Selasa, 14 April 2020

KULIAH via WHATSAPP (KULWA) BERSAMA PAK JEJEN

Tema : Menulis Artikel di Majalah Guru
Narasumber : Dr. Jejen Musfah
Waktu : Selasa, 14 April 2020 Pukul 19.00-21.00
Stasiun : WAG Belajar Menulis Gelombang 8

Narasumber kita adalah Bapak Doktor @Jejenmusfah. Beliau adalah pemimpin redaksi majalah suara guru PB PGRI yang majalahnya terdistribusi ke seluruh Indonesia. Email Majalah Guru adalah suaraguru@gmail.com. Pak Jejejn menyapa dengan Salam teman-teman guru se-Indonesia.
Pak Jejen mengawali dengan informasi bahwa opini intinya adalah gagasan penulis atas kebijakan atau fakta pendidikan yang terjadi. Artinya opini tidak akan kehilangan topik. Kebijakan dan fakta pendidikan selalu hadir. Tapi tidak semua berhasil menangkap momentum untuk menanggapi.
Mengapa ada majalah suara guru di PB PGRI? Guru adalah praktisi. Majalah SG setua PGRI sendiri. Sudah puluhan tahun. Tulisan bisa dimuat di online dan offline. Cetak 5.000 eksmplar. Dibagikan ke hampir 34 provinsi. Rubriknya beragam. Opini, Resensi, Sastra, Destinasi, dll.
Di atas adalah email bagi yang akan kirim tulisan. Syaratnya kita bisa mengirimkan artikel ke redaksi majalah guru antar lain sebagai berikut. Menyebutkan status dan foto. Tulisannya bisa sesuai rubrik di atas. Diutamakan bidang pendidikan. Bisa berupa opini,  resensi, sastra, destinasi, dll serta isu-isu yang hangat. Sampai saat ini masih kekurangan naskah berkualitas. Naskah cenderung diterima dengan editing redaktur. Minim juga naskah yang masuk.
Menulis dan mengirimkan tulisan di majalah suara guru PB PGRI tak ada honornya. Sempat ada honor. Jika keuangan memadai ke depan akan dibayar. Setiap orang boleh mengirimkan beberapa artikel ke majalah PGRI. Tema tulisan yang paling disukai untuk dimuat di majalah PGRI adalah tentang pendidikan mutakhir.
  Opini hendaknya tidak mengandung SARA dan untuk sastra bentuknya boleh berupa karya sastra atau teori dari karya sastra.  Opini maksimal 1.000 kata. Dalam mengirim artikel sifatnya bebas. Ukuran dan jenis huruf serta jumlah halaman sifatnya juga bebas.
Kalau kita mengirim artikel ke Suara Guru PGRI  tidak ada biayanya alias free.
Untuk keperluan dokumentasi kita bisa download yang versi online.
Saat ada yang minta contoh majalahnya dalam bentuk PDF Pak Jejen memersilakan buka di  http://suaraguruonline.com/suara-guru-rapat-virtual-perdana/ Bisa kunjungi web tersebut untuk contoh-contoh tulisannya. 
Salah seorang peserta sangat berminat untuk bergabung dalam menulis artikel ini mohon bimbingan supaya dapat menerbitkan artikel bersama Dr. Jejen, beliau siap membantu.Omjay juga mengirimkan link http://suaraguruonline.com/pgri-apresiasi-presiden-dan-menkeu-thr-guru-dan-asn-eselon-iii-ke-bawah-cair/
Artikel yang sudah dimuat baik secara online di website PGRI dan di majalah PGRI tidak boleh dikirimkan ke media cetak lain. Artikel diutamakan dalam bidang pendidikan. Setelah naskah dikirim dalam hitungan jam bisa diterbitkan (online). Adapun majalah (cetak) terbit dua bulan sekali. Untuk mengetahui dari mana kita bisa tahu kalau naskah kita sudah diterbitkan bisa lihat web atau dikirim linknya oleh tim.
Artikel atau opini pendidikan yang dikirim  akan diterbitkan melalui seleksi. Kira kira dengan terbitnya majalah PGRI suara guru belum semua di seluruh Indonesia terwakili, tetapi kebijakan nasional tercover. Maka penting bapak ibu kirim kegiatan info ke Suara Guru. Biar kita tahu kegiatan kita.
Pak rubrik sastra memuat apa saja. Apa ada rubrik puisi atau cerpenting (cerita pendek tidak penting/cerita pendek humor)?” Kalau ada yang tidak penting berarti ada yan lebih penting yaitu pendidikan. Cara kalau sekolah ingin berlangganan Majalah PGRI (Pusat)? Bisa ke email di atas nanti dihubungi staf.
Bagi yang belum pernah menulis artikel dan ingin tahu bagaimana artikel itu bisa di katakan bagus bisa baca artikel dan opini di surat kabar nasional. Intinya harus orisinil. Bukan plagiat. Selama ini SG PGRI cenderung kekurangan naskah. Naskah bisa dikirim word.
Ajakan untuk menulis  karena suka. Jika sudah suka, pasti cinta, jika sudah cinta maka apa pun bisa kita hadapi, maka dari itu sahabat pena semuanya mari kita ikuti saran Dr. Jejen, sukailah menulis maka kita pasti akan bahagia. Ayo, kita jadikan menulis sebagai hobi. Dibayar atau tidak.

Apakah ada syarat khusus untuk penulisan artikel di majalah PGRI, misalnya jenis dan besar font, panjang naskah dll.
Bagaimana persyaratan sebuah artikel agar dapat dinilai dalam Dupak Guru untuk kenaikan pangkat. Kalo opini masuk pengabdian. Tapi kalo artikel ilmiah masuk di jurnal ilmiah. Bapak Ibu yang berminat bisa lihat di http://suaraguruonline.com/category/bt/ Kalo sudah masuk jurnal pasti dinilai. Tuliskan jangan takut buruk. Baca-baca opini di koran nasional atau detik.com. Penulis yang baik = pembaca yang baik.
Akan mengirimkan opini atau yang lain, kemanakah kita bisa mengirimkannya? Ataukah ada kontaknya majalah.suaraguru@gmail.com. Hasil penelitian pendidikan bisa dimuat di jurnal PGRI. Penelitian layak untuk dimuat PAK sepanjang belum dimuat dan masih relevan. Artikel yang mai dengan sd dimuat di suara guru online, dapat dimuat juga di majalah cetak.
Selama menjadi redaksi ada pengalaman istimewa. Sedih iya.. karena ga bisa bayar penulis. Yang istimewa banyak. Kebersamaan dalam kesederhanaan atau kekurangan. Untuk naskah yang dimuat Suara Guru, jurnal bisa dikirim untuk nilai angka kredit bagi yang membutuhkan lampiran artikel yang dimuat. Kalau dibutuhkan bisa dikirim  ke penulisnya. dimuat kita dikirimi majalahnya.

4 komentar: