Selasa, 28 April 2020

KATA PEMBUKA PEMBELAJARAN MELALUI BLOG


Hikmah pandemi korona mengharuskan kita untuk berpikir dan mencari solusi terbaik. Dengan diberlakukannya WFH dan SFH di lingkungan pendidikan mengharuskan warga sekolah untuk mencari celah. Pembelajaran tetap harus berlangsung dengan baik. Warga sekolah tak boleh berpangku tangan. Sarana yang dimiliki harus bisa  di maksimalkan. Kompetensi pas-pasan juga harus diasah. Prinsip “tak ada rotan akar pun jadi” bisa dijadikan pegangan.
Pembelajaran melalui google classroom pernah dicoba. Hasil belum maksimal. Google form pernah pula dipraktikkan. Hasil juga belum melegakan, meskipun tidak bergitu mengecewakan. Untuk penugasan penilaian harian cukup lumayan. Penilaian harian pertama via google form bisa diikuti semua siswa. Namun, yang kedua ada satu dua yang belum mengikutinya. Konon, kabarnya gawai harus bergantian. Sang guru pun harus memakluminya.
Aplikasi zoom untuk pembelajaran pernah dicoba. Namun, kondisi belum memungkinkan. Saat dibuka kelas untuk zoom tanggapan belum menggembirakan. Hal ini menumbuhkan kesadaran harus ada upaya untuk mencari celah yang dapat dipraktikkan. Muncul sebuah ide untuk menyampaikan pembelajaran melalui blog. Inilah bagian pembukanya.


11 komentar: