Jumat, 01 Mei 2020

MENULIS BUKU MOTIVASI BERSAMA BAPAK AMIR FAISAL


Tema               : Berbagi Pengalaman Menulis Buku Motivasi
Waktu             : Kamis, 30 April 2020 Pukul 13.00 – 15.00
Narasumber    : Amir Faisal

Kamis, 30 April 2020 Grup Belajar Menulis bersama Omjay Gelombang 8 belajar bersama tokoh inspiratif. Beliau seorang trainer dan  sekaligus motivator bernama Amir Faisal, Business Inspirator CN: 08157698288, 082136009888  International Certified on  NLP & Persuassive Communication. Praktisi Bisnis dan konsultan marketing  beberapa perusahaan  Gogreen Industry International Certified on NLP (Neuro Linguistic Programming), lisenced from California, dengan Coach Syaiful Bahri dan Stefanus Izaac Tamsil – salah satu dari sembilan belas orang di seluruh dunia yang mendapat Lisenced dari Robert Dilt (Developer of The Original NLP), Certified on Persuassive Communication dari Ronny FR (International Coach Lisenced of Richard Bandler), Certified on Basic Multiple Intelligence dan Certified on Quantum Learning by Bobbi DePorter.
Hingga kini telah puluhan ribu orang yang mengikuti pelatihannya, mulai dari Pejabat Pemerintah dan BUMN, Owner,  pimpinan dan karyawan perusahaan swasta, praktisi bisnis, Dosen,  Guru, Wakil Rakyat, pimpinan Lembaga hingga para mahasiswa. Selain menjadi Business Coach, trainer/ praktisi  NLP, juga aktif di Kadin Komite Timur Tengah serta menjadi Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Asprindo. Selain  itu, tetap menyempatkan diri menulis buku. Hingga kini sudah mempublish 14 buku yang diterbitkan oleh Gramedia Group,  Change, Farisma Publishing dan lain-lain.
Pengalaman profesionalnya dimulai sejak lulus dari Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro (1990), bekerja di Tanah Mas Group, Branch Manager PT. Pantai Raja Makmur (1997) di Pekanbaru Riau. Kemudian pada saat krisis moneter 1998 mengundurkan diri dari perusahaan dan membangun usaha sendiri. Portfolio lainnya pernah menjadi Marketing Manager PT Nitigraha Muda Vendor Telkom Divre IV ( 2004 ). Direktur Marketing WB Mindset Program (2007), Konsultan Marketing Media (2007).
Alamat yang bisa dihubungi adalah Contact Person: 08157698288 WA atau melalui  E-mail: mrfaisal36@gmail.com, dan Fans Page: Klik Trainer Amir Faisal pada modus pencari teman di Face Book.
Menjadi seorang penulis buku, sekaligus bukunya diterbitkan secara nasional adalah cita-cita para penulis. Benar pepatah Om jay, Bangun personal branding. Caranya adalah dengan menerbitkan buku kita secara nasional. Apabila buku  diterbitkan secara nasional, maka kita  bisa menjadi pembicara tingkat nasional. Seperti yang pernah dilakukan oleh narasumber.  Beliau menerbitkan  buku yang pertama kali, dengan judul menyiapkan anak jadi juara diterbitkan Gramedia. Buku itu baru masuk bulan kedua, sudah menjadi buku  best seller

Padahal penulisnya bukan seorang penulis buku, tapi  oleh seorang mandor. Untuk terkenal bukan hanya dikenal oleh seribu, duaribu, limaribu, sepuluh ribu tetapi harus jutaan orang.  Maka kuncinya adalah menulis bukulah yang diterbitkan oleh penerbit nasional. Sejelek-jeleknya buku anda, apabila diterbitkan oleh gramedia itu bisa bertahan selama 6 bulan. Apabila 6 bulan sukses, akan ditambah 6 bulan berikutnya. Tetapi kalau di penerbit lain belum tentu.  
Setiap menulis, penulis perlu mengenali genre masing-masing. Misalnya buku cerita anak atau novel. Kemudian cari buku yang laku di pasaran lalu pelajari. Perlu juga tentukan dulu visi/dream Anda, menjadi penulis. Berikutnya hadapi tantangan-tantangannya dengan sekuat tenaga.  Gramedia atau penerbit manapun adalah sebuah korporasi bisnis, yang orientasi mereka adalah menjual. Orientasi mereka dalam pasar, karena itu cari yang disukai pasar disesuaikan dengan genre kita.
Gramedia biasanya menyebarkan angket untuk mengetahui buku apa yang paling dicari oleh pelanggannya. Tetapi ada info bagus bahwa buku yang paling disukai oleh para pembeli buku atau para pelanggan Gramedia adalah:
1.    Novel
2.    Traveling
3.    Komik
4.    Motivasi
5.    Marketing
Apabila kita ingin menjadi penulis yang disukai pelanggan,  bisa menggabungkan antara nomor 1 dan nomor 2. Maksudnya novel yang menceritakan tentang traveling. Atau menggabungkan anatar a nomor 2 dan nomor 3, yakni komik yang menceritakan traveling.
Narasmber (Amir Faisal) semula hanya mentraining anak sekolah dan mahasiswa.  Lalu, beliau membuat tantangan untuk mentraining guru. Ini dianggapnya gila karena tidak tahu ilmu pendidikan tetapi berani mentraining guru. Beliau belajar buku-buku pendidikan mutakhir dari BobbiDePorter, Barbara Prashnig,  buku-buku psikologi dr Daniel Goleman, Howard Gardner, Thomas Armstrong dan ikut Trainingnya pak Munib Khatib, sekolahnya manusia.

