Rabu, 29 April 2020

BELAJAR, BELAJAR, DAN BELAJAR MENULIS SETIAP HARI


Tema               : Belajar Menulis Setiap Hari
Waktu             : Rabu, 29 April 2020 pukul 13.00 – 19.09
Narasumber    : Dr. Uswadin, M.Pd.

Ini kuliah online terlama tapi memesona yang penulis ikuti di grup menulis PGRI dalam kelompok Belajar Menulis Bersama Omjay. Diawali dengan penyampaian materi dan motivasi melalui audio. Isinya sudah menantang untuk diperhatikan. Tema kiat-kiat menulis dengan judul “Belajar, Belajar, Belajar Menulis Setiap Hari”. Menurutnya, menulis memerlukan keterampilan tersendiri. Jika latihan terus dilakukan dan terus belajar serta melakukan evaluasi niscaya lama kelamaan tulisan semakin membaik.
Untuk dapat menulis dengan baik ada beberapa hal yang harus diperhatikan.
1.     Harus mampu mengalahkan diri sendiri (mengatasi kemalasan)
2.     Harus mampu mengatasi ketidakpercayaan (rasa tulisan tidak bagus)
3.     Harus menyiapkan waktu
4.     Harus mampu memanfaatkan ide yang ada. Jika ada ide harus cepat ditangkap; tulis dalam draf pointer-pointer utama untuk kemudian pada waktunya dikembangkan saat menulis.
Memulai adalah sesuatu yang terbaik. Jangan menunggu sempurna, karena tulisan terbaik adalah tulisan yang selesai. Karya terbaik adalah karya yang selesai. Kita perlu memberanikan diri untuk mencanangkan menulis, menulis, dan menulis.
Beliau memberikan contoh ide yang ditulis di buku kecil sebelum hilang dan sebelum menjadi tulisan lengkap. Ide itu bisa muncul saat sedang santai dan karena khawatir hilang maka langsung ambil ballpoin dan buku kecil untuk mencatat poin-poin apa yang terlintas dalam kepala. Setelah poin-poin tersebut tertulis maka pada waktu dan suasana yang tepat bisa ditulis ide tersebut. Beliau mencontohkan  “tulisan jadi” nya yang panjang namun memikat hati pembacanya. Inilah yang membuat penasaran.
Setelah penyampaian materi dilanjut sesi tanya jawab. Tak tanggung-tanggung. Terdapat 27 pertanyaan yang semuanya dijawab tuntas. Cara menjawab pun amat memikat. Pantaslah jika jawaban pertanyaan terakhir tersampaikan ketika hari telah malam. Pukul 19.09. Semoga ini kuliah yang membawa barakah.
Materi lengkap akan penulis susulkan pada edisi berikutnyaagar pembaca serasa mengikuti kuliah bersama Pak Uswadin. Selamat membaca.

12 komentar: