Selasa, 31 Maret 2020

MENGAIS HIKMAH DI BALIK WFH


Terus terang hari-hari ini diriku berpikir adakah hikmah di balik WFH. Jika ditilik makna hikmah, yakni makna yang terkandung di balik suatu peristiwa; manfaat tentu ada hikmah di balik virus corona yang menjadi penyebab dberlakukannya WFH. Apa saja hikmah di balik WFH? Berikut ini merupakan di antara hikmah yang kurasakan.
Pertama, kita bisa lebih mensyukuri nikmat Allah yang selama ini tak terasakan. Nikmat bisa bertemu dan berkumpul dengan sanak saudara serta relasi tercinta. Nikmat mengikuti taushiah yang menyejukkan jiwa. Nikmat bisa bersilaturahmi secara nyata. Hikmah kedua adalah bisa berkumpul keluarga lebih lama. Keluarga kecilku (saat ini hanya tinggal berdua dengan suami; anak-anak sudah pergi merantau) yang semula banyak bekerja di luar rumah, kini banyak bekerja di rumah. Atau paling tidak, bekerja bersama di tempat suami yang tak jauh dari rumah. Ini semua demi mengikuti anjuran pemerntah untuk social distancing atau physical distancing. Hikmah ketiga, bisa merasakan bahwa diri ini ternyata sangat tertinggal dalam dunia teknologi. Kelas maya yang ditawarkan oleh rekan-rekan sejawat terasa masih baru semua. Semakin nyatalah bahwa diri ini tertinggal.
Hikmah yang ada di depan semoga dapat menumbuhan kesadaran. Kesadaran untuk bisa mengejar ketertinggalan. Semoga sahabat-sahabat tercinta berkenan untuk membantu. Terima kasih Omjay dan kawan-kawan.

1 komentar: