Kamis, 16 April 2020

GURU YANG DIRINDUKAN Bersama PAK ARIS AHMAD JAYA


Tema               : Menjadi Guru yang Dirindukan
Waktu             : Kamis, 16 April 2020 Pukul 19.00 – 21.00
Narasumber    : Aris Ahmad Jaya

Biodata Narasumber:
Nama       :  H. Aris Ahmad Jaya, DVM, MM.
TTL          :  Pati, 23 Februari 1974
Alamat     :  Bogor Raya Permai FD IV No. 16.A Bogor   Hp.  0818-101446
Email       :     arissugestipower@gmail.com                                                                       
Aktivitas                
·       Motivator Nasional Character Building “Auto Sugesti Power”
·       Penulis Buku Motivasi Best Seller 30 hari Mencari Jati Diri
·       Terapist Trauma Heling Nasional
·       Owner ABCo
PENGALAMAN ORGANISASI
1.       Ketua Umum OSIS SMU Institut Indonesia I Yogyakarta 92/93
2.       Ketua Umum Senat Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan  IPB Tahun 96/97
3.       Sekretaris Jendral Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Hewan Indonesia  97/99
4.       Ketua Delegasi Studi Banding Pendidikan Kedokteran Hewan Indonesia - Malaysia 97
5.       Personalia Manager PT SCo Prima Inovatindo 2000-2002
6.       Direktur PT ABCo Sugesti Motivatindo  2003 – 2014

  BUKU YANG TELAH DITULIS
  1. 30 Hari Mencari Jati Diri (Best Seller) terjual lebih dari 39.000 buku.Tahun 2003
  2. Spirit Of Success ,ABCoPulisher. 2006
  3. BETHE 5 Karakter Idola Pecundang Sejati, PustakaInti Jakarta, 2007
  4. Aura Kemenangan, ABCo Publisher 2008
  5. Motivadrenalin, Meningkatkan adrenalin motivasi menuju sukses dan bahagia. ABCo Publisher 2008
  6. Motimorphosis, MotivasiMenujuPerubahan. ABCo Publisher 2010

MATERI TRAINING
  1. Auto Sugesti Power Menggali Sugesti dan Melejitkan Potensi Bahagia Sukses dan Mulia dalam kehidupan sehari hari.
  2. Management Of Change
  3. Love Touch Parenting (Mengelola Emosi Buah Hati menjadi Prestasi)
  4. Aplikasi Hypnosis untuk Guru dalam pembelajaran.
  5. Sugesti Power Healing  (Terapi dengan kekuatan sugesti)
  PENGALAMAN TRAINING
  1     PT Telkom, JICT (Jakarta International Container Terminal), PT Coca Cola, PT Bank Mandiri, Telkomsel, Garuda Food, Asuransi Tripa Syariah,    Asuransi Takaful, Asuransi Prudential, Asuransi Ekspor Impor, PT Indosat, Bank Permata, PT Kangean energy Jakarta, DepartemenPertanian RI, Departemen Perdagangan RI, Kementrian Pemuda dan Olahraga RI, Departemen Kelautan dan Perikanan RI, Direktorat Pajak RI.
2.  Perguruan Labschool Jakarta, Perguruan Al AzharPusat, Perguruan Madania Bogor, Perguruan Al Ittihat Rumbai Riau, Pesantren Baabussalaam Riau, Diniah Putri Padang Panjang, SMA Negeri 8 Jakarta, dan beberapa sekolah unggulan RSBI di Indonesia. dan masih banyak lagi.....
     Manajemen :  Kantor  0251 7540530 HP. Bapak Muhamad Komarudin 085214140415
Email :abco.pusat@gmail.com

Kuliah yang luar biasa menarik ini diawali penyampaian materi oleh narasumber dalam bentuk audio. Berdasarkan kinerjanya guru dibedakan menjai 3 kelompok:
1.     GURU NYASAR: guru yang tak punya tujuan/arah yang jelas. Guru ini menyesatkan murid karena bisa menyebabkan murid membenci pembelajarannya dan gurunya; menyebabkan murid beranggapan bahwa jam dinding berjalan amat lambat. Guru ini hendaknya segera SADAR. Jika tidak, bisa lebih baik undur diri
2.     GURU BAYAR: Guru tipe ini merupakan guru yang energinya terkait finansial. Semangat mengajar berorientasi energi uang. Guru ini tidak konsisten. Kadang tanggal muda wajahnya cerah; tanggal tua mukanya muram karena beranggapan sebagai guru merupakan pekerjaan yang tidak menjanjikan.
3.     GURU SADAR: Guru tipe ini menjadikan murid mencintai guru dan pembelajarn. Kata-kata yang keluar dari mulutnya menyadarkan. Kehadirannya menyenangkan. Kepergiannya dirindukan.
MGM (Mengajar Gaya Motivator) mengajarkan bagaimana menjadi guru yang SADAR dan menjadi konektor kebaikan.
Peran guru dibedakan menjadi empat, yaitu:
1.     Mendidik: memindahkan ilmu dari kita ke mereka (ini bisa kalah dengan media)
2.     Mendidik: guru menjadi idola/teladan karena memasukkan nilai/norma baik
3.     Menginspirasi: guru yag jadi sumber inspirasi
4.     Menggerakkan: guru hebat mampu mendidik, menginspirasi dan menggerakkan.
Terdapat Lima Langkah MGM agar Guru dicintai dan dirindukan.
1.     Jadilah guru yang menarik dan menyenangkan. Guru menarik dan menyenangkan itu polanya sederhana. Menarik dimulai dari yang dilihat sedangkan menyenangkan dimulai yang dirasakan.
Adapun trik supaya guru menarik:
a.     Latihan semenarik mungkin dalam penampilan, berperilaku. Siswa bisa menilai bahwa Anda benar-benar layak untuk diizinkan (ketika murid mengizinkan dirinya akan memperhatikan dan mendengarkan).
Ada dua pintu pada diri siswa terhadap guru yaitu mengizinkan dan tidak mengizinkan. Pintu mengizinkan manakala siswa merasa senang belajar dengan Anda dan pembelajaran Anda. Bagaimana cara membukanya? Sebelum murid menerima pembelajaran, harus menerima Anda. Tapi jangan paksa murid menerima Anda. Anda harus mengerti mereka. Ubahlah “di” menjadi “me-“. Misalnya guru tidak hanya minta dilayani, tetapi melayani. Guru tidak hanya minta dimenegerti tetapi berusaha mengerti. Perlu diketahui bahwa murid menyukai yang menyenangkan daripada yang penting.
Trik agar murid membuka pintu mengizinkan.
1)    Masuk dengan kondisi senyum (1125). Perlu diingat bahwa masalah Anda bukan masalah siswa. Jika ada malsalah di rumah jangan dibawa ke sekolah. Sapalah mereka dengan sapa yang berbeda. Contoh: Semoga siswa yang menjawab salam ini dimudahkan dalam semua urusa. Beri apresiasi dan jangan ditunda. Contoh: Saya menyukai kelas Anda yang berenergi.
2)    Berikan simulasi sederhana sebelum pembelajaran. Msalnya dengan ATM (amati, tiru, modifikasi) atau 4N (niteni, niru, nambah-namabahi, nemu). Tumbuhkan hormon kebahagiaan pada diri siswa.
3)    Tempa besi selagi panas (berikan apresiasi tak usah menunggu besuk; beri apresiasi proses; tak usah menunggu hasil). Guru yang pelit memberi apresiasi/menghargai adalah guru yang menyesatkan siswa untuk tidak menyukai guru.
2.     Temukan titik lebih siswa dan beri motivasi berdasarkan titik lebih ini. Berikan motivasi bahwa mereka mampu. Tambahkan motivasi dan masuklah dengan nilai lebihnya. Terkadang siswa rendah diri karena diberi momentum karena kekurangannya.
Tiga Langkah untuk Menemukan Kehebatan Nilai Plus pada Putra Putri/ Peserta Didik
1.     Anda harus mampu memberikan momentum kesempatan hebat. Sesuatu yang mahal adalah memberikan momentum yang diberikan kepada kita. Berilah kesempatan siswa untuk menjadi duta sekolah kita. Hal ini untuk memberikan kepercayan kepada mereka berharga. Momentum diberikan agar mereka berbahagia karena mendapat kesempatan. Ingat kalimat berharga “Pasir yang biasa akan menjadi mutiara yang hebat ketika diolah dalam kerang yang hebat.” Dan kerang itu adalah bapak ibu guru.
2.     Memberi Kesempatan
Berikan kesempatan kepada siswa untuk mendapat kesempatan. Misalnya, “Andai engkau menjadi wali kelas apa yang akan kalian lakukan untuk menjadikan kelas kita lebih baik?” Sesungghnya guru hebat adalah guru yang mampu mewujudkan kehebatan murid. Orang hebat bukan orang yang memiliki nilai lebih. Orang hebat adalah orang yang mampu menghebatkan orang lain. Untuk itu, hargaiah proses, bukan hanya hasil akhir. Gagal adalah peristiwanya. Sebagai analogi, gadis menggreng tempe gosong, yang gosong bukan gadisnya melainkan tempenya.
3.     Berikan label positif untuk mereka (individu/kelas). Hal ini penting untuk mereka mampu menemukan nilai postitif mereka. Sebagai contoh, “Saya bangga terhadap kelas ini yang antusias.” Label membawa persepsi dan rasa. Kata-akat adalah proposal. Katakata adalah doa. “Saya suka mengajar di kelas ini karena kalian kompak dan antusias. Kelas ini saya suka karena kelas ini seperti kelas lebah. Saya berharap kelas ini bisa meniru lebah. Kekuatan label itu luar biasa.
Lima Bahasa Cinta yang Layak Anda Pelajari dan Praktikkan
1.     Bahasa cinta APRESIASI.
Jempol (beri apresiasi/menghargai)
2.     Bahasa Cinta KOMITMEN dan Keteladanan
Miliki sentuhan emas (guru mampu memberikan teladan, komitmen, disiplin, dan bisa dipercaya)
3.     Bahasa Cinta TEMUKAN KEUNGGULAN SISWA
Jadilah pribadi yang memiliki keunggulan. Jangan menjadi guru biasa atau rata-rata. Milikilah keunikan dan siswa akan mengenang Anda karena kekhasan Anda.
4.     Bahasa Cinta HUBUNGAN INTERPERSONAL
Milikilah hubungan interpersonal.
5.     Bahasa Cinta HARGAI HAL-HAL KECIL
Hargailah hal-hal kecil.
Sesi berikutnya berupa tanya jawab
“Menurut Pengalaman Bapak, apakah semua guru berpotensi untuk menjadi guru SADAR, meskipun dengan latar belakang tipe sebelumnya sebagai  guru BAYAR dan guru NYASAR?” Ya. Semua guru berpotensi untuk menjadi guru SADAR. Guru sadar sangat terkait dengan keinginan kita. Guru BAYAR/NYASAR susah menjadi guru SADAR jika tak ada kemauan.Yang punya potensi belajar dan mengabdi lambat laun akan menjadi guru SADAR. Jadilah guru yang hadirnya menyenangkan, pulangnya dirindukan.
Kata Francis Bacon pengetahun adalah kekuatan namun yang benar adalah pengetahuan adalah kekuatan saat diterapkan, nah bagaimana jika dikaitkan dengan MGM?” Betul bahwa pengetahuan adalah kekuatan saat diterapkan. Semua ilmu akan menjadi nyata dan bermanfaat jika diaplikasikan. Ilmu itu 10% ide dan 90% aksi. Guru hebat adalah guru yang mengaplikasikan.
Saya mengajar sudah mulai th 2000. Tapi saat ini saya lagi shok. Ada siswa saya main HP di kelas. Saya bentak suruh keluar dari kelas. Karena HP saya sita tidak dikasihkan ke saya. Padahal kalau saya sita HP ganti pelajaran sudah saya kasih. Pulang sekolah sudah saya kembalikan. Tapa siswa ini malah pilih keluar kelas dan tidak kembali lagi.” Hal ini bisa dikarenakan karena ada peraturan yang kurang jelas. Sudah semestinya dibuat peraturan yang jelas.
Yang saay tanyakan bagaimana ya solusinya agar anak ini bisa nurut guru nya. Kok gurunya yang harus nurut ke siswa. Ini kan kebalik. Biasanya kalau murid tidak menurut guru disebabkan oleh pola pembelajaran yang lebih menjenuhkan. Untuk itu perlu perbaiki hubungan interpersonal.
Label hampir sama dengan apresiasi ya, apa perbedaannya? Label merupakan bagian dari apresiasi. Label yang baik adalah salah satu bentuk apresiasi.
Saya tertarik memperdalam tentang pintu yang tidak mengijinkan. Kadang siswa lebih sulit jika terhasut untuk tidak suka gurunya dari teman-temannya. Sehingga mereka pun menyepelekan guru di depan kelas. Betul. Kadang siswa sulit menerima guru karena hasutan teman-temannya. Persepsi bisa dirubah dengan kondisi guru yang sesungguhnya. Jika kita bisa melakukan yang sebaliknya dari hasutan, mereka akan berbalik mendukung kita.
Bagimana caranya menguasai emosi kita dalam rangka mengajarkan kebaikan kepada peserta didik?  Secara teori memang gampang tapi implementasinya agak sulit. Mohon pencerahannnya! Apa yang kita yakini kita realsasikan. Kita adalah apa yang terjadi pada pikiran kita. Kita perlu mengubah awalan di- menjadi me-. Jadi kita bukan minta dilayani, tetapi melayani. Bukan minta diapresiasi, tetapi mengapresiasi. Pada dasarnya tak ada siswa nakal/bandel. Yag ada adalah anak yang kurang mampu mendapat tali cinta sehingga berbuat kurang baik untuk mencari perhatian.
Terkadang kalau kita sudah berusaha dan memang kita berbeda dalam memperlakukan anak dan membuat anak terkadang mencintai dan merindukan kita dikira kita tebar pesona. Maaf padahal jiwa kita ya seperti itu. Tidak pernah terbersit satu kalimat / niat untuk membenci dan berkata yang tidak layak kepada murid. Karena memang kita ingin dikenang Murid sebagai pribadi yang baik. Karena kita juga panutan bagi mereka. Mohon saran apa yg bisa kita lakukan. Ketika murid mencintai/merindukan kita pertanda terbuka pintu mengizinkan. Tdak uasah terlalu meikirkan perkiraan orang. Ingat pepatah Biarkan anjing menggonggong kafilah tetap berlalu. Tetaplah jadi guru yang memesona apapun kata orang.
Bagaimana memelihara kondisi pembelajaran agar senantiasa menyenangkan dari awal sampai berakhirnya pembelajaran. Ini yang perlu strategi. Bisa ada selingan berupa teka-teaki, tebak-tebakan, relaksasi atau yang lainnya.
Saya guru SMA mapel fisika Pak. Saya pernah mencoba game supaya ank-anak tidak tegang terus tapi anak-anak kok tidak suka ya Pak? Bagaimana solusinya? Sebagian memang ada orang yang serius sehingga ketika berlaku berbeda dianggap aneh. Pada dasarnya semua anak suka permainan termasuk. Yang perlu dipikirkan sesuaikan dengan mereka jika akan memberi game.
sang motivator yang super..ada guru yg senantiasa menjdikan siswanya berprestasi, tpi akhirnya karena ia sibuk membut siswa berprestasi sang guru tdk dpt ikut lomba guru yg berprestasi..ada juga tipe guru yg berprestasi tetpi ia tdk mampu menjdikan siswanya berprestasi...tanggapan anda terhadap kasus ini bagaimana?
Bagaimana menjadi guru motivator belajar bagi anak  yang malas belajar sering masa bodoh dan suka menggu teman waktu belajar dan gaduh? Biasanya anak yang malas belajar karena kurang tertarik pad pelajara. Mungkin mereka belum menemukan cara belajar yang baik.
Kalau tadi saya nonton  lagu topi bulat srcara klasikal, tapi bagaimana memotivasi anak secara pribadi anak yang  masa bodoh begitu terus. Kalau ada satu atau dua anak suka mengganggu atau masa bodoh itu karena kurang mendapatkan cinta.Atau mungkin ada dendam masa lalu. Untuk itu perlu pendekatan cinta. Bisa melalui pendekatan bahasa cinta melalui 5 pintu: apresiasi, komitmen dan keteladanan, temukan keunggulan, hubungan interpersonl, dan hargai hal-hal kecil.
Sebagai penutup Pak Aris memberikan penekanan bahwa guru hebat adalah manusia surga yang dihadirkan Allah di bumi. Peran guru sangat-sangat penting.
Selamat menjadi guru yang dicintai.
Menjadi guru yang dirindukan.
Menjadi guru yang menginspirasi.
Menjadi guru yang menjadi bagian sejarah/history.
Bukan hanya menjadi guru story/cerita.

24 komentar:

  1. Alhamdulillah muncul jugs resumenya
    Kmrn saya sempat jadi pemandu sebentar di gel 8

    BalasHapus
  2. terima kasih sudah diresumekan Bu..

    BalasHapus
  3. He333. Akhirnya datang juga.Terima kasih Bu. Telah berkenan menjadi pemandu.

    BalasHapus
  4. Mari kita menjadi guru sadar dengan mengajar gaya motivator

    BalasHapus
  5. Terima kasih Bu. Bwrmanfaat dan inspiratif...

    BalasHapus
  6. Wuui, MANTAP! Terimakasih! Informatif!

    BalasHapus
  7. Semangat menulisnya bu, jalan - jalan kesini juga ya www.ninghhani.blogspot.com

    BalasHapus
  8. Keren mari kita jd guru motivator yg dirindukan anak didik

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah. Semoga berkah buat penyaji, peresume dan pembaca semua. Terimakasih.

    BalasHapus