Selasa, 21 April 2020

KULIAH ONLINE BERSAMA OMJAY


Tema               : Pembelajaran Daring yang Ideal
Waktu             : Selasa, 21 April 2020 Pukul 19.00 – 21.00
Narasumber    : Wijaya Kusumah, M. Pd. (Omjay)
                           Sekjen Guru TIK PGRI
            Materi disampaikan oleh Omjay via aplikasi zoom. Semua peserta diharapkan sudah menginstall aplikasi zoom terlebih dahulu (bagi yang belum diharapkan menginstall lebih dahulu). Semua peserta bisa bergabung di https://us04web.zoom.us/j/2364758222
            Narasumber merupakan salah satu pemenang Inobel Sorak tahun 2017. Beliau mengingatkan dengan mengutip kalimat dari Om Budiman Hakim, “Jangan menunggu ide datang baru menulis. Menulislah dulu maka ide akan datang kepadamu.”
            Beliau mengingatkan untuk memulai membuat buku digital. Sekarang sudah memasuki era digital. Cara belajar pun sekarang bukan hanya belajar di dunia nyata, melainkan juga bisa belajar di dunia maya. Belajar di dunia maya bisa menggunakan WA Grup. Sebagai contoh, kelas Belajar Menulis Bersama Omjay Gelombang 8. Kebanyakan kelas online menggunakan WA Grup.
Kelas online bisa pula menggunakan aplikasi zoom. Contohnya kelas online baersama Omjay malam ini. Bisa pula menggunakan Live Youtube Chanel. Ini bisa dicontohkan kelas Prof. Eko Indrajit (Kepala Smart Learning & Character Center Pengurus Besar PGRI).
Bisakah belajar di rumah seperti belajar di sekolah? Kita bisa belajar dari siapa saja. Belajar SEO dari M. Ilham Akbar. Belajar dari pedagang kurma. Belajar dari mana saja, dari siapa saja, dan kapan saja.
Virus Corona dan dampaknya bagi seseorang berbeda-beda. Tergantung fasilitas dan kemampuan yang dipunya. Dampak Corona sangat berpengaruh bagi seseorang yang pulang kampung. Dulu, perantau pulang kampung disambut dengan suka cita. Kini, perantau yang pulang kampung disambut dengan penuh kekhawatiran. Bahkan, harus dikarantina selama dua minggu. Kasihan benar bagi perantau yang mau pulang kampung.
Kini banyak diselenggarakan workshop online yang menarik. Sebagai contoh workshop online belajar menulis menjadi “blogger” yang diselenggarakan oleh PGRI Provinsi Bali. PGRI Smart Learning and Character Center juga menyelenggarakan virtual seminar gratis hampir setiap hari pada pukul 08.00 – 09.30 dengan narasumber Prof. Eko Indrajit.
Peserta bisa bergabung melalui http://bit.ly/Ekoji1142020.  Yang memerlukan E-Sertifikat peserta seminar, dikenakan biaya tabahan Rp10.000 (sepuh ribu rupih). Yang berniat mengikuti Uji Profisiensi dari PGRI-SLCC dikenakan biaya tambahan Rp20.000 (dua puluh ribu rupiah). Pesan E-Sertifikat Partisiasi maupun pendaftaran Uji Profisiensi di alamat http://bit.ly/Sertifikat1142020.
Ada catatan penulis ketika mengikuti kulih online malam ini. Mestinya kuliah dapat dilaksanakan dengan baik. Namun, karena peserta banyak dan sebagian peserta micnya tidak di-mute menyebabkan suasana kuliah kurang kondusif. Ditambah lagi, suara putus-putus. Ketika salah satu peserta menanyakan apa rahasia belajar online, Omjay menjawab rahasianya adalah internet kenceng.

12 komentar:

  1. Pagi ceria...semangat mencerahkan...trims

    BalasHapus
  2. Membayangkan dating dengan zoom.pasti seri ya.Bi

    BalasHapus
  3. Cara mengemas kata2 nya menarik,. selalu bersemangat y bu..

    BalasHapus
  4. Kayaknya Butuh moderator yang hebat, hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Pak Bambs. Jangan pernah tinggalkan grup kita Bp Moderator hebat.

      Hapus
  5. Menginspirasi....mudah2an aku bisa mengikuti...

    BalasHapus
  6. Tulisannya selalu menginspirasi...

    BalasHapus
  7. Semoga kawan kawan guru mampu menciptakan pembelajaran jarak jauh yg berkesan untuk siswanya.

    BalasHapus