpartisipasi aktif dengan pelatihan-pelatihan yang disediakan oleh
APiQ Pusat. Selain tetap fokus pada APiQ, Agus juga memiliki kesibukan tambahan
sebagai narasumber di berbagai seminar serta menulis. Agus juga memiliki hobi
bulutangkis dan renang, dan ia selalu berusaha menyediakan waktu khusus untuk
hobi olahraga tersebut rutin setiap pekannya.
Agus berpendapat, kita memang
perlu konsisten untuk membangun negeri tercinta ini sesuai kapasitas
masing-masing. Dan barangkali, ia memang sengaja memilih jalur pendidikan
matematika untuk berkontribusi memajukan negeri. Memang berat rasanya, tapi
sepanjang proses itu disyukuri, maka rasa berat itu menjadi lebih ringan. Dan
Agus beruntung memiliki keluarga yang mendukung perjuangannya untuk
berkontribusi melalui pendidikan matematika. Pun secara finansial, ia juga
masih dapat menyesuaikan berbagai macam hal kebutuhan untuk keluarganya,
meskipun bila orang membandingkan dengan kerja di perusahaan besar, tentu akan
berbeda nilainya. Agus adalah lulusan dari perguruan tinggi terbaik di
Indonesia, yaitu ITB. Dan ia juga lulus dari salah satu jurusan terbaik yaitu
Teknik Elektro ITB. Maka sebetulnya ia sangat berpeluang untuk bekerja di
perusahaan besar nasional atau internasional. Tetapi ia lebih memilih mengabdi
melalui dunia pendidikan untuk negeri tercinta ini. Sampai saat ini, Agus dan
keluarganya masih tetap hidup sederhana. Bahkan bila seandainya ada fasilias
berlimpah pun Agus tetap ingin mengajari keluarganya untuk hidup sederhana,
lebih banyak membantu sesama, dan memilih hidup yang penuh makna. Dan Agus juga
sangat bersyukur mendapatkan tanggapan yang positif dari keluarga besarnya.
SESI TANYA JAWAB
Apa yang menjadi landasan
utama bapak membuat Apiq. Dan yang paling menarik itu trik 7 detik.
Landasannya: berbagi ilmu matematika dg
mudah dan kreatif . Ya, menarik dan asyik.
Pamam Apiq boleh cerita
kegiatan saat ini apa saja?
Saat ini PSBB maka fokus bikin konten aja.
Wow amazing. Memperoleh penghasilan
yang begitu besar. Yang sya tanyakan bagaimana membuat chanel youtube. Maaf karena
saya baru pemula, baru buka blog juga setelah ikut group menulis ini Pak, apalagi membuat chanel youtube, saya belum
pernah.
Mudah untuk saat ini.
Buka apk youtube.
1. Klik kanan atas gambar kamera
2. Coba upload 1 video
3. Ikuti petunjuknya
Maka sdh jadi canelnya
Buka di hp ya, agar lebih mudah
https://www.youtube.com/watch?v=wKrlJm3sRM0&list=PLcz6MrU25lf27UPkSVKpt4KiK1M_K1-sI
Misal ini saya eksperimen ngajar matematika tanpa kata sama sekali
Quick Count Agebra-Fast and Fun
Mathematics https://youtu.be/wKrlJm3sRM0
Mohon memberi tips untuk
guru B.Inggris yang ingin memulai menjadi youtuber, kira-kiraan konten apa yang
menarik?
Tentang bahasa Inggris bagus. Baik materi bahasa Inggris
atau tentang bagaimana cara belajar bahasa Inggris. Dan ini global bisa untuk seluruh
dunia.
Dalam video 7 detik
perkalian cepat, ada perkalian yang langsung dimulai dari ratusan, sedangkan
penanaman konsep selama ini mulai dari satuan, bagaimana untuk di kelas rendah,
apa bisa kita jelaskan yang seperti itu, mohon pencerahannya.
Sebagai youtuber maka kita bisa membuat
semua konten tersebut hanya pakai HP saja. Ada yang langsung perkalian ratusan.
Ada pula mulai dari konsep paling dasar. Saat ini saya punya sekita 7000 judul
video di youtube.
Beberapa contoh sbb:
https://www.youtube.com/playlist?list=PLcz6MrU25lf3Ct4wU1U4pgnC_tJrzc-ta
perkalian cepat jurus 7 detik
https://youtu.be/9HsmB3A2xNo
Cara Mudah Menguasai Menghafal Perkalian 1 -10
https://youtu.be/OoTM83cqt5U
Menghafal Perkalin 1 - 10 Lebih Mudah
Saya sependapat menjawab
fitnah dengan langkah nyata. Ini luar biasa. Perlu waktu berapa lama riset atau
apalah yang bisa menjawab fitnah matematika? Apakah kendala utama?
Zaman dulu perlu riset panjang. Tapi sekarang
lebih mudah. Riset bisa pakai goole dan youtube sendiri. Lalu konten kita
improve lagi sambil jalan. Yang penting sekarang praktek dulu lalu perbaiki. Lama-lama
akan makin sempurna. Trik terakhir: konsisten improvement kita bahas di bagian
tulisan ini.
Temukan cara meningkatkan
kualitas video dengan persiapan dan editing. Temukan cara meningkatkan kualitas
konten video. Temukan cara memproduksi video dengan efisien, hemat waktu,
biaya, dan energi. Temukan irama yang konsisten untuk meproduksi konten
positif. Gali lebih dalam analytic Anda dan perhatikan trending serta analytic
canel lain. Buat video lagi sesuai analytic. Fokuskan ke dampak positif kepada
masyarakat luas. Oh ya, kendala utama: waktu.
https://pamanapiq.com/2020/01/07/cara-youtuber-sukses-dengan-jurus-terakhir/
Cara Youtuber Sukses dengan Jurus Terakhir
Bagaimana cara
memantapkan supaya cannel youtube yang
kita buat banyak yang menontonnya?
Agar banyak nonton maka riset kata kunci
di youtube juga bisa. Misal ketik "matematika" maka yang muncul
konten apa aja. Kita buat konten yang sesuai tersebut.
Apakah ada trik khusus Bapak
untuk membuat banyak orang yang datang ke channel YouTube Bapak?
Triknya bikin konten yang menarik yang sedang
dicari banyak orang. Misal sekarang orang pingin tahu kapan tanggal idul fitri?
Hisab hitungannya bagaimana? Maka saya buatkan video hitungan idul fitri ini.
Dalam 1 hari ditonton 19.000 kali.
Membuat konten di Youtube
terutama konten pembelajaran tentunya membutuhkan aplikasi pendukung. Aplikasi
apa saja yang kompatibel dengan YouTube
Siap, banyak apk gratis.
1. Polaris u papan digital
2. Mobizen u rekam layar dan suara
Cukup 2 di atas.
Bila perlu tambahan,
3. Canva desain gambar
4. Inshot edit video
Semua cukup pakai HP aja ya
Apakah setiap tampilan di
canel YouTube selalu mendapatkan uang?
Bagaimana caranya ada batasan atau syarat untuk sampai dapat penghasilan dari
YouTube begitu?
Harus memenuhi syarat u jadi youtube
partner
1. Subs minimal 1000
2. Minimal 4000 jam tayang dalam 1 tahun
terakhir
Maka bisa monet dan dapat uang
Saya cari monetise gambar
dolar kok ga ketemu, bagaimana memunculkannya?
Akan muncul jika sdh memenuhi syarat di
atas.
Bagaimana cara membuat
konten kreatif di youtube sehingga ribuan org bisa like video kita?
1. Bikin saja konten apa aja
2. Perbaiki dengan konten lebih baru
3. Pelajari statistik analytic yang
disediakan youtube
4. Bikin konten lagi yg lebih baik
5. Ulangi lagi
Saya akan menambah dengan beberapa contoh
pengalaman pribadi sebagai youtuber.
Cara meningkatkan
kualitas video adalah dengan editing. Banyak youtuber pemula mengira bahwa edit
video adalah hal paling penting. Sebenarnya tidak. Kita hanya perlu mengedit
video sampai cukup bagus. Tidak perlu maksimal. Cukup optimal.
Dulu saya edit video
pakai camtasia, di komputer. Lalu lebih mudah pakai inshoot di hp. Bahkan lebih
praktis hanya pakai mobizen editor saja. Hanya memotong dan menggabungkan video
saja. Caranya, setelah buat video dengan mobizen lalu buka video dengan
mobizen. Ada pilihan edit – gambar mirip pena. Klik maka kita dengan mudah bisa
editing.
Makin mahir seorang
youtuber maka ia akan efisien dalam editing. Bahkan saya sendiri berusaha untuk
menghindari edit video. Caranya?
Tingkatkan kualitas video
dengan persiapan lebih matang. Dengan rapinya semua bahan maka kita bisa
langsung bikin video lalu tanpa edit sudah bisa kita upload ke youtube. Video
ini sudah bagus dan optimal.
Lupakan editing. Matangkan persiapan.
Persiapan saya yang
paling penting adalah desain power point. Bila perlu lengkapi dengan transisi
dan animasi ppt. Lalu buka dengan polaris. Rekam dengan mobizen. Upload ke
youtube. Sukses!
Meningkatkan kualitas
konten video lebih penting dari editing video. Caranya coba perhatikan komen
dan respon dari video Anda yang paling berhasil. Lalu buat video lagi yang
lebih baik dari itu.
Saya mengamati untuk
konten matematika para penonton lebih suka cara-cara yang mudah – bukan cara
yang hebat dan sulit. Maka saya buat video dengan konten matematika cara mudah.
Sukses.
Penonton ingin
berkomentar tapi bingung. Maka bagian akhir dari video saya isi dengan
pertanyaan ringan yang berhubungan dengan materi. Maka penonton terpancing
menjawab soal mudah itu sekaligus menulis komen.
Cara murah dan efisien
memproduksi video adalah: siapkan desain ppt, buka dengan polaris, rekam dengan
mobizen. Itu cara saya. Anda mungkin perlu cara yang berbeda. Maka temukan.
Untuk memproduksi satu
video durasi 5 menit maka saya perlu persiapan di ppt atau polaris 15 menit,
lalu merekam 5 menit, dan upload ke youtube 5 menit juga. Dalam satu hari saya
biasanya memproduksi 3 – 5 video untuk youtube.
Irama produksi video
menjadikan youtuber bahagia. Keuntungan jadi youtuber adalah kita bisa berkarya
sekaligus bahagia. Bila Anda jadi youtuber lalu stress karena kejar tayang itu
rugi besar. Jadilah youtuber sekaligus bersenang-senang. Rahasianya temukan
irama produksi video khas Anda sendiri.
Irama produksi
menunjukkan keragaman dalam memproduksi video di saat yang sama konsisten juga.
Misalnya saya rata-rata memproduksi video 3 – 5 judul tiap hari. Bila hari
libur saya kadang libur kadang produksi, suka-suka saja. Bila sedang sibuk
dengan suatu kerjaan lain maka saya cukup produksi 1 video saja atau tidak sama
sekali di hari itu. Semua itu pilihan bagi saya. Bisa saya kerjakan bisa saya
tinggalkan. Pilih yang paling nyaman. Itulah youtuber. Sukses dan bahagia.
Dalami analytic sedalam
samudra Atlantic. Analytic dan trending memberi ide kepada kita tanpa akhir.
Apa saja video paling diminati penonton Anda? Apa saja respon mereka? Apa video
paling trending kali ini? Dari mana penonton sampai ke video Anda? Apa yang
paling dicari oleh penonton?
Analytic memberi data
yang lebih dari cukup – meski tidak lengkap. Manfaatkan analytic untuk kemajuan
canel Anda. Kembangkan kreativitas tanpa batas.
Video baru lebih sukses
video lama terpercaya. Dari analytic maka kita bisa membuat video baru yang
lebih sukses. Video yang lama masih terpercaya ditonton ulang banyak orang.
Keunggulan youtube adalah video yang sudah 10 tahun masih bisa ditonton ribuan
orang. Apakah media lain bisa begitu?
Dari analytic penonton
saya suka dengan matematika yang mudah maka saya buatkan video cara mudah
perkalian yang sukses ditonton lebih dari 3 juta view.
Penonton saya berminat dengan tema
jarimatika. Maka saya buatkan video Super Jarimatika yang sudah ditonton 1,7
juta view.
Tahun 2019 adalah tahun
pemilu. Banyak orang perlu tahu bagaimana cara quick count. Maka saya buatkan
video tentang quick count yang sudah ditonton jutaan kali hanya dalam 2 hari
dan sempat masuk trending youtube.
Akhirnya, mengapa jadi
youtuber? Untuk memberi dampak positif. Kecil atau besar yang penting berdampak
positif. Saat kita fokus memberi dampak positif maka wajar saja bila diri kita
terdampak positif juga. Ayo jadi youtuber positif. Raih sukses dan bahagia
bersama-sama.
Pak Apiq aplikasi buat
coret-coret sambil rekam screen shootnya pakai apa? Biar enak pas menjelskan di
komputernya, kan males kalau ngetik.
Ok, https://youtu.be/bnt7uUlFshE
Apk Papan Tulis Paman APIQ (1)
https://youtu.be/-EmRrEoG_-c
Apk Papan Tulis Paman APIQ (2)
https://youtu.be/ar63LX7YQNM
Apk Papan Tulis Digital Paman APIQ (3)
Yg itu ya, coret2nya mudah
Pak saya tertarik video Bapak.
Saya juga pingin bisa membuat video seperti itu. Yang saya tanyakan aplikasi
apa yang bapak gunakan untuk membuat video yang menerangkan mtk seperti nulis
langsung gitu. Saya jg pingin membuat video pembelajaran fisika yang bisa nulis
langsung seperti itu.
Yang ini jawabannya seperti di atas ya:
papan tulis paman apiq. Bisa coret-coret dan bisa memasukkan gambar atau foto
buku fisika misalnya. Bisa screen shot juga.
Mengapa Karir Kedua Lebih Penting dari
Karir Pertama Anda?
Ditulis oleh Paman APiQ
30 Oktober 2019 Tulis komentar pada Mengapa Karir Kedua Lebih Penting dari
Karir Pertama Anda? SuntingMengapa Karir Kedua Lebih Penting dari Karir Pertama
Anda? Menjadi yang kedua lebih penting dari yang pertama! Kok bisa?
Ini berlaku untuk karir.
Anda lebih baik memiliki dua karir dari hanya satu karir dalam hidup Anda.
Jelas karena dengan karir kedua maka Anda jadi memiliki dua karir tidak hanya
satu karir – khususnya karir profesional di sini.
“Jangankan dua karir,
satu pekerjaan saja saya tidak punya!” celetuk seorang pengangguran.
Karir berbeda dengan
perkerjaan. Di sini letak masalahnya. Banyak orang mengira bahwa karir adalah
memperoleh pekerjaan. Tapi lapangan kerja terbatas. Maka sebagian angkatan
kerja menganggur. Akibatnya mereka tidak punya karir sama sekali.
Karir menunjukkan suatau
perkembangan atau kemajuan kehidupan profesional Anda. Orang yang punya
pekerjaan mungkin saja tidak punya karir karena pekerjaannya mandeg. Tapi orang
yang punya karir maka ia pasti punya pekerjaan yang makin maju berkembang.
Bahkan jika tidak ada pekerjaan, orang yang punya karir, justru bisa
menciptakan pekerjaan baru.
Kabar baiknya, di jaman
digital ini, kita lebih mudah untuk mendapatkan dua karir: karir dunia nyata
dan karir dunia digital.
Karir dunia nyata. Saya
misalnya berkarir untuk menjadi guru matematika plus (lain-lain). Dari awal
saya menyusun rencana untuk menjadi guru terbaik tingkat RT atau kampung. Karir
selanjutnya adalah saya menciptakan beragam metode belajar matematika yang
kreatif dengan balutan nama paman APIQ. Karir bertumbuh meluas lebih dari guru
kelas kampung saja.
Karir dunia digital.
Karir kedua ini mudah tapi membutuhkan konsistensi. Saya tetap berkarir menjadi
guru tetapi di dunia digital. Awalnya saya mengajar melalui tulisan-tulisan
yang saya buat di blog gratisan. Internet makin berkembang maka saya menjadi
guru matematika digital sebagai youtuber. Karir digital ini tampaknya terus
makin berkembang, semoga.
Bila saya mengajar di
dunia nyata biasanya hanya bisa mengajar siswa puluhan orang saja dalam satu
hari. Sedangkan melalui dunia digital saya bisa mengajar ratusan ribu siswa
setiap harinya. Wow…dampak kemajuan teknologi.
Jadi, apa karir kedua Anda?
Mengapa Karir Kedua Lebih Penting daripada
Karir Pertama Anda? Bisa dilihat di https://pamanapiq.com/2019/10/30/mengapa-karir-kedua-lebih-penting-dari-karis-pertama-anda/
Di penjelasan barusan Paman
Apiq juga menggunakan PPt lalu dibuka dengan polaris. Bagaimana caranya Pak?
Betul. Bisa langsung dibuka. Ppt dari
komputer pindah ke HP. Maka di HP bisa langsung buka pakai polaris.
Wah, benar-benar enak jadi orang yang super
kreatif. Hanya di rumah saja bisa mendapat jutaan rupiah. Bisa pula menjawab
fitnah bahwa pelajaran matematika paling sulit dan menakutkan. Di tangannya
belajar matematika mengasyikkan dan menyenangkan. Satu lagi yang paling
membanggakan. Beliau jawab fitnah bukan dengan kata-kata, melainkan dengan
tindakan nyata.
Mantulll bgt bu Ismi
BalasHapusTerima kasih Bu Elly
BalasHapusLuar biasa langsung selesai
BalasHapusHe333. Ada tgs lain menanti Pak
HapusLuar biasa, langsung jadi. tugas apa bu Ismi
BalasHapusTerima kasih Bu Nani. Tugas lain nyiapin buka puasa. He33
Hapusmantaaap
BalasHapusAmazing n inspiring bu ismi
BalasHapusTerima kasih
HapusLuar biasa
BalasHapusLuar biasa
BalasHapus