Inilah Catatan Penting dari tanya jawab peserta dengan Narasumber


Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Penulis
1.     Intinya tentukan dulu visi/ dream Anda, kenapa ingin jadi penulis. Lalu hadapi tantangan-tantangannya dengan gagah berani
2.     Yang penting adalah kualitas tulisan,  genre Anda dan buku itu disukai pasar atau tidak?
3.     Ingat penulis itu hanya memenuhi kriteria penerbit
4.     Sejak awal menulis hingga sekarang,  beliau kirimkan full naskah
5.     Justru ini kita perlu belajar Hypnowriting (Insya Allah nanti ada 4 seri lagi)

Supaya Buku Laris:
1.     Temanya Ilpop
2.     Tidak banyak teori. Semakin banyak hal-hal praktis semakin baik
3.     Menarik perhatian banyak orang

Buku yang Disukai Penerbit:
1.     Penerbit lebih menyukai karya original dari pikiran, perasaan, gagasan Anda sendiri
2.     Makanya Anda juga harus gigih ikut marketing lewat medsos. Kasih pelatihan gratis. Bagi buku-bukunya pada key person/ influencer dan sebagainya
3.     Semua penerbit punya kriteria masing-masing.

Lama Menulis Buku
Buku pertama narsum selesai sekitar setahun.
Kedua sekitar 6 bulan.
Kalau sekarang bisa 2 bulan.
Kajian pustaka itu sifatnya hanya penguatan.

Buku Paling Laku di Gramedia:
Novel Motivasi
Sebaiknya penulis baca-baca Novel terbitan Gramedia atau patner,  di sana bisa dipelajari.
Kemudian penulis beli beberapa yang genrenya cocok dengan penulis.

Inspirasi Buku Menyiapkan Anak Jadi Juara:
Ketika narsum memberikan Motivasi pada anak-anak sekolah, narsum merasa ada sesuatu yang salah. Seharusnya Motivator anak-anak ya Gurunya sendiri. Apalah artinya kehadiran diri narsum yang hanya 4 - 5 jam,  dibanding para guru yang membimbing selama 3 tahun
narsum membandingkan kedua anaknya,  yang kebetulan yang satu di SMP favorit dan lainnya di SMA runner up.

Buku Supaya Menjadi Branding
1. Menulis buku di penerbit nasional
2. Aktif menjadi narasumber. Kalau perlu gratiskan
3. Melalui  Medsos: Punya website dan aktif menulis artikel, face book,  Instagram dan sebagainya.

Bagaimana Pasar Mencintai Buku
Jangan hanya segmen sekolah/ lembaga pendidikan saja, tetapi umum

Buku yang diobral
1.  Terbitan lama
2.  Tidak laku-laku
3.  Isunya sudah lama

Buku yang Bisa Diterbitkan
True story bisa juga diterbitkan asal fenomenal.
Misalnya pengalaman memberikan tutorial pada anak berkebutuhan khusus, pada anak-anak miskin, anak-anak di Rumah singgah dll

Motivasi Menjadi Penulis
1.  Hati sudah tidak bahagia lagi hidup sebagai kontraktor
2.  Kemudian menemukan Life Cycle
3.  Cari expertise dan specialties. Kalau perlu uniquenya

Kendala Selama Menjadi Penulis
Ada dua buku narsum yang hingga kini tidak diterbitkan
Tetapi narsum jadikan sebagai identifikasi masalah
Kuncinya pada passion of life Pak

Apa Itu Genre

Yang dimaksudkan dengan genre itu adalah sifat genetik karya Anda.
Bukan bidang atau tema bukunya.  Misalnya novel itu,  genre Anda pada cerita anak-anak, roman, psikologi, motivasi, traveling dan sebagainya.

Untuk sukses itu perlu pengorbanan, perjuangan dan kesabaran. Sukses itu tidak ditunggu tapi diraih dan diperjuangkan. Jangan menyerah karena tidak bisa. Banyak tokoh yang sukses diluar latar belakang pendidikan. Tetapi karena ada kemauan, disitu ada kesuksesan. Kalau kita mau disitu ada jalan. Betul kata pepatah, lebih baik ada kemauan meski kurang kemampuan. Karena kemampuan bisa dilatih dan diperjuangkan.  Dari pada orang yang memiliki kemampuan,  tetapi tidak ada kemaun. Berlatih, berlatih dan terus berlatih untuk meraih kemampuan….


6 komentar: