Tema :
Menjadi Guru yang Dirindukan
Waktu :
Kamis, 16 April 2020 Pukul 19.00 – 21.00
Narasumber :
Aris Ahmad Jaya
Biodata Narasumber:
Nama
: H. Aris Ahmad Jaya, DVM, MM.
TTL
: Pati, 23 Februari 1974
Alamat
: Bogor Raya Permai FD IV No.
16.A Bogor Hp. 0818-101446
Aktivitas
·
Motivator Nasional
Character Building “Auto Sugesti Power”
·
Penulis Buku Motivasi
Best Seller 30 hari Mencari Jati Diri
·
Terapist Trauma
Heling Nasional
·
Owner ABCo
PENGALAMAN
ORGANISASI
1.
Ketua
Umum OSIS SMU Institut Indonesia I Yogyakarta 92/93
2.
Ketua
Umum Senat Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan
IPB Tahun 96/97
3.
Sekretaris
Jendral Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Hewan Indonesia 97/99
4.
Ketua
Delegasi Studi Banding Pendidikan Kedokteran Hewan Indonesia - Malaysia 97
5.
Personalia
Manager PT SCo Prima Inovatindo 2000-2002
6.
Direktur
PT ABCo Sugesti Motivatindo 2003 – 2014
BUKU YANG TELAH DITULIS
- 30 Hari Mencari Jati Diri (Best Seller) terjual lebih dari 39.000
buku.Tahun 2003
- Spirit Of Success ,ABCoPulisher. 2006
- BETHE 5 Karakter Idola Pecundang Sejati, PustakaInti Jakarta, 2007
- Aura Kemenangan, ABCo Publisher 2008
- Motivadrenalin, Meningkatkan adrenalin motivasi menuju sukses dan
bahagia. ABCo Publisher 2008
- Motimorphosis, MotivasiMenujuPerubahan. ABCo Publisher 2010
MATERI
TRAINING
- Auto Sugesti Power Menggali Sugesti dan Melejitkan Potensi Bahagia
Sukses dan Mulia dalam kehidupan sehari hari.
- Management Of Change
- Love Touch Parenting (Mengelola Emosi Buah Hati menjadi Prestasi)
- Aplikasi Hypnosis untuk Guru dalam pembelajaran.
- Sugesti Power Healing
(Terapi dengan kekuatan sugesti)
PENGALAMAN TRAINING
1
PT Telkom, JICT (Jakarta International Container Terminal), PT Coca
Cola, PT Bank Mandiri, Telkomsel, Garuda Food, Asuransi Tripa Syariah, Asuransi Takaful, Asuransi Prudential,
Asuransi Ekspor Impor, PT Indosat, Bank Permata, PT Kangean energy Jakarta,
DepartemenPertanian RI, Departemen Perdagangan RI, Kementrian Pemuda dan
Olahraga RI, Departemen Kelautan dan Perikanan RI, Direktorat Pajak RI.
2.
Perguruan Labschool Jakarta, Perguruan Al AzharPusat, Perguruan Madania
Bogor, Perguruan Al Ittihat Rumbai Riau, Pesantren Baabussalaam Riau, Diniah
Putri Padang Panjang, SMA Negeri 8 Jakarta, dan beberapa sekolah unggulan RSBI
di Indonesia. dan masih banyak lagi.....
Manajemen : Kantor
0251 7540530 HP. Bapak Muhamad Komarudin 085214140415
Email :abco.pusat@gmail.com
Email :abco.pusat@gmail.com
Kuliah yang luar biasa menarik ini diawali penyampaian materi oleh
narasumber dalam bentuk audio. Berdasarkan kinerjanya guru dibedakan menjai 3 kelompok:
1.
GURU
NYASAR: guru yang tak punya tujuan/arah yang jelas. Guru ini menyesatkan murid
karena bisa menyebabkan murid membenci pembelajarannya dan gurunya; menyebabkan
murid beranggapan bahwa jam dinding berjalan amat lambat. Guru ini hendaknya
segera SADAR. Jika tidak, bisa lebih baik undur diri
2.
GURU
BAYAR: Guru tipe ini merupakan guru yang energinya terkait finansial. Semangat
mengajar berorientasi energi uang. Guru ini tidak konsisten. Kadang tanggal
muda wajahnya cerah; tanggal tua mukanya muram karena beranggapan sebagai guru
merupakan pekerjaan yang tidak menjanjikan.
3.
GURU
SADAR: Guru tipe ini menjadikan murid mencintai guru dan pembelajarn. Kata-kata
yang keluar dari mulutnya menyadarkan. Kehadirannya menyenangkan. Kepergiannya
dirindukan.
MGM (Mengajar
Gaya Motivator) mengajarkan bagaimana menjadi guru yang SADAR dan menjadi
konektor kebaikan.
Peran guru dibedakan menjadi empat, yaitu:
1.
Mendidik:
memindahkan ilmu dari kita ke mereka (ini bisa kalah dengan media)
2.
Mendidik:
guru menjadi idola/teladan karena memasukkan nilai/norma baik
3.
Menginspirasi:
guru yag jadi sumber inspirasi
4.
Menggerakkan:
guru hebat mampu mendidik, menginspirasi dan menggerakkan.
Terdapat Lima
Langkah MGM agar Guru dicintai dan dirindukan.
1.
Jadilah
guru yang menarik dan menyenangkan. Guru menarik dan menyenangkan itu polanya
sederhana. Menarik dimulai dari yang dilihat sedangkan menyenangkan dimulai
yang dirasakan.
Adapun trik supaya guru menarik:
a.
Latihan
semenarik mungkin dalam penampilan, berperilaku. Siswa bisa menilai bahwa Anda
benar-benar layak untuk diizinkan (ketika murid mengizinkan dirinya akan
memperhatikan dan mendengarkan).
Ada
dua pintu pada diri siswa terhadap guru yaitu mengizinkan dan tidak
mengizinkan. Pintu mengizinkan manakala siswa merasa senang belajar dengan Anda
dan pembelajaran Anda. Bagaimana cara membukanya? Sebelum murid menerima
pembelajaran, harus menerima Anda. Tapi jangan paksa murid menerima Anda. Anda
harus mengerti mereka. Ubahlah “di” menjadi “me-“. Misalnya guru tidak hanya minta
dilayani, tetapi melayani. Guru tidak hanya minta dimenegerti tetapi berusaha
mengerti. Perlu diketahui bahwa murid menyukai yang menyenangkan daripada yang
penting.
Trik
agar murid membuka pintu mengizinkan.
1)
Masuk
dengan kondisi senyum (1125). Perlu diingat bahwa masalah Anda bukan masalah
siswa. Jika ada malsalah di rumah jangan dibawa ke sekolah. Sapalah mereka
dengan sapa yang berbeda. Contoh: Semoga siswa yang menjawab salam ini
dimudahkan dalam semua urusa. Beri apresiasi dan jangan ditunda. Contoh: Saya menyukai
kelas Anda yang berenergi.
2)
Berikan
simulasi sederhana sebelum pembelajaran. Msalnya dengan ATM (amati, tiru, modifikasi)
atau 4N (niteni, niru, nambah-namabahi, nemu). Tumbuhkan hormon kebahagiaan
pada diri siswa.
3)
Tempa
besi selagi panas (berikan apresiasi tak usah menunggu besuk; beri apresiasi
proses; tak usah menunggu hasil). Guru yang pelit memberi apresiasi/menghargai
adalah guru yang menyesatkan siswa untuk tidak menyukai guru.
2.
Temukan
titik lebih siswa dan beri motivasi berdasarkan titik lebih ini. Berikan
motivasi bahwa mereka mampu. Tambahkan motivasi dan masuklah dengan nilai
lebihnya. Terkadang siswa rendah diri karena diberi momentum karena kekurangannya.
Tiga Langkah untuk Menemukan Kehebatan Nilai Plus pada Putra Putri/ Peserta
Didik
1.
Anda
harus mampu memberikan momentum kesempatan hebat. Sesuatu yang mahal adalah
memberikan momentum yang diberikan kepada kita. Berilah kesempatan siswa untuk
menjadi duta sekolah kita. Hal ini untuk memberikan kepercayan kepada mereka
berharga. Momentum diberikan agar mereka berbahagia karena mendapat kesempatan.
Ingat kalimat berharga “Pasir yang biasa akan menjadi mutiara yang hebat ketika
diolah dalam kerang yang hebat.” Dan kerang itu adalah bapak ibu guru.
2.
Memberi
Kesempatan
Berikan kesempatan kepada siswa untuk mendapat
kesempatan. Misalnya, “Andai engkau menjadi wali kelas apa yang akan kalian
lakukan untuk menjadikan kelas kita lebih baik?” Sesungghnya guru hebat adalah
guru yang mampu mewujudkan kehebatan murid. Orang hebat bukan orang yang
memiliki nilai lebih. Orang hebat adalah orang yang mampu menghebatkan orang
lain. Untuk itu, hargaiah proses, bukan hanya hasil akhir. Gagal adalah peristiwanya.
Sebagai analogi, gadis menggreng tempe gosong, yang gosong bukan gadisnya
melainkan tempenya.
3.
Berikan
label positif untuk mereka (individu/kelas). Hal ini penting untuk mereka mampu
menemukan nilai postitif mereka. Sebagai contoh, “Saya bangga terhadap kelas
ini yang antusias.” Label membawa persepsi dan rasa. Kata-akat adalah proposal.
Katakata adalah doa. “Saya suka mengajar di kelas ini karena kalian kompak dan
antusias. Kelas ini saya suka karena kelas ini seperti kelas lebah. Saya
berharap kelas ini bisa meniru lebah. Kekuatan label itu luar biasa.
Lima Bahasa Cinta yang Layak Anda Pelajari dan
Praktikkan
1.
Bahasa cinta APRESIASI.
Jempol (beri apresiasi/menghargai)
2.
Bahasa Cinta KOMITMEN dan Keteladanan
Miliki sentuhan emas (guru mampu memberikan teladan,
komitmen, disiplin, dan bisa dipercaya)
3.
Bahasa Cinta TEMUKAN KEUNGGULAN SISWA
Jadilah pribadi yang memiliki keunggulan. Jangan
menjadi guru biasa atau rata-rata. Milikilah keunikan dan siswa akan mengenang
Anda karena kekhasan Anda.
4.
Bahasa Cinta HUBUNGAN INTERPERSONAL
Milikilah hubungan interpersonal.
5.
Bahasa Cinta HARGAI HAL-HAL KECIL
Hargailah hal-hal kecil.
Sesi
berikutnya berupa tanya jawab
“Menurut Pengalaman
Bapak, apakah semua guru berpotensi untuk menjadi guru SADAR, meskipun dengan
latar belakang tipe sebelumnya sebagai
guru BAYAR dan guru NYASAR?” Ya. Semua guru berpotensi
untuk menjadi guru SADAR. Guru sadar sangat terkait dengan keinginan kita. Guru
BAYAR/NYASAR susah menjadi guru SADAR jika tak ada kemauan.Yang punya potensi
belajar dan mengabdi lambat laun akan menjadi guru SADAR. Jadilah guru yang
hadirnya menyenangkan, pulangnya dirindukan.
“Kata Francis Bacon
pengetahun adalah kekuatan namun yang benar adalah pengetahuan adalah kekuatan
saat diterapkan, nah bagaimana jika dikaitkan dengan MGM?” Betul bahwa
pengetahuan adalah kekuatan saat diterapkan. Semua ilmu akan menjadi nyata dan
bermanfaat jika diaplikasikan. Ilmu itu 10% ide dan 90% aksi. Guru hebat adalah
guru yang mengaplikasikan.
“Saya mengajar sudah
mulai th 2000. Tapi saat ini saya lagi shok. Ada siswa saya main HP di kelas. Saya
bentak suruh keluar dari kelas. Karena HP saya sita tidak dikasihkan ke saya. Padahal
kalau saya sita HP ganti pelajaran sudah saya kasih. Pulang sekolah sudah saya
kembalikan. Tapa siswa ini malah pilih keluar kelas dan tidak kembali lagi.”
Hal ini bisa dikarenakan karena ada peraturan yang kurang jelas. Sudah
semestinya dibuat peraturan yang jelas.
Yang saay tanyakan bagaimana
ya solusinya agar anak ini bisa nurut guru nya. Kok gurunya yang harus nurut ke
siswa. Ini kan kebalik. Biasanya kalau murid tidak menurut
guru disebabkan oleh pola pembelajaran yang lebih menjenuhkan. Untuk itu perlu
perbaiki hubungan interpersonal.
Label hampir sama dengan
apresiasi ya, apa perbedaannya? Label merupakan bagian
dari apresiasi. Label yang baik adalah salah satu bentuk apresiasi.
Saya tertarik memperdalam
tentang pintu yang tidak mengijinkan. Kadang siswa lebih sulit jika terhasut
untuk tidak suka gurunya dari teman-temannya. Sehingga mereka pun menyepelekan
guru di depan kelas. Betul. Kadang siswa sulit menerima guru
karena hasutan teman-temannya. Persepsi bisa dirubah dengan kondisi guru yang
sesungguhnya. Jika kita bisa melakukan yang sebaliknya dari hasutan, mereka
akan berbalik mendukung kita.
Bagimana caranya
menguasai emosi kita dalam rangka mengajarkan kebaikan kepada peserta
didik? Secara teori memang gampang tapi
implementasinya agak sulit. Mohon pencerahannnya! Apa
yang kita yakini kita realsasikan. Kita adalah apa yang terjadi pada pikiran
kita. Kita perlu mengubah awalan di- menjadi me-. Jadi kita bukan minta
dilayani, tetapi melayani. Bukan minta diapresiasi, tetapi mengapresiasi. Pada
dasarnya tak ada siswa nakal/bandel. Yag ada adalah anak yang kurang mampu
mendapat tali cinta sehingga berbuat kurang baik untuk mencari perhatian.
Terkadang kalau kita
sudah berusaha dan memang kita berbeda dalam memperlakukan anak dan membuat
anak terkadang mencintai dan merindukan kita dikira kita tebar pesona. Maaf
padahal jiwa kita ya seperti itu. Tidak pernah terbersit satu kalimat / niat
untuk membenci dan berkata yang tidak layak kepada murid. Karena memang kita
ingin dikenang Murid sebagai pribadi yang baik. Karena kita juga panutan bagi
mereka. Mohon saran apa yg bisa kita lakukan. Ketika
murid mencintai/merindukan kita pertanda terbuka pintu mengizinkan. Tdak uasah
terlalu meikirkan perkiraan orang. Ingat pepatah Biarkan anjing menggonggong
kafilah tetap berlalu. Tetaplah jadi guru yang memesona apapun kata orang.
Bagaimana memelihara
kondisi pembelajaran agar senantiasa menyenangkan dari awal sampai berakhirnya
pembelajaran. Ini yang perlu strategi. Bisa ada
selingan berupa teka-teaki, tebak-tebakan, relaksasi atau yang lainnya.
Saya guru SMA mapel
fisika Pak. Saya pernah mencoba game supaya ank-anak tidak tegang terus tapi anak-anak
kok tidak suka ya Pak? Bagaimana solusinya? Sebagian memang
ada orang yang serius sehingga ketika berlaku berbeda dianggap aneh. Pada
dasarnya semua anak suka permainan termasuk. Yang perlu dipikirkan sesuaikan
dengan mereka jika akan memberi game.
sang motivator yang super..ada guru yg
senantiasa menjdikan siswanya berprestasi, tpi akhirnya karena ia sibuk membut
siswa berprestasi sang guru tdk dpt ikut lomba guru yg berprestasi..ada juga
tipe guru yg berprestasi tetpi ia tdk mampu menjdikan siswanya
berprestasi...tanggapan anda terhadap kasus ini bagaimana?
Bagaimana menjadi guru
motivator belajar bagi anak yang malas
belajar sering masa bodoh dan suka menggu teman waktu belajar dan gaduh?
Biasanya anak yang malas belajar karena kurang tertarik pad pelajara. Mungkin
mereka belum menemukan cara belajar yang baik.
Kalau tadi saya
nonton lagu topi bulat srcara klasikal,
tapi bagaimana memotivasi anak secara pribadi anak yang masa bodoh begitu terus.
Kalau ada satu atau dua anak suka mengganggu atau masa bodoh itu karena kurang
mendapatkan cinta.Atau mungkin ada dendam masa lalu. Untuk itu perlu pendekatan
cinta. Bisa melalui pendekatan bahasa cinta melalui 5 pintu: apresiasi,
komitmen dan keteladanan, temukan keunggulan, hubungan interpersonl, dan hargai
hal-hal kecil.
Sebagai penutup Pak Aris
memberikan penekanan bahwa guru hebat adalah manusia surga yang dihadirkan
Allah di bumi. Peran guru sangat-sangat penting.
Selamat menjadi guru yang
dicintai.
Menjadi guru yang dirindukan.
Menjadi guru yang
menginspirasi.
Menjadi guru yang menjadi
bagian sejarah/history.
Bukan hanya menjadi guru
story/cerita.
Alhamdulillah muncul jugs resumenya
BalasHapusKmrn saya sempat jadi pemandu sebentar di gel 8
Terima kasih Bu Astuti
Hapusterima kasih sudah diresumekan Bu..
BalasHapusIya. sama2 Mas
HapusHe333. Akhirnya datang juga.Terima kasih Bu. Telah berkenan menjadi pemandu.
BalasHapusMari kita menjadi guru sadar dengan mengajar gaya motivator
BalasHapusInsyaallah Omjay. Bismillah. Semoga bisa.
HapusTerima kasih Bu. Bwrmanfaat dan inspiratif...
BalasHapusTerima kasih kembali Pak.
BalasHapusTop markotop
BalasHapusHe333. Makasih
HapusMantap...bu
BalasHapusTerima kasih Bu Trini
HapusMantap bu
BalasHapusTerima kasih.
BalasHapusIjin link nya disimpan di blog saya ya
BalasHapusMonggo Pak. Dengan senang hati.
HapusWuui, MANTAP! Terimakasih! Informatif!
BalasHapusTerima kasih Bu
HapusSemangat menulisnya bu, jalan - jalan kesini juga ya www.ninghhani.blogspot.com
BalasHapusSiap Bu Hani
HapusKeren mari kita jd guru motivator yg dirindukan anak didik
BalasHapusInsyaallah. Aamiin3
HapusAlhamdulillah. Semoga berkah buat penyaji, peresume dan pembaca semua. Terimakasih.
BalasHapus